Sistem Pakar Penyakit Jantung

By , December 11, 2015,
Sistem pakar penyakit jantung

Sistem pakar penyakit jantung

Sistem pakar penyakit jantung adalah suatu aplikasi yang digunakan untuk mendiagnosa pada penyakit manusia khususnya organ jantung. Penyakit jantung merupakan penyakit manusia yang menyerang organ dalam. Penyakit tergolong sebagai penyakit yang berbahaya. Dengan perkembangan teknologi yang canggih pendeteksian dini penyakit jantung dapat dilakukan dengan segera dan secepat mungkin. Tujuannya adalah agar penderita penyakit jantung dapat segera mengambil tindakan terhadap penyakit jantung yang di deritanya sebelum memasuki serangan jantung ke stadium yang lebih tinggi.

Pengembangan:

Aplikasi pakar jantung di kembangkan dengan menggunakan basis web dengan menggunakan bahasa pemrograman php dan database mysql. Untuk script php di kelompokkan kedalam beberapa modul sesuai dengan proses yang ada pada sistem pakar jantung. Tujuan pengelompokkan kedalam masing-masing modul ini adalah agar, programmer lebih mudah memperbaiki jika ada kesalahan atau error

Fitur sistem pakar penyakit jantung

Beberapa fitur yang ada pada pakar jantung yang kami kembangkan yaitu:

1. Data master

Data master adalah data utama yang digunakan untuk proses pada sistem pakar jantung. Tujuan adanya data master yaitu agar, pengelolan dapat langsung berjalan dengan cepat dan otomatis jika memerlukan data utama sebgai dasar data. Jadi dengan kata lain admin tidak  perlu menginputkan lagi secara manual data-data dasar yang dibutuhkan untuk proses berikutnya.

Beberapa data master yang ada pada pakar jantung yaitu:

1.1. Master admin

Master admin merupakan data utama yang digunakan untuk mengelola admin dari sistem. Proses yang ada meliputi penambahan admin, edit data admin, dan juga menghapus admin.

1.2 Master User

Master user merupakan data utama pengguna sistem atau user sistem yang melakukan konsultasi penyakit jantung menggunakan sistem. Nah pada data ini dapat diakses oleh masing-masing,yaitu admin dan juga user. Untuk admin dapat melihat data user yang melakukan registrasi atau juga menambahkan sendiri user yang ingin berkonsultasi. Untuk tampilan yang ada pada admin, yaitu tampilan data user dengan pengelolaan penambahan user, edit user dan juga menghapus data user, blokir user.

Untuk tampilan yang ada pada user yaitu berupa profil data user.

1.3 Master Penyakit

Penyakit disini adalah penyakit jantung. Untuk pengelolaan data master ini meliputi data penyakit jantung yaitu data gejala data relasi dan dan juga stadium penyakit jantung.

2. Profil

Menu profil merupakan menu yang tampil pada menu user. Kegunaan menu profil ini adalah tujuannya untuk melakukan edit profil dan memperbaharui profil.

3. Diagnosa

Untuk tampilan menu konsultasi ada 2 yaitu tampilan untuk dmin dan user. Tampilan untuk admn yaitu berupa hasil diagnosa yang dilakukan oleh user, berikut jenis kategori penyakit jantung serta detail konsultasi. Selanjutnya tampilan untuk user adalah menu histori diagnosa jika sudah pernah berkonsultasi, Namun jika user belum melakukan konsultasi maka akan ada tampilan berkonsultasi pada menu ini.

4. Laporan

Laporan adalah menu yang tampil pada admin. Kegunaan laporan adalah untuk memberikan informasi mengenai user yang berkonsultasi sesuai dengan detail user. Serta informasi mengenai jenis penyakit jantung yang di deritanya.

FLOWCHART Sistem pakar penyakit Jantung

Flowchart sistem pakar penyakit jantung

Flowchart sistem pakar penyakit jantung

Penjelasan flowchart:

Pada tampilan flowchart diatas menjelaskan bagaimana interface sistem pakar jantung berjalan sesuai dengan prosesnya. Yang user pada sistem ini sesuai yang sudah dijelaskan yaitu dibagi menjadi dua admin dan user. Nah untuk yang pertama user yang ada sistem ini yaitu admin memulai prosesnya dengan login, kemudian admin dapat melakukan kontrol dan manajemen dengan menu yang ada, menu-menunya yaitu data master diagnosa dan juga laporan. Jika login yang dilakukan oleh admin gagal makan admin tidak masuk kedalam sistem, namun kembali lagi ke halaman login.

Yang kedua user pada sistem sebelum login dapat melakukan registrasi dulu, namun pada flowchart ini proses dimulai dari login user. Apabila user dapat login makan akan lanjut ke proses selanjutnya yaitu edit profil dan juga melakukan diagnosa penyakit jantung. Jika gagal maka akan kembali ke halaman login.

DFD Sistem Pakar Penyakit Jantung

DFD sistem pakar penyakit jantung

DFD sistem pakar penyakit jantung

Penjelasan dfd:

Pada dfd diatas aliran data di berikan dan di terima oleh user dan admin. Untuk admin input data pada user yaitu data admin, data user, data  penyakit, Kemudian data tersebut digunakan untuk proses berikutnya yaitu proses diagnosa. Untuk user dapat melakukan atau input diagnosa.  Selajutnya terdapat proses laporan yang di terima oleh admin dan juga user.

ERD Sistem Pakar penyakit jantung

ERD sistem pakar penyakit jantung

ERD sistem pakar penyakit jantung

Penjelasan ERD:

Pada gambar diatas menjelaskan sebuah struktur database yang terbentuk dari sistem pakar. Dimana untuk tabel yang berbentuk oval merupakan tabel filed database Dan untuk tabel berbentu jajar genjang merupakan relasi dari setiap tabel. pada gambar diatas dijelaskan bahwa bentuk kotak adalah tabel yang ada database

Struktur menu sistem pakar penyakit jantung

Tampilan sistem pakar penyakit jantung

Demikian Sistem pakar penyakit jantung semoga bermanfaat. Untuk info sistem pakar penyakit jantung hubungi kami.

Postingan berikutnya

  1. listing program konsultasi sistem pakar penyakit dengan php
  2. script php sistem pakar penyakit jantung
  3. contoh projek sistem pakar dan flowchart
  4. erd sistem pakar
  5. erd sistem pakar diagnosa keruskan hp
  6. scrip java aplikasi sistem pakar penyakit jantung
  7. sistem pakar mendeteksi jantung
  8. sistem pakar online jantung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *