Aplikasi SPK dengan Metode ANP Berbasis Web

ANP atau kita kenal dengan metode analityc hiearchy process adalah sebuah metode penyelesaian kasus dengan konsep MADM atau multi atribut decissions making.

Salah satu metode penyelesaian untuk pengambilan keputusan dengan mengunakan atribut atau variabel kriteria sebagai simpul jaringan yang saling terkait dan dibandingkan.

Secara umum metode ANP hampir sama dengan metode AHP. Perbedaan metode ANP dan AHP adalah jika pada metode AHP hanya sampai titik konsistensi rasion (CR).

Namun jika metode ANP berlanjut ke proses berikutnya yaitu penyelesaian matrik unweighted matrik, kemudian weighted matrik dan terakhir adalah limited matrik.

Untuk tingkat kerumitan, yang perlu teman-teman ketahui bahwa metode ANP tergolong lebih rumit di bandingkan dengan metode AHP. Namun kerumitannya masih di bawah metode dengan konsep atrificial intelegent (AI).

Baiklah berikut aplikasi dengan metode ANP yang telah kami kembangkan pada kasus pengambilan keputusan tingkat keberlanjutan perusahaan berdasarkan kriteria yang Ada.

Aplikasi SPK dengan Metode ANP

Login

Login aplikasi ANP

Login aplikasi ANP

Login aplikasi anp ini menggunakan autentikasi user. User yang masuk kedalam aplikasi akan di catat sessionnya ketika login. Haya dua form saja yang di sediakan yaitu usernam dan password.

Username dan password adalah akun yang terdapat dalam aplikasi. Secara default akunya saya buat username admin dan password admin. Untuk kebutuhan keamanan akun bisa di ganti di halaman admin.

Dashboard

Dashboard aplikasi anp

Dashboard aplikasi anp

Dashboard merupakan halaman depan aplikasi setelah user login kedalam aplikasi. Pada bagian ini aplikasi menampilkan panduan penggunaan aplikasi secara simpel, sederhana dan mudah di pahami.

User aplikasi ANP

User aplikasi ANP

User aplikasi ANP

Menu user merupakan data user yang dapat menggunakan aplikasi. Untuk user admin bisa dan boleh lebih dari satu. Karena ini aplkasi hanya di gunakan untuk penilai maka level user hanya ada satu yaitu admin saja.

Untuk pengembangan lebih lanjut, seandainya user terdapat lebih dari 1 level maka akun juga harus menggunakan level user.

Kriteria aplikasi ANP

Kriteria aplikasi ANP

Kriteria aplikasi ANP

Pada pengolahan data dan perhitungan metode ANP, perhitungan dilakukan dengan menggunakan variabel yang bersifat kualitatif biasanya, bisa juga kuantitatif.

Variabel atau kriteria pada metode ANP pada umunya adalah multikriteria atau terdapat subkriteria pada kriteria yang ada.

Pada bagian menu ini pengguna dapat menambah kriteria dan juga menambahkan subkriteria.

Alternatif aplikasi ANP

Alternatif aplikasi ANP

Alternatif aplikasi ANP

Metode ANP juga memerlukan alternatif pada proses perhitungannya. Kenapa ini dibutuhkan?, karena seperti halnya metode AHP, metode ANP harus mempunyai objek yang akan di nilai.

Pada kasus ini objek penilaian atau alternatif adalah beberapa perusahaan yang menerapkan variabel pada studi kelayakannya.

Untuk objek atau alternatif setiap kasus berbeda-beda. Misalkan saja pada kasus kinerja guru, maka alternatifnya adalah guru-guru yang akan di nilai. Begitupula dengan kasus lainya.

Pengaturan aplikasi ANP

Pengaturan aplikasi ANP

Pengaturan aplikasi ANP

Pengaturan ANP adalah sebuah form yang berisi pengaturan tingkat kepentingan pada perhitungan yang akan dilakukan. Untuk nilai yang di inputkan terdapat pada combox yang dapat di pilih dengan mudah.

Rentan nilai yang tersedia pada combobox adalah angka 1 sampai dengan 9, ini mengacu pada persamaan perbandingan yang telah di teliti oleh saaty.

Penilaian aplikasi ANP

Penilaian aplikasi ANP

Penilaian aplikasi ANP

Penilaian adalah entri nilai dari alternatif bedasarkan riteria yang digunakan. Pada bagian ini data muncul pada masin-masing alternatif dengan nilai yang telah di masukkannya.

Misalkan saja pada kriteria 1 terdapat beberapa subkrieria dan muncul nilai yang telah di entrikan.

Hasil aplikasi ANP

Hasil aplikasi ANP

Hasil aplikasi ANP

Pada bagian hasil ini pengguna dapat melihat hasil penilaian dari semua alternatif berdasarkan kriteria yang ada.

Nilai yang di hasilkan begitu banyak karena ini merupakan perhitungan dengan konsep hirarki dan menggunakan matrik, maka dihasilkan angkah pecahaan hingga beberapa angka di belakang koma.

Perhitungan aplikasi ANP

Perhitungan aplikasi ANP

Perhitungan aplikasi ANP

Perhitungan aplikasi ANP Unweighted

Perhitungan aplikasi ANP Unweighted

Perhitungan aplikasi ANP weighted

Perhitungan aplikasi ANP weighted

Perhitungan aplikasi ANP limited supermatrik

Perhitungan aplikasi ANP limited supermatrik

Perhitungan aplikasi ANP hasil akhir

Perhitungan aplikasi ANP hasil akhir

Ini adalah bagian dimana penggunakan dapat melihat perhitungan yang ada. Pengguna dapat melihat perhitungan manual mulai dari matrik perbandingan, pembobotan vektor serta bobot prioritas kemudian nilai CI (konsistensi indeks) dan nilai CR (konsistensi rasio).

Dan bagian yang paling penting adalah hasil matrik dari ANP yaitu unweighted matrik, weighted matrik dan juga limited matrik. Yang mana limited matrik adalah bagian penyimpulan akhir dari penilaian yang telah dilakukan.

Analisis SPK metode ANP

Konteks diagram

Konteks diagram aplikasi anp

Konteks diagram aplikasi anp

Konteks pada aplikasi ini hanya satu stakeholder yang terkait dengan sistem. Stakeholder ini adalah user pengguna aplikasi dalam hal ini levelnya adalah admin.

Untuk data yang diberikan ke dalam sistem dapat di lihat ke arah panah yang masuk menuju lingkaran.

Sedangkan untuk data yang di hasilkan dari sistem dan di berikan ke pada user data yang mengarah dari lingkaran ke kotak.

DFD

DFD level 1 aplikasi anp

DFD level 1 aplikasi anp

Proses inti pada aplikasi olah data menggunakan metode ANP yaitu penilaian dan hasil. Pada proses penilaian data yang di butuhkan adalah data dari alternati dan juga kriteria yang di tarik dari proses sebelumnya yaitu data master.

Selanjutnya pada proses hasil, data di referensikan dari proses sebelumnya yaitu proses penilaian.

Dfd level 2 aplikasi ANP

Dfd level 2 aplikasi ANP

Untuk dfd level 2 ini adalah pemecahan dari proses inti yaitu proses penilaian pada aplikasi.

ERD

ERD aplikasi anp

ERD aplikasi anp

Untuk mengetahui rangkaian field-field pada rancang bangun aplikasi dengan metode ANP ini kamu dapat melihat pada lingkaran lonjong yang ada pada gambar diatas.

Untuk gambar yang berbentu kotak berupakan tabel dan menjadi entitas pada tabel. Sedangkan gambar jajar genjangna adalah sebuah proses yang meliputi atau terelasi pada setiap entitas pada entitas lainya.

Flowchart

Flowchart aplikasi ANP

Flowchart aplikasi ANP

Secara umum gambaran alur sistem dapat dilihat pada flow di atas, untuk view yang ada hanya pada satu user yaitu admin.

Uraian alur sistem di mulai dari login dan berjalan ke struktur di bawahnya. Dan selanjutnya user mengelola menu-menu yang ada pada sistem yang berurutan seperti pada gambar di atas, dan juga di hasilkan berdasarkan data menunya masing-masing.

 

Untuk pengembangan aplikasi sejenis dengan kasus lain dengan menggunakan metode ini dapat menghubungi kami secara langsung. 082285417494

Postingan berikutnya

  1. aplikasi untuk ahp
  2. membuat program metode spk menggunakan php
  3. metode anp metode kualitatif
  4. sistem aplikasi spk metode anp
  5. source code spk ahp basis php
  6. tutorial metode ahp web

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>