Sistem Informasi Manajemen Ruang Kelas

By , March 9, 2018,

Sistem Informasi manajemen ruang kelas adalah sebuah aplikasi yang digunaan untuk mengelola dan mengatur penggunaan ruang kelas. Adanya ruang kelas yang banyak membuat pengelolaan kelas perlu dilakukan. Terlebih lagi jik kelas-kelas yang digunakan bermodel peminjaman atau tidak tetap pengguaannya.

Untuk mengelola dan mengatur ruang kelas yang banyak tersebut perlu adanya sebuah sistem, sistem yang di rancang mampu mengatu penggunaan kelas secara otomatis. Seorang admin hanya perlu mengentri data saja yang perlukan berkaitan dengan kelas-kelas yang akan digunakan.

Bagian penting dari sebuah sistem informasi manajemen ruang kelas adalah adanya output yang dihasilkan berupa laporan dari penggunaan kelas tersebut. Dengan demikian pengelola tidak perlu bersusah payah merekap data penggunaanya yang sangat banyak.

Ruang kelas yang biasa memakai sistem informasi ini misalnya ruang kelas sekolah, ruang kelas kampus, ruang kelas laboatorium, ruang kelas kursus dan kelas lainya.

Aplikasi sistem informasi ruang kelas

Login sistem informasi ruang kelas

Login sistem informasi ruang kelas

 

Ini adalah halaman awal sebelum pengguna atau pengelola dapat menggunakan sistem. Sistem di kunci menggunakan username dan password yang terdaftar pada akun masing-masing pengelola. Dengan akun tersebutlah pengelola dapat menggunakan fitur-fitur yang ada pada aplikasi.

Dashboard sistem informasi ruang kelas

Dashboard sistem informasi ruang kelas

Dashboard sistem informasi ruang kelas

dashboard adalah halaman depan dari aplikasi setelah pengelola masuk atau login kedalam sistem. Untuk Tampilan ini pengguna di berikan informasi mengenai penggunaan aplikasi.  Untuk pengembangan lebih lanjut dapat juga pada tampilan depan ini diberikan data grafik, data statiskin sebagai informasi singkat untuk pengelola.

Menu pengelola

Fitur menu yang berfungsi untuk mengelola akun pengelola aplikasi. Untuk akun pengelola dapat ditambahkan secara otomatis, di edit, dan juga di hapus. Untuk pengelola dalam aplikasi ini dapat kita masukkan sebagai user dengan level administrator. Sehingga user tersebut dapat mengelola seluruh konten menu aplikasi yang ada pada sistem.

Menu Kelas

Menu kelas digunakan untuk mendata seluruh ruang kelas yang akan digunakan untuk peminjaman atau pemaakaian. Data ruang kelas ini meliputi data informasi mengenai kelas misalnya penangngung jawab, isi dalam ruangan kelas meliputi kursi, alat-alat dan barang lainya, beserta jumlah yang ada. Dengan demikian inventaris peralatan dan barang juga terkelola dengan baik dalam aplikasi pada setiap kelasnya. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan, misalnya kehilangan dan kerusakan.

Menu pemakaian

Menu pemakaian adalah menu utama yang berfungsi untuk mengatur pemakaian atau penggunaan kelas. Pada menu ini, admin atau pengelola menambahkan data pemakaian kelas beserta informasi pemakai kelas. Data ini nantinya akan berkaitan dengan output akhir laporan pemakaian kelas.

Menu  laporan

Menu laporan merupakan menu yang digunakan untuk mencetak laporan. Laporan berupa pdf dapat langsung di print dan juga bisa juga di download untuk disimpan. Laporan yang di cetak dapat ditentukan secara otomatis tergantung dari kemauan pengelola misalkan saja pertanggal tertentu hingga tanggal berikutnya. Dengan demikian laporan dapat dengan mudah di buat tanpa perlu merepotkan pengelola lagi.

 

Hal-hal yang terkait dengan aplikasi sistem atau program manajemen ruang kelas ini misalnya dalam analisis menggunakan DFD, rancangan database menggunakan ERD, alur proses menggunakan flowchart dan juga konteks diagram. Untuk pengembangan aplikasi berbasis php mysql serta beberapa framework yang di dukung yaitu yii, laravel, ci (codeigniter).

Analisa dan Perancanan sistem informasi manajemen ruang kelas

DFD (data flow diagram)

1. DFD level 0 / konteks diagram

DFD level 0 atau DFD (data flow diagram) sistem informasi manajemen ruang kelas

DFD level 0 atau DFD (data flow diagram) sistem informasi manajemen ruang kelas

2. DFD level 1

ERD (entity relationship diagram)

ERD (entity relationship diagram) sistem informasi manajemen ruang kelas

ERD (entity relationship diagram) sistem informasi manajemen ruang kelas

Struktur database

Database aplikasi ini menggunakan database mysql dengan susunan tabel yang ada pada database terdapat 3 tabel. Tabel-tabel databasenya beserta detail field dan juga panjang datanya sebagai berikut:

Nama database: si_kelas (bisa pakai nama yang lain)

Tabel 1: User

  1. idUser (int,11)
  2. username (varchar,30)
  3. password (varchar,30)
  4. nama (varchar,50)
  5. telp (varchar,13)
  6. alamat (text)

Tabel 2: kelas

  1. idKelas (int,11)
  2. kelas (varchar,20)
  3. ketKelas (text)

Tabel 3: pemakaian

  1. idPakai (int,11)
  2. tglPakai (date)
  3. pemakai (text)
  4. ketPakai (text)

 

Demikian analisis aplikasi dan juga apliksi sistem informasi manajemen ruang kelas, untuk mendapatkan aplikasi dan detail analisisnya dapat menghubungi sistemphp.com