SQL – Cara Mengeksekusi Perintah Pada Baris Tertentu

By , November 26, 2016,
SQL - Cara Mengeksekusi Perintah Pada Baris Tertentu

SQL – Cara Mengeksekusi Perintah Pada Baris Tertentu

SQL – Cara Mengeksekusi Perintah Pada Baris Tertentu – Suatu ketika kita ingin melakukan perintah php pada saat select query berada pada posisi baris tertentu, misalkan saja pada saat proses select berada pada baris ke-1 kedua dan seterusnya atau bahkan pada proses select tabel yang terakhir.

Saya menggunakan script php tersebut ketika akan menambahkan data secara statis pada sebuah tabel yang saya pilih, lebih tepatnya  lagi pada baris setelah tabel akhir terselect.

Cara Mengeksekusi Perintah Pada Baris Tertentu

Script php untuk melakukan proses dengan kondisi berdasarkan tabel baris database yang di tentukan, (script berikut ini menggunakan php versi 5.+)


$pilih = $con->query("SELECT * FROM masjid");

$hitung = $pilih->num_rows;

$i = 0;

while($r = $pilih->fetch_assoc()){

$i++;

if($i == $hitung){

// eksekuksi yang di inginkan ketika posisi tabel berada pada tabel tarakhir

}else{

echo $r[nama_masjid].'<br>';

}

}

Alur script diatas yaitu pertama tabel yang akan di tampilkan di pilih terlebih dahulu. Tabel di atas kita gunakan contoh misalnya tabel masjid.

Selanjutnya setelah tabel di pilih atau diselect berikutnya di lakukan penghitungan jumlah baris data yang ada pada tabel tersebut. berikutnya pengulangan while untuk menampilkan data yang di pilih namun untuk baris terakhir tidak akan di echo atau di tampilkan karena akan digunakan untuk eksekusi script php tertentu.

Postingan berikutnya

  1. sql 3 baris script

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *