Sistem Informasi Asuransi Dan Keuangan

By , December 31, 2015,

Sistem Informasi Asuransi Dan Keuangan. Asuransi adalah bagian dari aktivitas dalam megelola kegiatan finansial atau keuangan. Pengelolaan keuangan atau finansial di implementasikan dalam sebuah perlindungan atau ganti rugi, ketika terjadi sesuatu terhadap hal yang diasuransikan. Hal tersebut misalnya kehilangan, kerusakan, kematian dan banyak hal yang dapat di jamin dengan asuransi.

Perusahaan asuransi adalah bagian dari pengelola finansial nasabah yang berperan menjamin asuransi. Pengelolaan keuangan tersebut membutuhkan cara dan aturan yang jeli dalam menjamin keuangan nasabah. Dalam perkembangannya setiap perusahaan asuransi menggunakan teknologi sebagai sarana penunjang manajemen. Salah satunya adalah dengan mengguakan software atau aplikasi untuk perusahaan asuransi. Program asuransi digunakan untuk membantu manajemen secara lebih mudah dan lebih cepat. Manajemen tersebut misalnya. Manajemen nasabah, manajemen keuangan, manajemen asuransi, manajemen pegawai dan serta manajemen proses yang ada pada sistem asuransi.

Sistem Informasi Asuransi

Kelebihan sistem informasi ini sangat banyak sekali. Salah satunya pengelolaan data dengan maksimal dan mampu memberikan informasi yang akurat terhadap manajer atau pimpinan. Salah satu contohnya adalah informasi mengenai polis, premi, agen serta pembayaran-pembayran asuransi. Beberapa data tersebut dengan menggunaan sistem informasi dapat langsung dilihat tanpa harus membuka pembukuan secara manual. Pengecekkan secara manual akan membuat manajemen berjalan lambat dan terhambat. Untuk tampilan beberapa proses penting yang perlu Anda ketahui pada software asuransi ini sebagai berikut:

Login sistem asuransi

Login sistem informasi asuransi

Login sistem informasi asuransi

Data master asuransi

Data master asuransi

Data master asuransi

1. Data master, merupakan data utama yang ada dalam pengelolaan asuransi. Data ini berguna sebagai pengendali proses yang ada pada software asuransi. Data master ini meliputi:

1.1 Data admin, merupakan dari penggunakan sistem atau aplikasi yang digunakan pada perusahaan asuransi.

1.2 Data agen, agen adalah bagian sales atau marketing asuransi. Data agen di kelola untuk memantau dan mengetahui setiap nasabat dari masing-masing agen. Selain itu pendaataan agen serta nasabah yang didapat bisa digunakan sebagai informasi evaluasi kinerja agen berdasarkan informasi detail sistem dan prestasi.

1.3 Data nasabah (pemegang polis), nasabah adalah member asuransi. Pada data ini sistem sekaligus mendaftarkan nasabah sebagai anggota asuransi.

1.4 Data Asuransi, data asuransi ini merupakan detail mengenai asuransi yang ada pada perusahaan. Baik jenis, tipe dan segala informasi mengenai asuransi yang ditawarkan.

2. Manajemen, Manajemen asuransi adalah bagian di proses dan aktivitas pengelolaan proses asuransi. Manejemen ini meliputi beberapa proses, diantaranya:

Manajeme asuransi

Manajeme asuransi

2.1 Premi, Pembayaran Premi adalah pembayaran sejumlah uang yang harus dibayarkan setiap bulannya sebagai kewajiban dari tertanggung atas keikutsertaan nasabah terhadap asuransi. Besarnya pembayaran premi atas keikutsertaan di asuransi yang harus dibayarkan telah ditetapkan oleh perusahaan asuransi dengan memperhatikan keadaan-keadaan dari tertanggung.

2.2 Polis, Pembayaran Polis Asuransi  adalah pembayaran yang diberikan oleh perusahaan asuransi kepada nasabah atas dasara suatu perjanjian asuransi atau pertanggungan bersifat konsensual (adanya kesepakatan), berdasarkan perjanjian yang tertulis dan juga ketentuan premi yang dibayarkannya.

2.3 Klaim, adalah Sebuah permintaan resmi nasabah kepada perusahaan asuransi, untuk meminta pembayaran berdasarkan ketentuan perjanjian. Klaim Asuransi yang  diajukan akan ditinjau oleh perusahaan untuk validitasnya dan kemudian dibayarkan kepada pihak tertanggung setelah disetujui.

3. laporan, Laporan adalah bagian penting dari sistem atau software Dengan laporan ini evaluasi dan perbaikan dapat dilakukan secara tepat. Salah satu fungsi sistem informasi adalah menciptakan laporan yang berguna sebagai penunjang kinerja perusahaan. Beberapa laporan dalam sistem informasi asuransi ini meliputi:

Laporan sistem informasi asuransi

Laporan sistem informasi asuransi

3.1 Laporan Nasabah, laporan detail nasabah perusahaan asuransi. Untuk laporan nasabah ini dapat digunakan untuk meningkatkan pemasaran serta promosi asuransi pada waktu tertentu serta di daerah tertentu.

3.2 Laporan Agen, memberikan informasi jumlah agen serta nasabah yang di rekrutnya. Membantu supervisoer mengevaluasi kinerja agen berdasarkan prestasi yang dilakukan.

3.3 Laporan Premi, Informasi mengenai pembayaran premi perpreiode. Total premi maupun detail premi.

3.4 Laporan PolisInformasi mengenai pembayaran polis perpreiode. Total polis maupun detail polis.

3.5 Laporan klaimInformasi mengenai klaim perpreiode. Dan juga tindakan terhadap klaim yang diajukan.

Flowchart sistem informasi asuransi

FLOWCHART SISTEM INFORMASI ASURANSI

FLOWCHART SISTEM INFORMASI ASURANSI

Pada proses diatas alur analisa dari berjalannya aplikasi asuransi yaitu admin adalah sebagai stakeholder yang berperan utama menjalankan sistem. Selanjutnya untuk proses lebih lengkapnya. Sedang kami kembangkan yaitu sistem mampu di akses oleh agen asuransi serta nasabah dan juga manajer. Dengan demikian sistem mampu dapat berjalan dengan baik. Analisa software sistem informasi asuransi ini dapat di kmbangkan menjadi aplikasi yang lebih baik lagi. Untuk implementsi softwarenya kami masih mencoba mengintegrasikan dengan sistem keuangan asuransi. Bagian keuangan merupakan bagian yang penting dalam asuransi. Untuk alur prosesnya di mulai dari login kedalam sistem, kemudian melakukan pengelolaan terhadap manajemen asuransi, kemudian sistem akan menghasilkan sebuah laporan akhir.

DFD sistem informasi asuransi

DFD sistem informasi asuransi

DFD sistem informasi asuransi

ERD sistem informasi asuransi

ERD SISTEM INFORMASI ASURANSI

ERD SISTEM INFORMASI ASURANSI

Demikian Sistem Informasi Asuransi Dan Keuangan. Untuk informasi download semua file sistem asuransi mulai dari analisis sampai programnya hubungi kami.

Tag: Laporan sistem informasi asuransi. Proposal sistem asuransi. DFD sistem asuransi. ERD sistem asuransi. Flowchart sistem asuransi. Script php dan source code sistem informasi asuransi. Program aplikasi sistem asuransi. Makalah skripsi

Postingan berikutnya

  1. contoh software sistem informasi manajemen asuransi

2 thoughts on “Sistem Informasi Asuransi Dan Keuangan

  1. deri ertino

    tutorial aplikasi pemasaran jasa asuransi menggunakan php

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *