Aplikasi Penjadwalan Laboratorium dengan Metode SJF

By , November 9, 2021,

Aplikasi SPK Penjadwalan Laboratorium dengan Metode SJF. SJF atau dikenal dengan metode Shortest Job First adalah metode yang masuk dalam konsep antrian, metode atau algoritma ini masuk kedalam strategi nonpreemptive Beberapa metode dengan konsep penjadawalan seperti metodde ini di antaranya:

  1. First In First Out (First Come First Serve)
  2. Shortest Job First (SJF)
  3. Highest Ratio Next
  4. Multiple Feedback Queue

Sedangkan algoritma yang menerapkan strategi preemptive di antaranya yaitu:

  1. Round Robin
  2. Shortest Remaining First
  3. Priority Schedulling
  4. Guaranted Schedulling

Nah, untuk kali ini yang akan kita bahas adalah aplikasi php berbasis web dengan menggunakan database mysql SJF nonpremeemtive (studi kasus pada pemakaian ruang labor pada sebuah universitas).

 

Aplikasi Penjadwalan Lab SJF

Untuk user yang terlibat didalam aplikasi ini terdapat 2 level, yaitu administrator dan admin bagian atau admin fakultas.

Administrator

1.Login

login Aplikasi Penjadwalan SJF

login Aplikasi Penjadwalan SJF

Sebelum dapat mengakses aplikasi, Administrator harus login menggunakan username dan password yang terdaftar dalam database aplikasi.

2.Dashboard

Dashboard aplikasi penjadwalan SJF

Dashboard aplikasi penjadwalan SJF

Setelah Kamu berhasil login, kamu akan diarahkan kehalaman utama / dashboard aplikasi. Pada tampilan ini kamu dapat melihat jadwal yang sudah di setejui dan juga jadwal yang masih di booking untuk di pinjam.

Data yang di tampilkan mulai dari tanggal, ruangan, maksud peminjaman, peminjam, dan file pendukung, kapasistass, tata ruangan dan lainya.

3.User

User aplikasi penjadwalan metode SJF

User aplikasi penjadwalan metode SJF

Pada menu ini admin dapat melihat user yang terdapat pda aplikasi. Untuk user terbagi menjadi dua yaitu administrator dan admin bagian. Administrator adalah admin utama pengelola sistem. Admin bagian adalah admin yang terdapat pada setiap fakultas.

4.Bagian

Menu bagian aplikasi penjadwalan laboratorium metode sjf

Menu bagian aplikasi penjadwalan laboratorium metode sjf

Pada menu ini administrator dapat menambahkan bagian atau fakultas pada kasus ini. Untuk ketiga menu ini masuk kedalam daftar menu data master atau data yang akan di gunakan pada proses manajemen.

5.Booking

Booking aplikasi penjadwalan metode sjf

Booking aplikasi penjadwalan metode sjf

Pada menu ini administrator dapat menambahkan booking peminjaman ruangan lab. Menu ini juga akan muncul pada tampilan admin bagian untuk booking ruangan. Bedanya adalah pada status, jika pada administator terdapat akses untuk merubah status booking, yaitu setujui dan tolak.

Selain itu admin juga dapat melihat detail booking yang di lakukan, yaitu dengan mengklik link berwarna biru pada tampilan pada tabel yang tertera. Sehingga akan menampilkan seperti berikut:

Detail booking aplikasi penjadwalan metode sjf

Detail booking aplikasi penjadwalan metode sjf

Disini admin dapat melihat detail booking secara terperinci, mulai dari bagian peminjam, ruangan hingga detail perlengkapannya.

6.Riwayat

Riwayat aplikasi penjadwalan laboratorium metode sjf

Riwayat aplikasi penjadwalan laboratorium metode sjf

Pada menu ini administrator dapat melihat riwayat atau histori peminjaman laboratorium. Perbedaan dengan menu booking adalah pada menu ini booking yang sudah selesai dilakukan.

7.Saran

saran aplikasi penjadwalan laboratorium metode sjf

saran aplikasi penjadwalan laboratorium metode sjf

Pada menu ini admin dapat melihat saran yang di kirimkan oleh admin bagian.  Ini berguna untuk perbaikan di waktu yang akan datang

8.SJF

Sjf aplikasi penjadwalan metode sjf

Sjf aplikasi penjadwalan metode sjf

Pada menu ini administrator dapat melihat hasil dari metode SJF.

 

Admin Bagian

Pada admin ini menu hampir sama dengan yang ada pada tampilan administrator. Perbedaanya adalah jika pada admin bagian/fakultas menu yang ada  yaitu:

  1. Profil
  2. Booking
  3. Riwayat
  4. Saran
  5. SJF

 

Demikian semoga info ini bermanfaat. Terkait pengembangan aplikasi dan pembelian dapat menghubungi kontak kami dengan mudah.

 

Referensi:

  1. Parinduri, Ikhsan. Nurhabibah Hutagalung, siti. Teknik Penjadwalan Prosesor FIFO, SJF Non Preempetive, Round Robin. Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS). Hal:864-871. September 2019

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *