DFD Sistem Informasi Puskesmas

By , October 10, 2017,

Sistem informasi puskesmas merupakan sebuah aplikasi yang berguna untuk mengelola puskesmas.  Untuk lebih simpelnya bisa kita sebut sebagai aplikasi puskemas.

Dalam membuat analisa dan perancangan sistem informasi puskesma, DFD merupakan alur data yang mempunyai konsep sebagai aktivitas berjalannya aplikas secara sederhana. Dalam kasus ini, aplikasi yang akan di rancang yaitu sistem informasi puskesmas. Untuk puskesmas, yang di maksud bisa berupa puskesmas desa, puskemas kecamatan, puskesmas kabupten dan juga puskesmas provinsi

Untuk membuat DFD (data flow diagram) berikut ini beberapa proses yang ada pada aplikasi sistem informasi manajemen puskesmas secara umum, yang berguna untuk dasar membuat aplikasi:

Pengelolaan Puskesmas

Data pengelolaan berguna sebagai rincian informasi yang diberikan dan diterima oleh user baik dari maupun ke aplikasi, berikut ini pengelolaan dalam aplikasi sistem informasi puskesmas.

  1. Mengelola data dokter
  2. Mengelola data bidan / mantri
  3. Mengelola data perawat
  4. Mengelola data pasien
  5. Mengelola data obat
  6. Mengelola data riwayat penyakit / rekam medis
  7. Mengelola rawat inap / rawat jalan

Stakeholder atau user aplikasi

Sebelum merancang dfd penting sekali untuk mengetahui user atau pengguna aplikasi yang akan di buat. Kegunaan dari user ini adalah untuk menyusus alur proses yang ada pada aplikasi.

Apabila dari awal terjadi kesalahan analisis user dengan kondisi yang sebenarnya, maka kesalahan dalam pembuatan aplikasi mungkin bisa terjadi.

  1. Dokter / bidan / mantri
  2. Perawat
  3. Pasien

DFD Level 0 (konteks diagram ) sistem informasi puskemas

Konteks diagram DFD Sistem Informasi Puskesmas

Konteks diagram DFD Sistem Informasi Puskesmas

Pada konteks diagram diatas dapat di jelaskan bahwa user yang terkait dengan aplikasi yaitu admin, dokter / mantri / bidan, perawat. Untuk pasien, merupakan stakeholder yang terkait dengan sistem, namun tidak berinteraksi langsung dengan sistem, tapi melainkan melaui admin.

Untuk konteks diagram diatas di jabarkan dengan tanda panah yang mengarah ke lingkaran dan juga tanda panah yang keluar dari lingkaran. Ini menunjukkan bahwa tanda panah kedalam si puskesmas merupakan data yang masuk dan di berikan ke sistem informasi puskesmas, sedangkan kebalikanna yaitu data yang di terima oleh pengguna aplikasi.

DFD level 1 Sistem Informasi Puskesmas

DFD level 1 Sistem Informasi Puskesmas

DFD level 1 Sistem Informasi Puskesmas

Untuk proses utama yang ada pada dfd level 1 diatas adalah perawatan. Dari data ini akan muncul atau tercipta laporan perawatan. Pada laporan perawatan tersebut akan di ketahui, dokter yang memeriksa, perawat yang merawat dan juga obat yang diberikan kepada pasien yang berobat ke puskesmas.

Selan laporan perawatan, laporan yang lain yaitu laporan obat, laporan perawat dan juga laporan riwayat penyait yang di derta oleh pasien.

Untuk file dfd diatas berupa file microsoft visio berekstensi .vsd

Untuk yang membutuhkan file format visionya silahkan berkomentar di bawah

Postingan berikutnya

  1. dfd sistem informasi puskesmas
  2. dfd puskesmas
  3. lvl 1 puskesmas konteks diagram
  4. dvd puskesmas level 0 dan level 1
  5. diagram puskesmas konteks
  6. diagram dfd konteks
  7. contoh dfd level 0 puskesmas
  8. Dfd lv 0 kartu pasian puskesmas
  9. dfd aplikasi bidan
  10. contoh soal diagram konteks dan level 0 puskesmas
  11. contoh dfd puskesmas
  12. contoh dfd level 1 rawat jalan pada rsud
  13. sistem informasi puskesmas dfd