Sistem Informasi Pabrik

By , November 30, 2015,
Sistem Informasi Pabrik

Sistem Informasi Pabrik

Sistem Informasi yang ada di Pabrik. Sistem informasi yang digunakan untuk mengolah data-data informasi yang ada dalam pabrik. Dalam pabrik banyak sekali subbagian yang pengolahan datanya dapat menggunakan sistem informasi. Penggunaan sistem informasi mempunyai tujuan agar pengolahan data dapat dilakukan lebih cepat dan efisien. Tujuan dari itu semua adalah agar penggunaan data setelah diproses melalui sistem informasi dapat digunakan untuk informasi berikutnya yang lebih berguna, misalkan sebagai data monitoring, data evaluasi dan juga data laporan.

Pabrik merupakan suatu bangunan industri besar di mana para pekerja mengolah benda atau mengawasi pemrosesan mesin dari satu produk menjadi produk lain, sehingga mendapatkan nilai tambah. Pabrik adalah tempat pengolahan barang atau produk dari bahan awal menjadi barang jadi atau produk jadi. Kebanyakan pabrik modern memiliki gudang atau fasilitas serupa yang besar yang berisi peralatan berat yang digunakan untuk lini perakitan. Pabrik mengumpulkan dan mengkonsentrasikan sumber daya: pekerja, modal, dan mesin industri.

Sistem Informasi Pabrik

Daftar bagian atau subbagian yang ada pada pabrik, yang seharusnya dan perlu menggunakan sistem informasi sebagai pengolahan datanya:

1. Sistem informasi produksi pabrik

Sstem informasi produksi

Sstem informasi produksi

Pada bagian produksi dapat menggunakan sistem informasi produksi. Sistem informasi produksi adalah merupakan sistem yang membantu mengolah data produksi. Data produksi yang dioleh meliputi, data hasil produksi, bahan produksi, jenis produksi dan karyawan atau pegawai produksi. Informasi penting dalam sistem informasi produksi pabrik yaitu, data produksi dapat secara langsung di pantau perhari perminggu, perbulan atau pertahun. Hal tersebut ditunukkan dengan fitur sistem informasi yang menghasilkan sebuah laporan produksi.

2. Sistem informasi kepegawaian / karyawan pabrik

Sistem informasi karyawan

Sistem informasi karyawan

Karyawan atau pegawai adalah bagian penting dalam pabrik. Untuk mengelola dan memanajemen itu semua, sistem informasi mampu memberikan informasi terbaik. Informasi yang dapat diberikan dan dikelola menggunakan sistem informasi yaitu informasi detail profil pegawai, jabatan, bagian dan informasi penting lainya.

3. Sistem informasi keuangan pabrik

Sistem informasi keuangan

Sistem informasi keuangan

Sistem yang berguna untuk mengelola data kuangan. Pengelolaan keuangan yang dilakukan misalnya pendapatan pabrik, penggunaan biaya-biaya dan anggaran oleh pabrik. SIstem informasi keuangan pabrik ini juga dapat di integrasikan dengan sistem informasi penggajian pabrik.

4. Sistem pendukung keputusan penerimanan karyawan pabrik

Penerimaan karyawan

Penerimaan karyawan

Ini adala sistem yang dapat digunakan untuk membantu penerimaan pegawai atau karyawan baru. Caranya  adalah dengan menggunakan kriteria atau variabel penilai penerimaan maka keputusan akan di dihasilkan berdasarkan penilaian yang lebih objektif. Biasanya sistem pendukung keputusan ini digunakan di bagian penerima karyawan atau HRD.

5. Sistem informasi monitoring pabrik

Sistem informasi monitoring

Sistem informasi monitoring

Sebuah sistem informasi yang digunakan untuk memonitor dan mengotor semua alur data pabrik dari satu bagian kebagian lainya. Tujuan monitoring ini adalah sebagai pemantauan aktivitas kinerja yang ada dalam pabrik.

6. Sistem informasi evaluasi 

Sistem informasi evaluasi

Sistem informasi evaluasi

Sistem ini dapat digunakan sebagai evaluasi atau nilai ukur keberhasilan dan kesuksesan suatu proses yang ada pada pabrik Sistem informasi evaluasi misalnya digunakan untuk mengaudit data produksi, audit atau evaluasi kinerja pegawai, audit keuangan dan audit manajemen pabrik.

Pabrik pengguna sistem informasi

  1. Pabrik kelapa sawit (PKS)
  2. Pabrik karet
  3. Pabrik gula
  4. Pabrik roti
  5. Pabrik textil
  6. Pabrik sepatu
  7. Pabrik Bola
  8. Pabrik perakitan motor / mobil
  9. Pabrik rokok
  10. Pabrik seng
  11. Pabrik Beton
  12. Pabrik Semen
  13. Pabrik Minyak Goreng
  14. Pabrik Sabun
  15. Pabrik Mie
  16. Pabrik Kertas
  17. Pabrik Plastik
  18. Pabrik Botol
  19. Pabrik Boneka
  20. Pabrik Tas
  21. Pabrik Aqua
  22. Pabrik Besi
  23. Pabrik Ban
  24. Pabrik Baja
  25. Pabrik Cat
  26. Pabrik CPO
  27. Pabrik Garam
  28. Pabrik Kaca
  29. Pabrik Keramik
  30. Pabrik Kopi
  31. Pabrik Karung
  32. Pabrik lem
  33. Pabrik Lampu
  34. Pabrik lilin

Demikian Sistem Informasi yang ada di Pabrik yang dapat digunakan untuk mengelelola data informasi mengenai pabrik. Jika Anda membutuhkan aplikasi atau software program sistem sesuai dengan kebutuhan pabrik Anda, silahkan hubungi kami pada no kontak HP atau BBM untuk informasi lebih lanjut.

Postingan berikutnya

  1. sistem informasi kepegawaian kelapa sawit
  2. apa saja sistem informasi yang ada di pabrik sepatu
  3. sistem informasi hasil produksi
  4. sistem informasi pabrik
  5. sistem informasi pabrik sepatu
  6. sistem pabrik
  7. sistem produksi coding
  8. sistem produksi dengan php
  9. sistem sistem dalam pabrik mobil
  10. sistem yang ada di pabrik
  11. sitem informasi yang ada di pabrik karet
  12. skripsi aplikasi laporan produksi
  13. software sistem pakar buat pabrik
  14. spk di pabrik
  15. program sistem informasi produksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *