Program Sistem Pakar Kerusakan Handphone

By , May 22, 2015,

Program Sistem Pakar Kerusakan Handphone. Aplikasi yang digunakan untuk mendiagnosa kerusakan yang terjadi ada jenis handphone. Source sistem pakar kerusakan hanphone php berbasis web. Script php sistem pakar keruskaan hanphone.

Penggunaan handphone di indonesia semakin hari semakin meningkat. Tidak hanya kalangan atas yang menggunakan handphone sebagai media komunikasi antara orang satu dengan yang lainya. Penggunaan handphone kini bukan menjadi barang mewah lagi. Dan siapapun bisa menggunakannya. Dengan semakin banyaknya hanphone yang digunakan, sudah  selayaknya dibangun dan dikembangkan sebuah aplikasi atau program untuk mengatasi kerusakan pada handphone. Kerusakan pada HP banyak sekali jenisnya. Nah dengan sistem pakar ini, kerusakan handphone dapat di ketahui dengan cepat dan lebih efektif dan efisien.

Sistem Pakar Kerusakan Handphone

Beberapa jenis sistem pakar kerusakan yang terjadi pada HP atau handphone yang ada di indonesia. Sistem ini dibangun menggunakan PHP dan database sebagai penyimpan data mysql. Berikut lebih lengkapnya:

  • Sistem pakar kerusakan handphone Nokia
  • Sistem pakar kerusakan handphone Motorola
  • Sistem pakar kerusakan handphone Samsung
  • Sistem pakar kerusakan handphone Sony
  • Sistem pakar kerusakan handphone LG
  • Sistem pakar kerusakan handphone Advance
  • Sistem pakar kerusakan handphone Apple
  • Sistem pakar kerusakan handphone Oppo
  • Sistem pakar kerusakan handphone Asus
  • Sistem pakar kerusakan handphone Blackbarry
  • Sistem pakar kerusakan handphone Evercross
  • Sistem pakar kerusakan handphone Lenovo

Dalam membuat sistem pakar kerusakan hanphone beberapa hal yang harus di ketahui adalah jenis kerusakan hanphone, penyebab kerusakan hanphone, dan solusi mengatasi kerusakan yang  terjadi pada hanphone.

Jenis kerusakan handphone

1. Integrated Circuit (IC) Power
IC Power merupakan perangkat inti mesin ponsel. Gejala kecil pada ponsel bisa berujung pada penyakit paling kronis yang terletak di komponen ini. Jika sudah pada titik ini, ponsel Anda antara hidup dan mati.

Penyebab kerusakan pada IC Power umumnya terjadi karena jaringan listrik pada saat Anda men-charge ponsel tidak stabil dan sering naik-turun. Hal ini disebabkan oleh listrik tegangan tinggi. Jadi buat Anda yang tinggal berdekatan dengan tiang listrik tegangan tinggi, waspadai kerusakan ponsel saat men-charge.

2. Flexi Cable
Umumnya terjadi pada ponsel clamshell atau ponsel lipat. Flexi Cable merupakan penghubung antara mesin ponsel dan LCD. Jika terjadi kerusakan pada komponen ini, LCD pada ponsel akan blank atau mati. Penyebabnya, ponsel sering terkena air dan terjatuh.

3. Driver LCD (Liquid Crystal Display)
Kerusakan pada layar LCD umumnya disebabkan oleh ponsel yang sering jatuh. Hal ini memang biasa terjadi, namun dengan tingkat kerusakan yang berbeda. Jika layar sudah “koma”, sudah pasti driver LCD ponsel Anda, terkena gangguan hebat. Suka atau tidak, Anda harus menggantinya.

4. Driver Lampu

Lampu ponsel tak juga berfungsi, bisa jadi karena ponsel sering terkena air atau lembab. Sarung ponsel dari plastik yang jarang dibuka juga berpengaruh. Minimal buka sarung seminggu sekali untuk memberikan udara segar bagi ponsel Anda.

5. IC Plus
Jika ponsel Anda dilengkapi beragam fitur dan aplikasi, berhati-hatilah.
Pengoperasian menu yang tak sabaran atau semaunya bisa merusak ponsel. Misalnya, sehabis memainkan games, Anda langsung tekan tombol off (End Call), atau tanpa melalui Exit.
Hal ini menyebabkan sistem software yang bekerja sesuai aturan di ponsel ngambek. Alias IC plus pada ponsel terganggu pola kerjanya.
Untuk menghindarinya, ikuti aturan main pada ponsel dengan rajin membaca buku panduan. Hati-hati juga saat menghapus aplikasi pada ponsel. Kerusakan IC Plus bisa juga disebabkan karena aplikasi explorer pada ponsel tak sengaja terhapus.

6. IC RAM
Ponsel dengan memori eksternal ataupun internal rentan terhadap virus pada ponsel. Penggunaan Bluetooth yang sembarangan ketika Anda men-transfer atau men-download data, menjadi jalur yang paling riskan.
Selain ulah virus, kerusakan pada IC RAM juga disebabkan karena memori ponsel Anda jebol. Kapasitas memori tak seimbang dengan jumlah data yang Anda input. Jadi, perhatikan sejauh mana memori ponsel bisa menyiman foto atau lagu-lagu.

7. IC Power Amplifier (PA)
Kinerja IC PA sangat bergantung pada posisi Anda saat menggunakan ponsel. Jika Anda sedang berada dalam gedung, basement, atau sedang di luar kota yang jauh dari lokasi BTS, kinerja IC PA dalam mencari sinyal akan kurang maksimal.
Nah, jika Anda tidak sedang berada pada kondisi tersebut namun sinyal tetap saja tidak stabil, ini pertanda IC PA ponsel Anda rusak. Penyebab kerusakan masih serupa, yaitu ponsel jatuh, kena air, sehingga IC PA korslet dan terbakar.

8. IC Audio
Jika fungsi audio pada ponsel tidak maksimal, suara telepon jadi tidak berbunyi.
Perangkat ini ada pada speaker atau buzzer (bunyi ringtone). Speaker ponsel tak berfungsi ketika tahanan kaki speaker tidak kencang atau tidak menempel pada mesin.
Untuk memeriksanya, tekan bagian speaker lalu minta rekan Anda menelepon ponsel Anda. Jika speaker masih saja tak berbunyi, saatnya Anda harus mengunjungi pusat reparasi.

9. Keypad
Kotoran yang masuk ke sela-sela keypad adalah biang kerok kerusakan keypad. Jika masih bisa dibersihkan dan keypad berfungsi normal, Anda tak perlu mengeluarkan biaya servis. Tetapi jika IC keypad sudah dimasuki kotoran halus atau cipratan air yang sering mengenai keypad, Anda harus segera memperbaikinya.

10. Kamera
Jika kamera beresolusi 3MP tidak berfungsi dengan baik, hanya ada dua kemungkinan. Pertama, iklan telah menipu Anda. Kedua, software pada ponsel corrupt atau rusak. Gejalanya mudah saja. Gambar tampak tak sempurna di layar, cahaya tidak terang, atau gambar pecah.

 Beberapa cara mengatasi kerusakan Handphone

Untuk mengecek signal hp, kita pilih pengaturan jaringan menjadi manual. Dan cobalah melakukan pencarian jaringan. Jika hp dapat mendeteksi 4 atau lebih jaringan, maka dapat dikatakan signal handphone masih normal. (yang penting jangan di daerah pegunungan).
Untuk masalah baterai, cobalah menelpon operator (biar gratis) agak lama, kalo gak sampe 5 menit baterai sudah berkurang drastis, bisa jadi baterainya drop atau ada kerusakan pada power handphone (ic power atau terjadi konsleting).
Cobalah menelpon operator untuk mengecek suara dari speaker handphone. Kalo suaranya gak enak berarti ya harus ganti.
Cobalah merekam pada fitur rekaman, itu untuk mengecek apakah mic dari handphone tersebut masih bagus, atau sudah rusak. Kalo gak ada fitur perekam ya terpaksa harus telpon temen. hehehe
Test jepret kamera (kalo ada kameranya).
Test radio, untuk mengecek apakah terjadi kerusakan pada bagian headset.
Test Fitur Getar juga jangan lupa.
Untuk mengecek apakah terjadi kerusakan pada CPU handphone, cara mengeceknya adalah dengan menekan tombol 1 – 9 (randomly) keypad dengan sangat cepat berulang ulang, kalo tiba tiba hapenya hang atau mati, maka bisa dipastikan CPU nya lemah, dan sudah tidak layak untuk dipakai.
(advanced) Untuk mengecek apakah ada konsleting pada seluruh bagian handphone, kita dapat menggunakan avo meter. Taruh jarum avo ke 10X, lalu hubungkan avo dengan connector baterai (+ dengan -) ( – dengan +) kalo jarum avo terangkat, berarti sudah terjadi konsleting pada handphone tersebut. Dan sudah pasti handphone tersebut boros baterai.
Khusus beberapa tipe handphone sony ericsson, ada cara yang praktis mengecek kerusakan pada hp. Caranya adalah dengan menekan *kanan*kirikiri*kiri*. (kiri maksudnya arah kiri). Maka akan muncul beberapa opsi, pilih uji layanan, lalu akan muncul banyak pilihan untuk mengecek hape tersebut.

sumber

Tampilan sistem pakar kerusakan handphone

Login Sistem pakar kerusakan handphone

Login Sistem pakar kerusakan handphone

Sistem pakar kerusakan handphone

Sistem pakar kerusakan handphone

Analisa dan data sistem pakar kerusakan Handphone

Sistem pakar kerusakan handphone ini di rancang dengan beberapa langkah, yaitu, membuat analisa sistem pakar kerusakan handphone, DFD sistem pakar kerusakan handphone, ERD sistem pakar kerusakan handphone, Flowchart sistem pakar kerusakan handphone, struktur menu dan struktur database sistem pakar kerusakan handphone. Untuk mendapatkan beberapa data pendukung data dapat di dapat dari skripsi sistem pakar, thesis dan disertasi. Untuk perlengkapan skripsi fitur perancangan sistem pakar kerusakan handphone biasanya dibutuhkan sebuah latar belakang, proposal dan laporan untuk melengkapi perancangan sistem pakar kerusakan handphone.

Postingan berikutnya

  1. software pendeteksi hp rusak
  2. software pendeteksi kerusakan hp
  3. aplikasi pendeteksi hp rusak
  4. software pendeteksi kerusakan hp android
  5. software pendeteksi kerusakan hp samsung
  6. software untuk mengetahui kerusakan hp
  7. aplikasi pendeteksi kerusakan hp android
  8. aplikasi pendeteksi kerusakan hp
  9. download software pendeteksi kerusakan hp
  10. alat pendeteksi kerusakan hp
  11. alat deteksi kerusakan hp
  12. alat pendeteksi hp rusak
  13. software untuk mengetahui hp rusak
  14. adakah aplikasi untuk mengecek handphon yang konslet?
  15. alat pendeteksi kerusakan handphone

3 thoughts on “Program Sistem Pakar Kerusakan Handphone

  1. tomok

    tolong dong buat para .master nya mnta bntuan nya.persamaan dri ic power mt6323ga sma mt6329a persamaan nya apa y master
    tolong y master thakz sblum nya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *