SPK dengan Metode International Association Rule

By , May 4, 2018,

SPK (sistem pendukung keputusan) aplikasi yang sering digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Salah satunya di berbagai aspek bidang yang mendorong seseorang untuk bersikap tentang permasalahan serta menentukan solusi terbaiknya.

SPK banyak bidang dalam ruang lingkupnya misalnya SPK untuk dunia pendidikan, SPK untuk dunia bisnis, SPK untuk dunia kesehatan, SPK untuk dunia pertanian dan juga perkebungan serta peternakan dan masih banyak lagi bidang yang dapat di implementasi atau di terapkan dengan menggunakan konsep aplikasi SPK ini.

Untuk mengembangkan aplikasi dengan metode perhitungan tidaklah mudah, perlu pembelajaran khusus sehingga aplikasi dapat memungkinkan digunakan dalam penentuan keputusan terbaik. Keputusan terbaik tersebut adalah sebuah kesimpulan dari penilaian yang dilakukan terhadap sebuah studi kasus.

Kasus:

Pada kesempatan kali ini kasus yang di kami teliti adalan tentang pemilihan asesor. Permasalahan yang timbul pada pemilihan asesor ini adalah jika penilaian dilakukan secara manual maka nilai yang diberikan di anggap tidak objektif melainkan subjektif.

Nah dengan alasan tersebut kita perlu mengembangkan atau merancang aplikasi yang dapat memberikan nilai terhadap asesor yang di ajukan dan yang akan di tentukan kualifikasi terbaiknya. Untuk kosepnya penelitian ini adalah kuantitatif.

Metode International Association Rule adalah metode dengan konsep penghitungan berdasarkan pola. Pola ini adalah sebuah variabel kriteria, yang mana kriteria yang di gunakan di bedakan menjadi 2 komponen yaitu support dan confidence.

Variabel atau kriteria dengan komponen support adalah variabel yang berperan dalam pendukung keputusan dari segi keyakinan penentuan.

Sedangan variabel komponen confidence adalah varibel yang digunakan untuk meyakinkan keputusan terhadap support yang dihasilkan.

Aplikasi ini di kembangkan dengan bahasa pemrograman berbasis web dengan menggunakan bahasa program php dan database mysql. Untuk pengembangan script php atau source code nya menggunakan notepad. Untuk aplikasi notepad dapat di unduh gratis di Internet.

SPK dengan Metode International Association Rule PHP dan Mysql

Login aplikasi pemilihan asesor

Login Aplikasi asesor dengan international association rule

Login Aplikasi asesor dengan international association rule

Merupakan menu yang digunakan untuk mengautentikasi user sebelum masuk kedalam aplikasi. User dapat ditambahkan, di edit, dan juga di hapus pada halaman adminaplikasi.

Menu user

Menu user Aplikasi asesor dengan international association rule

Menu user Aplikasi asesor dengan international association rule

Merupakan menu untuk mengelola data user yang dapat menggunakan aplikasi. Untuk user sendiri dalam implementasi sebenarnya misalnya dapat berupa seorang pimpinan, manajer ataupun subjek yang berperan dalam pengambilan keputusan.

Menu kriteria

Menu kriteria Aplikasi asesor dengan international association rule

Menu kriteria Aplikasi asesor dengan international association rule

Merupakan menu kriteria, kriteria adalah variabel yang digunakan untuk melakukan perhitungan metode association rule. Variabel di bedakan menjadi 2 yaitu support dan confidence. Pada variabel ini masing-masing kriteri aterdiri dari beberapa subkriteria. Subkriteria ini adalah variabel pendukng dari keriteria yang digunakan untuk menilai. Dan pada masing-masing subkriteria dapat kita beri nilai sesuai kebutuhan.

Menu Alternatif

Menu alternatif Aplikasi asesor dengan international association rule

Menu alternatif Aplikasi asesor dengan international association rule

Merupakan menu yang berguna untuk mengelola alternatif. Alternatif adalah orang atau objek yang akan dilakukan penilaian terhadap aplikasi. Dalam kasus ini alternatif yang dimaksud adalah asesor.

Menu penilaian

Menu penilaian Aplikasi asesor dengan international association rule

Menu penilaian Aplikasi asesor dengan international association rule

Merupakan menu yang digunakan untuk melakukan penilaian terhadap asesor dengan kriteria serta subkriteria yang ada. Penilaian yang dilakukan dengan konsep perlengkapan data, dan dalam kasus ini sangat membantu.

Menu Hasil

Menu hasil Aplikasi asesor dengan international association rule

Menu hasil Aplikasi asesor dengan international association rule

Merupakan menu yang digunakan untuk melihat hasil dari perhitungan aplikasi. Hasil yang ditampilkan adalah hasil dengan alternatif dan nilai berdasarkan urutan penilaian tertinggi. Dengan urutan pertama merupakan objek dengan rekomendasi terbaik oleh aplikasi. Dan selanjutnya keputusan langsung dapat di simpulkan. Untuk urutan berikutnya merupakan alternatif terpilih pendukung.

 

Demikian aplikasi pemilihan asesor dengan menggunakan metode international association rule. Untuk aplikasi dapat menghubungi kami. Untuk perhitungannya baik manual atau excel mengacu pada referensi jurnal penelitian yang ada. Jika Anda menginginkan untuk pengembangan aplikasi dengan kasus yang lain dapat juga mengontak kami. Ataupun mengkombinasikan dengan metode yang lainya.