Sistem Informasi Agribisnis

By , March 13, 2017,

Sistem Informasi Agribisnis – Agribisnis adalah salah satu sektor pertanian yang mempunyai peran penting dalam kehidupan manusia. Khususnya di indonesia penggerakan usaha bidang agribisnis terus dilakukan. Hal tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar dari penduduk indonesia yang setiap tahunnya terus meningkat. Peningkatan tersebut sejalan dan beriring dengan kebutuhan pangan indonesia yang juga terus meningkat.

Pertanian merupakan sektor yang berperan dalam kehidupan manusia, baik secara langsung maupun tidak langsung. Yang mana dalam kegiatannya banya menopang beberapa aspek yaitu ekonomi, sosial dan juga kesejahteraan masyarakat.

Sistem Informasi Agribisnis

Sistem informasi agribisnis adalah sistem yang berguna untuk membantu masyarakat yang bergerak di bidang pertanian dalam menjalankan aktivitas dan kegiatan agribisnis. Beberapa kegiatan diantaranya  pengelolaan hasil komoditi hasil pertanian, pemasaran hasil pertanian, manajemen sumber daya agribisnis dan beberapa hal yang terkait dengan kegiatan agribisnis misalnya penyaluran bantuan, penyuluhan dan juga pendampinangan petani.

Beberapa contoh pengelolaan data informasi pada agribisnis:

1. Pengelolaan kelompok tani dan luas lahan pertanian

Pengelolaan kelompok tani

Pengelolaan kelompok tani

Pada pengelolaan data di atas dapat dilihat beberapa kelompok tani, mulai di dirikan hingga jumlah anggora serta lahan yang dimiliki untuk agribisnis. Kegunaannya adalah untuk memudahkan memantau kelompok tani yang ada pada suatu wilayah.

2. Pengelolaan komoditi hasil pertanian

Pengelolaan komoditi hasil pertanian

Pengelolaan komoditi hasil pertanian

Hasil komoditi dapat di pantau secara menyuluh dari setiap daerah. Untuk mengelolah hasil komoditi ini perlu sekali data yang akurat agar, pemerintah, investor dapat melakukan pemasaran yang tepat dengan komoditi yang dihasilkan.

3. Pengelolaan harga komoditi

Untuk pengelolaan ini dapat dilakukan untuk memantau harga pasar dalam sekala lebih luas, misalkan saja, digunakan untuk memantu harga komoditi hasil pertanian perkecamatan, perkabupaten dan juga per provinsi. Tujuannya adalah untuk memudahkan pemasaran yang dilakukan oleh petani hinngga ke konsumen akhir.

Dan dengan pengelolaan sistem informasi harga ini, petani akan lebih mudah untuk melihat harga pasar tanpa perlu takut lagi harga di kendalikan oleh tengkulak yang nakal.

Selain bidang pertanian bidang agribisnis yang dapat dikelola dengan sistem informasi ini adalah bidang perikanan dan perkebunan.

Dengan perkembangan teknologi beberapa pengelolaan agrisbisnis dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi. Aplikasi yang kami kembangkan memuat modul-modul pengelolaan diatas serta laporan per periode. Untuk model pengembangan aplikasi yang kami lakukan yaitu berbasis web sehingga dapat memudahkan pengguna untuk memantau dan menggunakan

sumber:

Jurnal pengembangan sistem informasi agribisnis desa labuan toposo kecamatan labuan kabupaten donggala http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Agrotekbis/article/viewFile/5098/3888

Postingan berikutnya

  1. sistem informasi agribisnis
  2. sistem informasi agribisnis adalah
  3. contoh agribisnis berbasis web
  4. informasi agribisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *