Web Service – SOAP – Cara Membuat CRUD

By , May 11, 2017,
Web Service - SOAP - Cara Membuat CRUD

Web Service – SOAP – Cara Membuat CRUD / gambar: github.io

Web Service – SOAP – Cara Membuat CRUD. Create, Read, Update, Delete merupakan proses standar yang ada pada sebuah aplikasi. Termasuk juga aplikasi client server seperti web service. Perbedaan dengan CRUD pada aplikasi biasanya adalah jika pada aplikasi atau sistem web service,  CRUD bukan hanya dapat dilakukan di aplikasi yang ada pada server, tetapi juga pada aplikasi yang ada pada client. Jadi pertukaran data dapat dilakukan 2 arah, antara server dan juga client.

Tutorial kali ini merupakan penyimpulan dari beberapa tutorial sebelumnya yang membahas tentang web service. Di tutorial ini kamu dapat langsung mempraktekkannya dari awal sampai akhir.

Cara Membuat CRUD

Untu memulai pembuatan persiapkan dahulu sebuah folder pada server local kamu. Kemudian di dalam folder tersebut buatlah sebuah folder lagi dengan nama misalnya “server”. Oke, sekarang kamu punya dua folder yang nanti analoginya di folder utama akan di tempatkan aplikasi client untuk web service, sedangkan untuk folder server adalah untuk penyimpanan aplikasi server.

# C (CREATE)

Merupakan intruksi atau perintah untuk memasukkan data kedalam database, baik itu aplikasi web service atau aplikasi php biasa, biasanya istilah ini digunakan untuk memasukkan data ke tabel penyimpanan tersebut. Begitupun dengan beberapa framework, menggunakan konsep istilah ini untuk mengembangkan library pada frameworknya. Alasanya adalah agar kegiatan memasukkan data menjadi lebih mudah.

Tutorial Create Web service

# R (READ)

Read merupakan sebuah perintah untuk membaca data dari sebuah database dan menampilkannya ke halaman web. Untuk perintah ini pada database mysql di kenal dengan istilah query. Query ini yang membantu program php untuk menampilkan dan membaca data yang ada. Pada aplikasi client server seperti ini, data yang dibaca client adalah data yang berada pada server utama. Server utama merupakan penyedia data dan yang langsung berinteraksi dengan tabel database penyimpan data.

Tutorial Read web service

# U (UPDATE)

Update merupakan sebuah perintah yang dilakukan untuk mengubah dan memperbaharui data pada sebuah penyimpanan data. Untuk update terkait dengan read. Jadi dengan read tersebut kamu akan mengetahui data yang mana yang akan di perbaharui dan akan dirubah isi datanya. Masalah yang biasanya terjadi adalah kesalahan pada read akan menyebabkan update data gagal dilakukan.

Tutorial update web service

# D (DELETE)

Merupakan sebuah intruksi untuk menghapus data. Untuk penghapusan data bisa dilakukan beberapa data dan semua data. Penghapusan data tersebut memerlukan kondisi sebagai penentu untuk melakukan penghapusan data. Untuk query kondisinya biasa dilakukan sql dan di kombinasi dengan php.

Tutorial delete web service

Demikian panduan membuat crud pada aplikasi web service yang saya rangkum menjadi satu agar mudah di pelajari. Untuk pertanyaan dan juga diskusi dapat memberikan komentar pada artikel ini. Terimakasih semoga bermanfaat.

Postingan berikutnya

  1. cara meletakkan php soap dalam website
  2. cara membuat soap pada sistem cat
  3. cara membuat web services crud
  4. cara simpel buat crud web service

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *