Sistem Informasi dan Riset Pemasaran

By , April 2, 2015,

Sistem  informasi dan reset pemasaran. Sistem informasi dalam implementasi dan perkembangannya dapat di implementasikan ke banyak bidang. Salah satu bidang yang bisa menggunakan sistem informasi misalnya yaitu: bidang kesehatan, bidan pemerintahan, bidang bisnis, dan juga sistem informasi dalam bidang pendidikan.

Penggunaan sistem informasi dalam bisnis salah satunya digunakan dan di  manfaatkan dalam riset pemasaran. Nah gimana sistem informasi hubungannya dengan riset pemasaran.? Oke simak lebih lanjut saya akan jelaskan keterkaitannya antara sistem yang bisa digunakan untuk riset pemasaran. Oke anggap saja Anda mempunyai sebuah bisnis besar di bidang pemasaran. Anda menggunakan sebuah sistem informasi untuk perusahaan Anda yang  bisa menangani dan memanajemen produksi, penjualan, dan juga pemasaran. Pada setiap sistem tersebut kita kerucutkan kembali saja agar lebih mudah. Anda menggunakan sistem informasi pemasaran, dengan sistem informasi pemasaran tersebut Anda bisa mengetahui laporan seberapa banyak produk Anda terjual, pada daerah mana terlaris, hari dan bulan apa yang paling laris, dan sales mana yang banyak melakukan penjualan, semuanya terdapat dalam laporan yang diberikan pada program dan aplikasi sistem informasi yang digunakan. Nah dari asumsi dan contoh tersebut sebenarnya Anda bisa melakukan riset pemasaran dengan menganalisa hasil laporan sistem informanya tadi. Itu contoh sederhana saja.

Sistem informasi riset pemsaran

Sistem informasi riset pemsaran

Untuk kebutuhan riset, tergantung dari pengembangan sistem informasi yang di rancang. Maka dari itu langkah awal yang perlu di perhatikan adalah analisa dan desain sistem informasi yang baik.

Sistem Informasi dan Riset Pemasaran

Berlanjut lagi ke topik pembahasan tentang penggunaan sistem informasi sebagai media riset untuk mengembangkan bisnis, berikut beberapa hal hubungan antara sistem informasi dan riset pemasaran.

  1. Manajemen bisnis, dengan sistem informasi manejemen dilakukan secara terkomputerisasi dengan cara menggukan aplikasi atau software sistem informasi. Dengan cara ini pendayagunaan waktu dan tenaga menjadi lebih hemat, efektif dan efisien dari segi waktu dan manfaat.
  2. Menghindari kesalahan riset, dalam melakukan riset kesalahan adalah hal yang harus di hindari. Jika terjadi kesalahan maka hal yang paling fatal adalah ketidaktepatan sasaran dalam menghasilkan tujuan riset yang dilakukan. Jika hal tersebut terjadi, akan menghasilkan riset yang sia-sia.
  3. Evaluasi, dalam bisnis khususnya pemasaran hal yang paling mutlak dilakukan adalah evaluasi. Evaluasi merupakan faktor pendukung untuk menjadikan bisnis menjadi lebih baik di waktu yang akan datang. 
  4. Kontrol, dengan sistem informasi yang lebih fleksibel seperti misalnya sistem informasi yang dikembangkan berbasis web dan online. Anda sekalibus owner atau pemilik bisnis dapat mengelola dan mengontrol langsung aktifitas bisnis Anda dari mana saja, bisa dengan perangkat apa saja misalnya: tablet, hanphone dan laptop sekalipun.

Dalam perkembangannya sebuah sistem informasi banyak sekali penerapannya. Dalam hal ini riset dan pemasaran penting menggunakan sebuah sistem informasi.  Dan faktor pentingnya sistem informasi yang baik adalah sistem informasi yang dapat memberikan dampak positif terhadap bidang yang di implementasikannya.

Postingan berikutnya

  1. contoh pertanyaan tentang sistem informasi pemasaran
  2. contoh soal riset dan sistem informasi pemasaran
  3. pertanyaan tentang infirmasi pemasaran dan riset pemasaran
  4. Pertanyaan tentang riset dan informasi sistem
  5. pertanyaan tentang sistem informasi dan riset pemasaran global
  6. pertanyaan tentang sistem informasi pemasaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *