PHP – Cara Simpel Mendeteksi Broken Image Url

By , October 5, 2016,
Mendeteksi Broken Image Url

Mendeteksi Broken Image Url

Mendeteksi Broken Image Url – Berikut ini adalah cara yang sangat mudah sekali kita gunakan untuk mengetahui apakah sebuah gambar atau foto broken atau rusak. Broken atau rusak di sini maksudnya adalah gambar tidak ada pada url yang di maksud.

Script php ini saya gunakan ketika saya hendak menangkap url gambar yang berada pada situs lain, dan menampilkannya pada website yang sedang di bangun. Kendala yang terjadi yaitu, ketika sebuah link atau url yang di tangkap dan di masukkan ke sebuah database ada beberapa kemungkinan gambar tersebut akan broken. Penyebab broken image atau gambar misalnya, gambar di hapus oleh pimilik situs, path atau root letak gambar di pindahkan dan sebagainya.

Nah untuk itu berikut script php yang simpel banget penggunannya. Dan sangat berguna untuk menghandle gambar yang akan di tampilkan jika gambar tersebut broken atau hilan dari url atau source sumber aslinya.

Mendeteksi Broken Image Url


$urlgambar = "www.sistemphp.com/gambarweb.jpg";

if(url_exists($urlgambar)){

echo $urlgambar;

}else{

echo "www.sistemphp.com/gambarwebpengganti.jpg";

}

Diatas adalah script php simpel untuk mendeteksi link gambar apakah masih ada gambar atau tidak pada link tersebut. Fungsi yang digunakan adalah menggunakan fungsi php url_exists yang kegunaan adalah untuk mengecek file pada sebuah url yang dalam hal ini adalah file berupa gambar baik berektensi jpg, gif, bmp, png, ico dan banyak file format gambar lainya.

Untuk fungsi php tersebut menggunakan eksekusi server, ada tips ringan agar web server lebih hemat eksekusinya, yaitu menggunakan javascript. Berikut cara mendeteksi kerusakan atau broken image dengan javascript. Thx.

Postingan berikutnya

  1. kumpulan gambar broken image url
Category: PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *