MYSQL – SELECT Query Random / Acak

By , September 28, 2016,
MYSQL - SELECT Query Random / Acak

MYSQL – SELECT Query Random / Acak

MYSQL – SELECT Query Random / Acak – Untuk memilih data yang ada pada tabel database kita menggunakan query select yang ada pada fungsi mysql. Fungsi select ini merupakan fungsi sql yang dapat di kombinasi dengan fungsi lainya. Fungsi lain tersebut dapat berupa kondisi, logika dan juga proses-proses aritmatika. Nah untuk kasus yang akan kita bahas ini, kita akan menampilkan data secara acak dari tabel database. Acak maksudnya adalah tanpa berdasarkan pengurutan tertentu.

Secara default, select data pada tabel mysql di urutkan atau di order secara DESC atau dari yang terbaru kemudian yang terlama atau dari data terbesar ke yang terkecil. Selain DESC fungsi pengurutan yang ada lainya yaitu ASC, yaitu fungsi untuk mengurutkan data dari yang terlama ke yang terbaru atau terkecil ke yang terbesar tergantung berdasarkan tabel apa yang di urutkan tersebut.

Nah untuk memanggil data secara acak, maka fungsi sql yang digunakan yaitu rand().

Studi kasus: saya menggunakan fungsi tersebut ketika ingin menginput sebuah jadwal dengan periode tertentu, nah pada masing-masing periode tidak di perbolehkan data yang sama di input pada jadwal yang sama dengan artian, data tersebut harus berubah, nah untuk mensiasati hal tersebut saya mengacak data yang di pangsil, sehingga urutan jadwal yang di proses tidak sama atau acak, dari periode yang sebelumnya.

Memilih Acak baris tabel database

Berikut beberapa script contoh untuk menselect data secara acak berdasarkan beberapa contoh kondisi dan juga fungsinya:

1. Memilih nama secara acak (field_nama dan nama tabel sesuaikan dengan tabel yang kamu gunakan)


SELECT field_nama  FROM nama_tabel ORDER BY RAND()

2. Memilih nama acak dari baris 1-5


SELECT nama_tabel FROM nama_tabel ORDER BY RAND() LIMIT 1,5

Nah di atas adalah contoh beberapa pengacakan baris yang kita panggil menggunakan query sql. Semoga beramfaat, Untuk kondisi tertantu bisa di kombinasi menggunakan where dan yang lainya. Jika kamu mengalami kesulitan untuk kombinasi kondisi silahkan beri komentar dengan senang hati, saya akan coba membantu teman-teman  yang bertanya.

Postingan berikutnya

  1. random pada sql

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *