Pengertian DFD dan Gambarnya

By , August 15, 2015,

Pengertian DFD adalah bagian dari sistem yang menjelaskan tentang aliran proses data yang berbantuk diagram. Kepanjangan DFD adalah data flow diagram. DFD digunakan ketika kita akan membuat atau membangun sebuah sistem atau program aplikasi. Program yang digunakan untuk membuat DFD adalah Microsoft Visio.

Sebuah Data Flow Diagram ( DFD ) adalah representasi grafis dari ” aliran ” data melalui sistem informasi , pemodelan aspek prosesnya . Sebuah DFD sering digunakan sebagai langkah awal untuk menciptakan gambaran dari sistem , yang nantinya dapat diuraikan.

https://en.wikipedia.org/wiki/Data_flow_diagram

Pengertian DFD Dengan Gambar

Berikut ini bagian dari struktur yang membuat terbentuknya sebuah DFD.

1. Entity atau aktor yang berperan selama proses

gambar-entitas-dfd

Simbol entitas DFD

Entitas atau entity tergambar seperti sebuah kotak persegi panjang. Yang dalam perannya menjelaskan tentang proses yang terjadi pada sebuah sistem atau program.

 

2. Konektor input output

konektor-input-ouput-dfd

Konektor input output DFD

Berbentuk seperti anak panah dengan ujung bolak balik. Kondisi  tersebut menjelaskan bahwa penghubung tersebut dapat berisi data masuk dan juga data keluar pada proses.

 

3. Kotak pemrosesan / buble

kotak-pemrosesan-buble

Kota Pemrosesan buble

Meskipun dalam penamaan bernama kotak pemrosesan. Namun dalam gambar nyatanya simbol dfd ini berbentuk hampir bulat namun sedikit oval. Kegunaanya adalah sebagai tanda pemroses.

 

4. Tempat penyimpanan / data store / database

penyimpanan-data-database

Penyimpanan data

SImbol ini berbantuk seperti dua garis dengan posisi atas bawah. Berbeda dengan konektor. SImbol ini tidak menggunakan ujung panah pada bantuknya. Kegunaannya adalah sebagai penjelas bahwa simbol ini sebuah data master atau database.

Demikan pengertian dan penjelasan tentang dfd beserta simbol-simbol gambar yang ada pada DFD.

Postingan berikutnya

  1. PENGERTIAN DFD DAN ERD PADA APLIKASI SMS BROADCAST
Category: DFD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *