Aplikasi Pengajuan Kartu Anggota Berbasis Web

By , October 1, 2018,

Kartu anggota sering di kenal dengan beberapa istilah diantaranya yaitu kartu member dan id Card. Di zaman yang semakin canggih ini, perangkat mobile memberi peran bagi kemudahan dan kecepatan segala aktifitas manusia.

Fungsi kartu anggota adalah menjadi identitas dari anggota yang terdaftar pada suatu organisasi, komunitas, dan suatu perkumpulan yang di ikuti olehnya.

Setiap anggota mempunya kesibukan dan aktifitas masing-masing, diantaranya kegiatan keseharian yang menyibukkan sehingga tidak dapat secara langsung mendaftarkan diri sebagai anggota. Maka dari itu dengan adanya perancangan aplikasi ini, memudahkan pendaftaran anggota. Kemudahan ini dapat kita lihat misalnya dalam hal waktu, kita dapat mendaftarkan kapan saja dan dimana saja.

Selain kemudahan waktu, pendaftaran juga dapat dilakukan dengan bukan hanya menggunakan perangkat laptop atau computer yang terhubung dengan jaringan internet. Tetapi juga dengan perangkat gadget yang kita punyai missal handhpone, smarthpone dan juga ipad atau tablet.

Dalam kasus ini implementasi kartu tanda pengenal untuk pedagang yang berjualan di pasar.

Nah untuk aplikasi pendaftaran anggota kita rancang seperti di bawah ini:

Untuk tampilannya di bagi menjadi 2 yaitu tampilan untuk pendaftar (frontend) dan tampilan untuk admin (beckend).

Aplikasi Pengajuan Kartu Anggota

#Frontend (halaman pendaftar)

Pada kasus pendaftaran kartu anggota ini, calon anggota yang mengisi data seperti yang disediakan pada form yang ada di antaranya mengisi nama, telp, alamat, pas foto dan juga foto ktp sebagai verivikasi data nantinya.

1.Form pendaftaran

Form Pendaftaran kartu Anggota

Form Pendaftaran kartu Anggota

#Beckend (halaman admin)

Merupakan halaman untuk mengelola mendaftar serta user pengguna akun dari aplikasi pendaftaran kartu anggota. Untuk fiturnya meliputi:

1.Login

Login aplikasi pengajuan kartu anggota

Login aplikasi pengajuan kartu anggota

Ini adalah form berisi username dan password yang berfungsi untuk mengautentikasi user sebelum masuk kedalam aplikasi pengajuan kartu anggota. Pengguna di haruskan menginputkan username dan password yang benar, yang sesuai dengan user yang terdaftar pada aplikasi.

Jika username dan password benar maka user dapat masuk kedalam aplikasi, namun jika data yang di masukkan salah maka akan muncul pesan username atau password salah dan harus mencoba lagi.

2.Dashboard

Dashboard aplikasi pendaftaran kartu anggota

Dashboard aplikasi pendaftaran kartu anggota

Dashboard kita kenal dengan halaman beranda, Pada tamilan ini kita tampilkan cara menggunakan aplikasi. Untuk pengembangan yang lebih menarik bisa kita tampilkan data pedagang secara singkat, pengajuan terbaru atau cetak laporan.

3.User

User aplikasi pengajuan kartu anggota

user aplikasi pengajuan kartu anggota

Menu user merupakan menu yang digunakan untuk mengelola user atau admin aplikasi pengajuan kartu anggota pedagang. Untuk aplikasi ini bisa di gunakan lebih dari 1 user atau banyak user.

Pilihan menu yang ada diantarany adalah tambah, memungkinkan untuk menambah user.

Edit, berfungsi untuk melakukan edit data

Hapus, berfungsi untuk melakukan penghapusan data user

4.Pengajuan

Pengajuan aplikasi pengajuan kartu anggota

Pengajuan aplikasi pengajuan kartu anggota

Menu yang digunakan untuk melihat data pengajuan kartu anggota. Pada menu ini admin dapat juga melakukan penambahan atau pengajuan kartu anggota melalui halaman admin. Selain menambah admin juga dapat mengedit, dan menghapusnya.

Selain itu, admin juga dapat melihat status dari pengajuan. Untuk status pengajuan di bedakan menjadi dua yaitu proses dan selesai. Proses merupakan status dalam keadaan di proses yang di tandai dengan warna hijau. Sedangkan status selesai merupakan status sudah di proses di tandai dengan warna merah. Untuk proses selesai merupakan data yang sudah masuk kedalam menu pedagang.

5.Pedagang

Pedagang aplikasi pengajuan kartu anggota

Pedagang aplikasi pengajuan kartu anggota

Menu ini berfungsi untuk melihat data pedagang yang kartu anggotanya di setujui. Disinilah kita mengetahui pedagang yang terdaftar pada sistem.

6.laporan

Laporan aplikasi pengajuan kartu anggota

Laporan aplikasi pengajuan kartu anggota

Hasil laporan

Hasil Laporan aplikasi pengajuan kartu anggota

Hasil Laporan aplikasi pengajuan kartu anggota

Laporan merupakan menu untuk mencetak atau merekap laporan. Laporan di bagi menjadi 2 yaitu laporan pengajuan serta laporan pedagang atau pengajuan yang sudah di setujui atau di approve.