DFD Sistem Pakar Berbasis Web

Sistem pakar merupakan aplikasi yang digunakan untuk mendeteksi, mendiagnosa dan memerika suatu gejala permasalahan pada suatu kasus.

Kasus yang dapat di periksa atau di diagnosa menggunakan sistem pakar misalnya:  kesehatan, kerusakan atau permasalahan.

Dalam mengembangkan aplikasi sistem pakar, kita perlu juga menggunakan tahapan analisis. Beberapa tahapan analisis aplikasi berbasis web ini yaitu DFD (data flow diagram, ERD (entity relationship diagram), Flowchart.

Nah untuk sharing kali ini yang akan kita bahas adalah bagaimana aliran data yang terjadi pada sistem pakar.

Data flow diagram merupakan suatu proses untuk mengetahui suatu stakeholder yang terkait pada sistem dan juga data-data yang di oleh pada sistem tersebut. Dengan gambaran DFD pengembang aplikasi dapat sekaligus mengkonsep data-data dan proses menu yang ada pada aplikasi.

 

DFD level 0 (konteks diagram) Sistem Pakar

DFD level 0 konteks diagram sistem pakar

DFD level 0 konteks diagram sistem pakar

Pada gambar konteks diagram level 0 diatas terdapat 2 user yang terlibat pada proses berjalannya aplikasi. Kedua user tersebut yaitu:

  1. Admin, berperan sebagai administrator untuk mengolah data utama berjalannya aplikasi sistem pakar
  2. Member, merupakan user yang melakukan konsultasi menggunakan aplikasi sistem pakar. Pada konsep ini member harus teregisterasi terlebih dahulu  untuk dapat menggunakan aplikasi.

Data-data yang diolah pada aplikasi tersebut yaitu:

  1. Data admin, merupakan data admin yang berberan sebagai administrator aplikasi sistem pakar
  2. Data gejala, merupakan data gejala atau syarat tentang suatu kasus untuk di periksa. Dalam contoh kasus sistem pakar penyakit, berarti ini adalah gejala pada suatu penyakit
  3. Data diagnosis, merupakan data keterhubungan atau relasi antara gejala dengan objek gejala,misalkan saja penyakit.
  4. Data member,merupakan data member yang melakukan konsultasi
  5. Data konsultasi, merupakan data pertanyaan serta pemeriksaan terhadap suatu gejala yang di periksa terhadap keluhan member terhadap gejala yang ada.

 

DFD level 1 Sistem Pakar

DFD level 1 Sistem Pakar

DFD level 1 Sistem Pakar

Untuk data flow level 1 merupakan aliran data secara lebih terperinci. Yang mana pada setiap lingkaran merupakan virtualisasi dari proses yang ada pada aplikasi sistem pakar. Untuk detailnya  yaitu:

Admin

Admin melakukan pengelolaan data master yang ada pada aplikasi, yaitu data gejala, data admin, data diagnosa. Yang selanjutnya aliran data masuk tersebut menjadi sebuah tabel-tabel yang akan ada di database. Hal tersebut di tunjukkan pada data di paling sebelah kanan.

Member

Pada aplikasi ini, member memberikan data member. Data member tersebut berhubungan dengan proses konsultasi, Konsultasi ini berkaitan juga dengan data gejala serta diagnosa. Pada proses inilah kepakaran melakukan proses penghitungan dengan metode-metode yang dapat digunakan pada sistem pakar.

Untuk laporan, yang dapat mencetak laporan adalah admin sistem pakar.

 

Untuk aplikasi tentang sistem pakar apa saja atau ingin mengembangkan sistem pakar sesuai kebutuhan tapi bingung cara buatnya. Sistemphp.com membuka jasa pembuatan aplikasi sistem pakar berbasis web php menggunakan database mysql.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>