Menggabungkan Metode SAW dengan AHP

By , March 5, 2018,
Menggabungkan Metode SAW dengan AHP

Menggabungkan Metode SAW dengan AHP / gambar:jamf

Menggabungkan metode merupakan suatu langkah untuk mencari tau suatu goal dengan tujuan mengkombinasi, membandingkan dan mencari tau kelebihan serta kelemahan metode pada suatu kasus. Salahsatunya beberapa metode ini yaitu SAW dan AHP merupakan dua metode yang digunakan untuk mengitung proses sistem pendukung keputusan (SPK).

Jika di impelementasikan keduanya dapat berjalan beriringan. Hal tersebut dikarenakan kedua tersebut mempunyai konsep dasar sama yaitu menggunakan kriteria atau subkriteria sebagai metode penghitung variabel yang digunakan.

Letak perbedaanya adalah Metode SAW (Simple Additive Weighting) merupakan metode yang kriterianya menggunakan bobot sebagai dasar acuan pembanding. Sedangkan metode AHP (analytic hirarchy process)  hanya memerlukan variabel kriteria sebagai pengolah variabel.

Menggabungkan Metode SAW dengan AHP

Yang menjadi pertanyaan di benak kita semua, bisakah metode ini digabungkan atau di kombinasikan ?,,

Setelah saya coba ternyata  metode ini bisa di gabungkan, atau di kombinasikan, maksudna dengan goal kita akan mengetahui hasil dari proses kedua metode ini pada suatu studi kasus yang kita terapkan.

Hal-hal yang perlu di perhatikan jika ingin mengabungkan kedua metode ini yaitu:

  1. Kriteria yang digunakan harus sama dan mempunyai nilai bobot untuk kriteria dasar, bobot ini digunakan untuk perhitungan SAW. Pada AHP tidak memerlukan bobot pada perhitungannya
  2. Inputan yang diakukan membutuhkan nilai pada setiap varibel kriteria
  3. Proses dilakukan pemisahan jika ingin membandingkan dari hasil keduanya, namun jika ingin mengaplikasinya hasil akhir dengan kedua metode menjadi satu, proses dilakukan salah satu terlebih dahulu
  4. Kemungkinan hasil akan berbeda bisa terjadi, karena dasar dari SAW adalah pembobotan, Sedangkan AHP dasar nilainya adalah inputan yang diberikan.

 

Untuk pengembangan aplikasinya, biasanya saya menggunakan pemrograman berbasis web, yaitu php dan mysql. Serta dalam implementasi lainya jika dimasukkan dalam framework, saya menggunakan CI (codeigniter), laravel, dan juga YII.

Semoga tutorial dan penjelasan singkat ini dapat membantu menambah informasi bagi kamu yang ingin menggabungkan kedua metode ini menjadi satu.

Kesimpulannya adalah metode ini bisa di kombinasikan, digabungkan dan juga di bandingkan dalam menyelesaikan proses dalam kasus pendukung keputusan.

Postingan berikutnya

  1. Cara gabungin dua metode spk ke dalam satu sistem