PHP – Memotong Judul Berdasarkan Jumlah Karakter

By , July 18, 2016,

PHP – Memotong Judul Berdasarkan Jumlah Karakter. Sebuah web pada kontentnya biasanya terdapat artikel. Pada artikel tersebut terdapat judul yang kadang panjangnya melebihi lebar dari desain untuk judul tersebut sehingga hal tersebut membuat judul keluar dari lebar desain yang sudah disediakan. Hal tersebut seperti yang saya alami.

Pada sebuah web berita yang saya bangun, judul berita panjangnya keluar melebihi tempat yang disediakan, hal tersebut membuat desain jadi kurang rapih dan tidak menarik. Untuk mengataasi itu seperti banyak web lainya, judul di potong berdasarkan jumlah karakter string yang kita inginkan. Selanjutnya setelah di potong jika, jumlah string sesuai yang di tentukan maka setelahnya akan di ganti titik-titik “…”.

Memotong Judul Berdasarkan Jumlah Karakter

Script php berikut ini simpel dan mudah Anda pahami.

$judul = "Memotong Judul Berdasarkan Jumlah Karakter";
$panjang = strlen($judul);
if($panjang > 20){
echo substr($judul,0,20).'...';
}else{
echo $judul;
}

Pada script diatas jumlah string yang ada pada variabel judul akan di hitung panjang karakternya. Menghitung panjang karakter menggunakan fungsi strlen selanjutnya menggunakan logika jika panjang karakter yang ada pada variabel tersebut lebih besar dari 20 karakter maka judul akan di potong dan dibuang sebagian dan di ambil hanya 20 karakter saja kemudian jika judul karakternya berjumlah dibawah 20 maka di ambil judul asli.

Ouput:

Memotong judul berdas

Demikian tutorial singkat semoga membantu teman-teman semua memotong judul.

 

Category: PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *