Langkah – Langkah: Contoh Perhitungan Metode AHP

Langkah – Langkah: Contoh Perhitungan Metode AHP. Cara perhitungan menghitung dengan menggunakan metode AHP sangat simpel. Panduang perhitungannya yaitu menggunakan persamaan matriks perbandingan berpasangan yang dikembangkan oleh saaty yaitu dengan menggunakan sekala perbandingan 1-9. Dengan skala tersebut, di lakukan perbandingan sehingga membentuk matriks yang berguna untuk mendapatkan nilai kuantitatif dari penilaian relatif pada setiap masalah atau kasus yang akan diselesaikan. Nah pada tutorial dan panduan kali ini Saya akan berikan contoh yang simpel saja supaya mudah di pahami dan dimengerti bagaimana cara menghitung metode ahp pada sebuah contoh kasus. Dan untuk penerapannya bisa diterapkan pada pengembagan aplikasi sistem pakar ataupun juga spk (sistem pendukung keputusan).

Baca juga:

  1. 21 Kelebihan dan 4 kekurangan metode AHP
  2. Penerapan metode AHP pada studi kasus

Artikel contoh perhitungan menggunakan metode ahp ini sengaja Saya buat agar teman-teman yang ingin belajar metode ini bisa memahami dengan mudah karena  contoh simpel yang Saya berikan. Kebanyakan contoh yang ada di internet menggunakan perhitungan pada contoh kasus yang kompleks, kadang sebagian dari teman-teman sulit untuk memahaminya.

Langkah-langkah perhitungan metode AHP

Berikut ini adalah langkah demi langkah yang harus Anda lakukan untuk menghitung penyelesaian dengan menggunakan metode AHP, namun sebelumnya tentukan dahulu tujuan atau goal permasalan kasus ( langkah awal), tentukan Kriteria dan alternatif, selanjutnya perhitungannya di mulai dengan langkah berikut ini:

  1. Membuat matriks perbandingan kriteria dengan nilai yang telah di inputkan
  2. Mencari bobot vektor prioritas, sebelum mencari nilai ini, Anda harus menjumlahkan setiap kolom sel pada kolom matriks di bagi dengan jumlah kolom pada setiap selnya.
  3. Mencari lambda
  4. Mencari Konsitensi Index (CI)
  5. Mencari Konsistensi Rasio (CR), Tingkat konsistensi apabila nilai CR <0.1

Contoh kasus penyelesaian ahp

Misalnya Anda akan membangun sebuah sistem untuk merangking calon kepala desa terbaik pada suatu desa atau kelurahan. Dengan sistem tersebut Anda akan memberikan penilaian terhadap setiap varibel yang digunakan sebagai penilaian. Pada contoh studi kasus ini anggap calon kades yang akan Anda nilai ada 3 calon saja dan kriteria atau variabel penilaian 4 kriteria. Jangan banyak-banyak agar mudah memahami contoh perhitungan metode ahp secara manual ini. Nah yang harus Anda perhatikan adalah seperti langkah-langkah yang sudah dijelaskan diatas.

Penilaian diatas tidak  berdasarkan ketetapan nilai yang sudah ditentukan sebagai batas minimal nilai. Kadang ada juga penentuan minimal nilai yang sudah ditentukan oleh penilai. Untuk masalah ini berbeda teknik namun dasarnya sama.

Anggap saja kriteria yang akan digunakan untuk menilai sebabagi berikut:

  1. Tanggung Jawab
  2. Jujur
  3. Disiplin
  4. Kerja keras

Dan untuk calon kadesnya sebagai berikut:

  1. Paijo
  2. Paiman
  3. Paino

(Maaf nama diatas adalah nama ilustrasi. Mohon maaf jika ada kesamaan nama dan gelar, semua hanyalah kebeteluan saja :-D)

Selanjutnya penyusunan hierarki dengan berdasarkan kriteria dan alternatif diatas sebagai berikut:

perhitungan metode ahp

perhitungan metode ahp

Selanjutnya Anda juga harus mengetahui beberapa rumus yang digunakan pada perhitungan metode ahp. Rumus-rumus ini bisa di konversi ke bahasa pemrograman PHP sehinnga menjadi script dan source code metode ahp sehinggap dapat digunakan untuk merancang sebuah sistem, bisa sistem pakar atau sistem pendukung keputusan menggunakan metode ahp pada prosesnya.

Rumus metode ahp:

Rumus Metode AHP

Rumus Metode AHP

Selanjutnya Anda asumsikan nilai yang diberikan pada setiap calon kades pada masing-masing kriteria sebagai berikut:

1.Paijo

Kriteria Nilai
Tanggung Jawab 7
Jujur 7
Disiplin 8
Kerja Keras 7

2.Paiman

Kriteria Nilai
Tanggung Jawab 7
Jujur 7
Disiplin 7
Kerja Keras 7

3. Paino

Kriteria Nilai
Tanggung Jawab 7
Jujur 7
Disiplin 8
Kerja Keras 8

grgt

Postingan berikutnya

  1. Metode Ahp
  2. contoh soal ahp dan penyelesaiannya
  3. rumus ahp
  4. contoh metode ahp
  5. perhitungan ahp
  6. contoh perhitungan ahp
  7. contoh perhitungan metode ahp
  8. contoh kasus metode ahp
  9. cara menghitung ahp
  10. rumus metode ahp
  11. contoh kasus ahp
  12. contoh ahp
  13. cara menghitung matriks perbandingan berpasangan
  14. perhitungan metode ahp
  15. metode ahp adalah
Hubungi Whatsapp

31 Comments

  1. Contoh Soal Metode AHP · March 20, 2015 Reply

    […] Langkah – Langkah: Contoh Perhitungan Metode AHP […]

  2. Cara Membuat Matriks Perbandingan Berpasangan AHP · March 26, 2015 Reply

    […] membagikan panduan untuk membuat matriks berordo 3 saja. Kalau untuk ordo Anda tidak perlu bingung langkah-langkahnya cukup mudah. Ordo jika pada matriks ahp adalah jumlah kriteria yang Anda gunakan. Misalnya saja […]

  3. anto · May 26, 2016 Reply

    mas mau tanya??
    dalam perhitungan AHP. jika ada data yang nilainya nol misal dalam penentuan komodity unggulah pertanian disitu ada jumlah populasi tanaman yg nilainya nol. itu bgmn ya mas??

    • admin · May 27, 2016 Reply

      Seharusnya tidak di perbolehkan mbak untuk variabel bernilai 0 jika kita mengikuti konsep perbandingan saaty. Nilai terendah pada perbandingan saaty yaitu 1, dengan rentan nilai 1-9. Nilai 1-9 adalah konsep perbandingan saja. Jadi untuk variabel dengan nilai 0 lebih baik di acukan ke nilai terendah pada saaty yaitu 1.

  4. sri hartatik · May 29, 2016 Reply

    disini jual buku tentang ahp lengkap dari teori sampai contoh perhitungannya gk,,? info ya gan kalau menyediakan bukunya

  5. Tari · May 31, 2016 Reply

    mas maaf saya sedang mau membuat aplikasi berbentuk web menggunakan perhitungan AHP, mau banyak bertanya ni mas. mungkin saya bisa minta emailnya mas..?
    terimakasih sebelumnya.

  6. ludfi · May 31, 2016 Reply

    mas mau tanya apakah bisa metode ahp tidak memakai responden

    • admin · June 6, 2016 Reply

      Bisa mas, jika nilai yang akan kita proses sudah ada. Misalkan saja mas mengambil studi kasus pada sebuah penilaian siswa yang ada pada sebuah sekolah. Nah nilai dari masing-msing variabel sudah di sediakan oleh guru, maka mas tidak perlu melakukan kuesioner terhadap responden untuk menjawab variabel yang mas gunakan.

  7. anto · June 21, 2016 Reply

    mas mau tanya lagi..
    jika kuesioner terhadap responden untuk menentukan tingkat kepentingan kriteria dan alternatif lebih dari satu orang misal 3 atau 4 orang responden itu gimana ya mas ngegabunginnya??
    terima kasih sebelum dan sesudahnya…

    • admin · July 10, 2016 Reply

      Untuk responden bisa lebih dari 1 misal 2, 50,100 responden nah untuk untuk mencari nilai responden tersebut dengan mencari nilai rata2-rata dari setiap jawaban yang di berikan responden.

      • chika · June 7, 2017 Reply

        mas mau tanya kalau misal kita sudah dapat rata-rata dari responden itu baru kita masukkan angka rata-rata tsb ke matriksnya kan ? atau gmana ya mas

        • admin · June 8, 2017 Reply

          @chika:

          Benar mbak, nilai rata-rata tersebut yang kita masukkan ke matrik dan selanjutnya kita bandingkan

  8. zelvia · August 14, 2016 Reply

    mas sy mau tanya kalau kriterianya ada 6 namun calon kadesnya (kalau merujuk pada contoh mas diatas) cuma ada 2, bisa kah dihitung dengan ahp?

    • admin · August 15, 2016 Reply

      Bisa mbak, kalkau untuk alternatif (Calon Kades) bisa lebih dari satu sampai n. Boleh sampai 4,5 dan seterusnya. Kalau diatas hanya contoh untuk perhitunganya saja mbak.

  9. ervinna · September 28, 2016 Reply

    Mas mu nanya apa AHP itu ada softwarenya atau hanya perhitungan manual saja ? Mohon dibalas untuk bahan skripsi

    • admin · September 30, 2016 Reply

      @ervinna, AHP adalah sebuah metode perhitungan yang digunakan untuk menghasilkan suatu nilai berdasarkan kriteria-kriteria yang digunakan untuk perhitungannnya mbak. Dan Perhitungan tersebut dapat di buat menjadi sebuah software atau aplikasi. Baik aplikasi php, aplikasi dekstop dan juga bisa dalam bentuk sederhana misalnya Excel.

  10. shodiq · May 15, 2017 Reply

    bisa belajar AHP mas

  11. Santi · May 22, 2017 Reply

    Bedanya AHP sama AHP hierarchy di requirement prioritization apa ya?

    • admin · May 22, 2017 Reply

      @santi:

      Sepertinya yang mbak, maksud AHP dengan AHP hierarchy sama mbak, AHP adalah penyelesaian masalah dengan menggunakan hierarchy. Sedangkan di requirement priorization adalah konsep penyeleseian masalah dengan kriteria berdasarkan perhitungan dan berbandingan skala prioritas.

  12. wanda · May 30, 2017 Reply

    Mas mau tanya, kalau kita punya 4 narasumber untuk menentukan nilai tingkat kepentingan secara keselurahan, apa boleh kalau ambil rata2 masing nilai kriteria?

    • admin · May 30, 2017 Reply

      Kalau untuk menentukan tingkat kepentingan dari kriteria dapat menggunakan data wawancara terhadap penggunaan kriteria pada tempat studi kasus. Dan ini dapat menjadi bukti valid terhadap dosen jika memang wawancara ini di sertai bukti; misalnya bukti wawancara yang di bubuhi cap basah serta stempel.

  13. wanda · May 30, 2017 Reply

    mas mau tanya lagi..
    jika kuesioner terhadap responden untuk menentukan tingkat kepentingan kriteria dan alternatif lebih dari satu orang misal 3 atau 4 orang responden itu gimana ya mas ngegabunginnya??
    terima kasih sebelum dan sesudahnya…
    ,kalau, ada boleh mintak link, yg menyatakan dicari rata2nya donk mas

    • admin · May 30, 2017 Reply

      @Wanda:

      Untuk menentukan kepastiannya dalam menentukan tingkat kepentingan kriteria dan alternatif. Yang lebih valid di hitung nilai validitas dan realibilitas menggunakan SPSS dan disitu akan di ketahui alpha cronbactch nya sebagai standar. Dan untuk perihal ini banyak penelitian yang membahasanya baik jurnal maupun skripsi. Dengan kata kunci menentukan kuesioner dengan spss.

  14. wanda · May 30, 2017 Reply

    Ada nggk jurnal, yg menggunakan cara menghitung nilai kuesioner menggunakan rata2, kalau ada tolong donk mas nama jurnalnya

Leave a reply