PHP – Mengakses Variabel ke dalam Fungsi

By , March 29, 2017,
PHP - Mengakses Variabel ke dalam Fungsi

PHP – Mengakses Variabel ke dalam Fungsi – gambar:slideshare.net

 PHP – Mengakses Variabel dalam Fungsi – Kegunaan sebuah variabel dari program php adalah sebagai penampung nilai yang akan di oleh ke dalam proses selanjutnya. Nilai disini bisa berupa tipe integer dan juga varchar. Kadang kita membutuhkan variabel ini untuk digunakan berulang kali.

Di satu sisi penggunaan variabel kadang berada di posisi-posisi tertentu, misalnya mengakses variabel dari luar fungsi kedalam fungsi, mengakses variabel dari satu fungsi atau function kedalam fungsi lainya, Nah hal yang sering kita lakukan adalah menulis variabel tersebut di mana kita butuhkan.

Untuk mengantisipasi itu sebenarnya php punya sebuah tehnik untuk membuat script variabel tersebut dapat diakses dari mana saja, misal dari dalam dan luar file php yang berbeda. Gunannya adalah agar penggunaan variabel yang sama tidak mubazir dan penghematan resource server yang digunakan.

Studi Kasus:

Pada kasus saya, saya menggunakan teknik ini untuk membuat variabel untuk menyimpan link situs, atau  root utama dari situs agar dapat digunakan untuk mengatur setiap link yang ada pada aplikasi web saya, Dengan demikian settingan ini hanya saya atur pada halaman konfigurasi saja, Maka link seluruh halaman web linknya akan berubah.

Mengakses Variabel dalam Fungsi


$site = "http://www.sistemphp.com/";

function menu(){

echo '<li><a href="'.$site.'">Home</a></li>

<li><a href="'.$site.'privacy">Privacy</a></li>

<li><a href="'.$site.'contact">Contact</a></li>

<li><a href="'.$site.'disclaimer">Disclaimer</a></li>';

}

Diatas adalah salah satu contoh penggunaan variabel baik dari dalam dan luar function php. Semoga pemahaman sederhana ini dapat menambah wawasan kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *