Input Data Metode Fuzzy Mamdani

By , December 3, 2015,
Proses input output fuzzy mamdani

Proses input output fuzzy mamdani

Input Data Metode Fuzzy Mamdani. Data yang digunakan pada perhitungan metode fuzzy mamdani adalah nilai rentang yang berupa derajat kenggotaan fuzzy. Nilai tersebut memberi basis pengetahuan terhadap sistem bahwa nilai data tersebut berupa variabel linguistik. Nah untuk kali ini saya akan memberi informasi kepada teman-teman semua bagaimana input niai fuzzy mamdani yang sebenarnya sehingga menjadi keluaran atau ouput yang berupa keputusan atau nilai akhir.

Variabel input pada fuzzy mamdani tergantung studi kasus yang akan diselesaikan. Misalkan saya kita akan menyelesaikan suatu aplikasi atau program untuk memilih  kepala sekolah. Nah yang harus kita pahami adalah inputan nila serta varabel inguistik dari masing-masing variabel tersebut. Variabel linguistik yang berupa kurva segita Andalah yang menentukan atau pengembang aplikasi yang menentukan. Cara menentukan variabel linguistik caranya adalah dengan menggunakan data valid atau referensi-referensi yang pernah Ada.

Data Metode Fuzzy Mamdani

Kembali ke contoh studi kasus yang akan kita jabarkan, pada sebuah aplikasi atau sistem pemilihan sekolah terdapat kriteria penilaian atau variabel   penilai. Nah untuk kasus ini kita misalkan saja sebagai berikut;

1. Kedisiplinan

Untuk variabel pertama ini kita definisikan sebagai kurva segita dengan nilai:

Baik : 8-10

Sedang : 6-8

buruk: 1-6

2. Keahlian

Baik : 9-12

Sedang : 8-9

buruk: 1-8

Nah dari kedua contoh diatas, maksud dari nilai baik, sedang,serta buruk adalah variabel kurva segita yang di tentukan oleh pengembang sistem atau aplikasi. Pada tahap tersebut kita belum masuk kedalam varibel inputan. Dengan kata lain kedua variabel tersebut adalah variabel yang akan membantu mengolah nilai menggunakan fuzzy mamdani berdasarkan inputan yang akan dimasukkan melalui sistem atau program pemilihan kepala sekolah

Oke Sekarang kita masuk ke inputan nilai fuzzy mamdani yang dimaksud. Jadi untuk mplementasi kedalam sistemnya dapat berupa inputan yang nilainya berdasarkan variabel kurva segitiga diatas. Kita misalkan inputan kedisiplinan dapat berupa inputan combobx yang rentang nilainya antara 1-10. Sedangkan untuk inputan yang kedua dapat juga berupa combobox namun rentan nilainya berbeda menyesuaikan dengan ketentuan variabel linguistik kurva segita yang telah ditentukan. Dan pada variabel tersebut rentan nilainya yaitu 1-12. Nah untuk penentuan tersebut setiap program atau sistem dapat berbeda masing-masing variabelnya.

Kita berbicara studi kasus yang pernah kami kerjakan juga, yaitu pengembangan aplikasi deteksi defisiensi atau kekuarangan vitamin D. Untuk tampilan inputannya sebagai berikut:

contoh input pada sistem fuzzy mamdani

Input data nilai metode fuzzy mamdani

Input data nilai metode fuzzy mamdani

Pada contoh diatas terdapat banyak variabel yang digunakan untuk penilaian. Dan salah satu yang saya contohkan variabel no 1 yang mempunyai rentan nilai antara 1 sampai dengan 10 dengan jarak nilai 0.5. Lalu bagaimana pembentukan kurva segitannya. Untuk kurva segitigannya dapat dilihat salah satu contoh data berikut:

Kurva segitiga fuzzy mamdani

Kurva segitiga fuzzy mamdani

Dari variabe input pada sistem selanjutnya di proses menggunakan rumus perhitungan fuzzy mamdani. Sehingga mengeluarkan nilai output akhir dari sistem. Demikian sharing input nilai fuzzy mamdani. Semoga bermanaat untuk penjelasannya.

Postingan berikutnya

  1. contoh aplikasi tentang metode fuzzy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *