Skripsi Metode FAHP

By , April 8, 2015,

Skripsi Metode FAHP. Penelitian skripsi tentang pengambilan keputusan atau sering di kenal dengan sistem pendukung keputusan (SPK) menggunakan metode FAHP merupakan langkah terbaik karena metode ini sangat sesuai untuk mengelola dan memproses varibel berupa kriteria yang sangat banyak. Skripsi menggunakan metode ini sangat sesuai dengan penelitian jurusan komputer, teknik informatika, dan manajemen informatika.

Tugas akhir atau TA yang menggunakan metode FAHP (Fuzzy Analytic Hierarchy Process) sangat sesuai di kembangkan dengan bahasa pemrograman php yaitu berbasis web. Dalam pengambilan keputusan yang menggunakan kriteria yang bersifat kualitatif, penggunaan fuzzy sangat sesuai dan tepat sekali, sehingga menghasilkan keputusan yang terbaik dan memberikan penilaian kuantitatif dari pemrosesan perhitungan metode FAHP pada kriteria yang bersifat kualitatif ersebut.

Sharing kali ini Saya akan tunjukkan beberapa projek penelitian tentang FAHP yang menggunakan judul terbaru untuk teknik informatika kepada Anda. Projek berikut ini menggunakan metode FAHP dalam pemrosesan pengambilan keputusannya. Untuk implementasi mungkin sedikit berbeda setiap kasusnya, namun pada studi kasus baru metode FAHP ini dapat di kembangkan dan di eksplorasi secara maksimal penerapannya.

Buat Anda yang membutuhkan metode ini dapat menghubungi kami. Kami menyediakan jasa pembuatan metode dengan mengkonversikannya kedalam program php. Selain itu kami juga menawarkan berupa script, source code, contoh program dan sistem aplikasi menggunakan metode FAHP. Selain metode FAHP, metode lain juga tersedia di tempat kami.

Skripsi Metode FAHP

Inilah contoh program aplikasi sistem yang sudah jadi menggunakan metode FAHP. Sistem-sistem berikut ini mempunyai kemampuan maksimal dalam memberikan solusi terhadap permasalah pengambilan keputusan. Pengambilan keputusan dilakukan secara objektif berdasarkan perhitungan yang tepat dan baik. Untuk melihat demo dan mendownload programnya silahkan lihat di halaman member, jika belum silahkan lakukan registrasi terlebih dahulu.

Tips memilih judul metode FAHP:

Judul yang ada dalam sebuah penelitian adalah belum tentu yang sulit. Judul yang baik dan bisa di terima adalah judul yang mampu memberikan solusi dan penjelasan mengapa penelitian tersebut dilakukan dan seberapa penting Anda melakukan penelitan menggunakan metode tersebut. Oleh karena itu jika Anda akan mencari judul, maka carilah judul yang berkesan namun dilamanya tersimpan kesederhanaan. Salah satunya skripsi tugas akhir yang menggunakan metode FAHP yang akan Saya tunjukkan di bawah ini semoga dapat memberikan informasi  baru tentang judul yang bisa di kembangkan lagi untuk tugas akhir skripsi dengan metode FAHP.

Yang penting dari penelitian menggunakan metode ini adalah pemahaman penggunaan data nilai kriteria dan data nilai alternatif. Kedua data tersebutlah kunci penting dalam skripsi metode ahp berbasis web ini. Dengan memahami tersebut untuk pengimplementasianya kedalam sebuah program php cukup mudah saja.

2 Projek skripsi terbaru menggunakan metode FAHP

Untuk kali ini yang akan Saya bahas adalah projek terbaru SPK dengan FAHP.

Ξ Sistem Evaluasi

Ini adalah SPK untuk melakukan evaluasi. Dengan sistem ini evaluasi yang dilakukan adalah mencari nilai tingkatan yaitu sangat baik, baik, sedang, buruk, dan sangat buruk. Yang mana pada setiap dan masing-masing kriteria yang digunakan akan menghasilkan data nilai keluaran berupa rangkin nilai masing-masing kriteria. Dengan tujuan evaluasi pada sistem tersebut, maka prioritas evaluasi  akan diketahui berdasarkan nilai yang tertera pada hasil akhir pengolahan data nilai pada sistem. Dengan hasil tersebut, maka hasil penghitungan sistem dapat digunakan sebagai acuan pengambilan keputusan karena terdapat data nilai valid berupa nilai kuantitatif masing-masing kriteria.

Skripsi FAHP Evaluasi

Skripsi FAHP Evaluasi

Pada projek diatas terdapat pilihan menu yang bisa digunakan dan di kendalikan oleh admin sebagai pengguna sistem.

  1. Menu data master, menu berisi tentang pengelolaan data yang digunakan sebagai variabel dalam perhitungan metode. Data master tersebut meliputi data kriteria, data alternatif dan data pengguna sistem.
  2. Menu Penilaian, menu ini berguna sebagai menu untuk menginputkan atau memasukkan data nilai kedalam sistem. Dan selanjutnya data tersebut di olah dan diproses sehingga mengeluarkan hasil keputusan pada sistem.
  3. Laporan, adalah bagian untuk melihat hasil keputusan berdasarkan penilaian yang dilakukan. Lapran ini berisi data rangking dan bobot kriteria pada masing-msing. Dengan demikian admin dapat menyimpulkan nilai yang dihasilkan pada perhitungan secara cepat dan jelas.

Projek tugas akhir sistem evaluasi diatas di lengkapi dengan beberapa penjelasan teknis baik berupa analisa dan rancangan pembangunannya. Salah satu bagian yang terdapat di dalamnya yaitu, DFD spk sistem evaluasi, ERD sistem pendukung keputusan, Flowchart atau diagram alur, Struktur  database.Tampilan akhir contoh gambar sistem diatas sebagian, dari nilai yang di tampilkan, jauh kebawah lagi masih ada nilai-nilai yang bida di lihat. Misalnya nilai bobot kriteria, bobot global, dan bobot setiap alternatif.

Ξ Sistem Pemilihan Supplier

SPK pemilihan supplier pada produk tertentu dengan menggunakan sistem menggunakan metode FAHP. Cara kerja sistem ini ialah dengan memproses data kriteria dan data supplier, selanjutnya di oleh dan di proses dengan FAHP. Skripsi tugas akhir spk yang mudah dan simpel ini sangat menarik untuk di terapkan pada studi kasus yang lain. Contoh-contoh studi kasus yang bisa di terapkan seperti sistem ini misalnya:

  1. Pemilihan dosen teladan
  2. Pemilihan guru terbaik
  3. Penentuan pemeberian beras raskin
  4. Pengambilan keputusan pemberian proyek

Untuk impelentasinya bisa digunakan pemrograman berbasis web seperti pada proyek skripsi ini. Berikut hasil dari skripsi pemilihan supplier,

Skripsi metode fahp pemilihan supplier terbaik

Skripsi metode fahp pemilihan supplier terbaik

Diatas merupakan contoh program aplikasi php sistem pemilihan supplier pada perusahaan. Potongan gambar hasil spk diatas menunjukkan form input nilai, form input diatas terbantu secara otomatis berdasarkan kriteria yang ada pada sistem. Dengan cara tersebut penggunaan kriteria dan subkriteria jika ada pada spk lebih membuat sistem bekerja secara dinamis sehingga menjadi lebih otomatis. Jika di tambah kriteria maka form input nilai juga akan secara otomatis bertambah dengan sendirinya.

Untuk input data yang diperlukan pada spk secara garis besar sama antara 1 sistem dengan yang lainnya. Namun untuk studi kasus yang berbeda, mungkin tidak sama seperti ini. Tujuan dari perancangan sistem spk ini adalah menentukan nilai rangking dari supplier sehingga bisa menjadi keputusan penentuan supplier.

Lalu perbedaan skripsi metode FAHP kedua diatas dimana? perbedannya adalah pada alternatif yang menyertai perhitungan sistem. Jika pada sistem evaluasi, alternatif yang digunakan menggunakan 1 altenatif dan alternatif tersebutlah yang dilakukan evaluasi. Dan untuk sistem pemilihan supplier menggunakan banyak alternatif sebagai penentuan pemilihan supplier.

Demikian sharing tentang program penelitan yang bisa di implementasikan menggunakan metode FAHP berbasis web. Di rancang dan kembangkan menggunakan program php dan database mysql. Untuk tutorial cara membuat spk saya akan share di tutorial selanjutnya. Semoga bermanfaat. terimakasih.

Postingan berikutnya

  1. metode fuzzy analytic hierarchy process (fahp
  2. cara membuat listing program php skripsi
  3. cara membuat spk dinamis dengan web
  4. contoh data raskin untuk skripsi
  5. sistem pengambilan keputusan beras raskin metode fuzzy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *