DFD Sistem Informasi Kearsipan

By , November 13, 2017,

Sistem Informasi Kearsipan merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengelola arsip.

Untuk projek sebelum ini yang pernah saya kembangkan adalah aplikasi pencarian arsip serta aplikasi penyimpanan arsip. Untuk aplikasi penyimpanan arsip ini di masukkan ke dalam aplikasi penggabungan dari beberapa konsep digitalisasi penyimpanan dokumen. Dan aplikasi tersebut namanya adalah e-dokumentasi.

Nah untuk sharing analisa dan perancangan kali ini, analisis data flow diagram yang akan di ulas adalah mengenai DFD sistem informasi kearsipan.

Sistem informasi ke arsipan ini berguna untuk manajemen arsip baik dari segi penyimpanan, pencarian, pengelompokkan atau pengklasifikasian dan juga pengelolaan lainya terkait dengan ke arsipan.

Untuk pengelolaan kearsipan ini biasanya di lakukan di perkantoran atau instansi pemerintah, perusahan-perusahaan dan juga bidang usaha yang mempunya keterkaitan dengan penyimpanan dan penggunaan data yang sangat banyak.

DFD level 0 (konteks diagram) sistem informasi kearsipan

DFD level 0 konteks diagram sistem informasi kearsipan

DFD level 0 konteks diagram sistem informasi kearsipan

Melihat pada diagram diatas, analisis ini di kembangkan untuk aplikasi arsip dengan 2 user sebagai pengguna aplikasi. Ke-2 user tersebut beserta fungsi dan tugasnya sebagai berikut:

  1. Administrator, merupakan user yang mempunyai tugas mengelola  seluruh proses aliran data yang ada pada aplikasi kearsipan. Namun untuk lebih utamanya adalah dalam penanganan data master yang ada pada aplikasi arsip.
  2. Admin bidang, merupakan admin bidang dalam kasus lain bisa berupa admin divisi atau lainya. Admin ini mempunya untuk memasukkan data arsip setiap masing-masing bidang atau divisi. Ini lebih memudahkan dan membantu  instansi atau perusahaan seandainya perusahaan mempunyai banyak bidang atau divisi. Sekalipun divisi tersebut berbeda ruangan atau gedung, pengelolaan arsip ini tetap fleksibel dan mudah.

Data-data:

Data data yang ada pada aplikasi sistem arsip ini, sebagai berikut:

  1. Data administrator, merupakan data user login administrator
  2. Data admin bidang, merupakan data user login admin bidang atau divisi
  3. Data bidang, merupakan data bidang yang ada pada instansi atau perusahaan
  4. Data klasifikasi, merupakan data pengelompokkan jenis arsip misalnya berupa arsip video, teks pdf, suara dan file digital lainya
  5. Data arsip, merupakan data arsip yang di simpan ke dalam aplikasi
  6. Data Lokasi, merupakan data lokasi di mana data arsip di simpan guna mempermudah mencari dan menemukan arsip jika suatu saat akan digunakan kembali untuk kebutuhan yang lainya.

DFD level 1 sistem informasi kearsipan

DFD level 1 sistem informasi kearsipan

DFD level 1 sistem informasi kearsipan

Diatas merupakan gambaran penjabaran proses yang ada pada sistem arsip. Untuk kotak sebelah kiri terdapat 2 kotak, kotak tersebut merupakan identifikasi bahwa user  yang menggunakan aplikasi terdapat 2 user.

Untuk lingkaran di tengah-tengah tersebut merupakan  proses yang ada pada sistem atau aplikasi.

Kemudian terdapat kota kota sebelah lingkaran merupakan data yang di hasilkan dari proses pada sistem arsip. Kota tersebut nantinya akan menjadi tabel pada database aplikasi yang akan di rancang.

Untuk proses secara berurutan di mulai dari atas ke bawah pada lingkaran tersebut.

Dan yang terakhir proses inti pada aplikasi ini di tunjukkan pada no 3 yaitu kearsipan. Proses ini merupakan proses pengelolaan arsip dalam aplikasi. Dan output yang akan di hasilkan yaitu pada proses no 4 yang berupa laporan. Demikian

Postingan berikutnya

  1. Contoh dfd sistem informasi kearsipan
  2. contoh diagram kontek dan dfd sistem informasi kearsipan
  3. diagram nol sistem infosmasi kearsipan
  4. diagram rinci aplikasi arsip
  5. kontrks diagram sisitem informasi kearsipan