MYSQL – Query Where Lebih Dari 1

By , November 6, 2015,

Query Where Lebih Dari 1. Dulu sebelum tahu cara ini tidak sempat terfikir di dalam otak saya apakah bisa menggunakan query di dalam query dalam pemanggilan field tabel pada database. Beriring dengan  berjalannya waktu, selain pemanggilan tabel menggunakan query relasi, baik join, inner join dan joinya yang lainya, ternyata dapat juga menggunakan query where bersarang atau artian lain di dalam query ada where lebih dari satu, bisa 2 (dua), 3 (tiga) dan seterusnya. Nah caranya gimana, simak terus ya.

Berhubung ada beberapa yang menanyakan tentang bagaimana penggunaan query yang didalamnya ada query lagi. Sebelumnya harus diketahui juga fungsi query “WHERE” pada sql adalah menunjukkan fungsi query logika, jika diartikan kedalam bahasa indonesia, maknya adalah dimana atau ketika. Nah jadi untuk menggunakan query where kita harus paham tentng pemanggilan tabel yang bagaimana yang akan kita lakukan.

Query Where Lebih Dari 1

Dalam contoh ini kita asumsikan akan memanggil where dalam where pada studi kasus tabel pemesanan barang. Dimana dalam contoh yang akan kita baha ini tabel yang kita asumsikan yaitu tabel user, tabel produk, dan tabel pemesanan. Untuk lebih jelas contoh tabelnya lihat tabel database dibawah ini.

1. Contoh tabel pemesanan

Contoh tabel pemesanan

Contoh tabel pemesanan

2. Contoh tabel produk

Contoh tabel produk

Contoh tabel produk

3. Contoh tabel user

Contoh tabel user

Contoh tabel user

Nah berdasarkan dari contoh ketiga tabel diatas. Misalkan saja kita ingin menampilkan data nama produk pada tabel produk yang di pesan oleh user tertentu, dimana untuk status nama barang yang akan ditampilkan adalah barang yang statusnya lunas. Oke untuk querynya sebagai berikut:

$sql = "SELECT nama_produk FROM tabel_produk WHERE kd_produk NOT IN (SELECT  * FROM tabel_pemesanan WHERE status = 'belum lunas' AND id_user = '1'"

Pada contoh query diatas terdapat dua query yang fungsinya pada contoh diatas yaitu kita menampilkan nama produk pada tabel produk dimana kd_produk pada tabel pemesanan oleh user tertentu contoh diatas oleh user satu yang belum lunas, berarti yang akan ditampilkan adalah nama produk yang statusnya lunas. Pada contoh di atas kita menggunakan bantuan fungsi logika sql yaitu NOT IN, fungsi logia lain misalnya IN dan yang lainya. Nah pada contoh diatas terdapat dua fungsi WHERE dalam satu query. Untuk penerapan pemanggilan isi tabel database, bisa terdapat lebih dari dua query where yang bisa dilakukan.

Berdasarkan contoh diatas maka hasil yang akan ditampilan yaitu seperti pada gambar tabel berikut ini:

tabel hasil query where

tabel hasil query where

Oke sekian Query Where Lebih Dari 1 semoga dapat memberikan informasi dan membantu semuannya.

Postingan berikutnya

  1. aplikasi query yg
  2. where lebih dari satu
  3. source kode lunas belum lunas
  4. script lunas belum lunas dalam php
  5. query untuk memilih pembayaran yang belum lunas
  6. query lebih dari 1 data
  7. kode php untuk status lunas
  8. keterangan query lunas pada php
  9. keterangan lunas pada php
  10. contoh query whare
  11. contoh coding luna dan belum lunas diweb
  12. cara perhitungan lunas dan belum lunas di php
  13. cara coding menampilkan lunas dan belum lunas di web php
  14. where lebih mysql

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *