Penjelasan Metode Fuzzy Mamdani

By , December 3, 2015,
Penjelasan metode fuzzy mamdani

Penjelasan metode fuzzy mamdani

Metode fuzzy mamdani banyak digunaka untuk penelitian tentang sistem cerdas. Sistem cerdas tersebut dapat berupa sistem pakar atau juga sistem pendukung keputusan (SPK). Keunikan dari metode ini adalah Penilaian dilaukan dengan menggunakan derazaat keanggotaan. Derajat keanggotaan tersebut melipui nilai tentang suatu variabel berdasarkan tingkat linguistiknya. Variabel linguistik pada fuzzy yaitu nilai yang bersifat relativitas, misalnya tinggi, sedang dan pendek. Nah tingkatan nilai tersebutlah yang digunakan sebagai penilaian  terhadap segitiga fuzzy.

Metode mamdani adalah metode yang juga sering di kenal dengan metode MAX-MIN atau MAX-PRODUCT. Metode Mamdani dikenal juga sebagai metode min-max, diperkenalkan oleh Ebrahim Mamdani pada tahun 1975. Menurut Djunaidi, Setiawan, dan Andista (2005).

Tahapan dan langkah-langkah metode fuzzy mamdani

1. Pembentukan himpunan fuzzy

Pada metode Mamdani baik variabel input maupun variabel output dibagi menjadi satu atau lebih himpunan fuzzy.  Contoh himpunan fuzzy ini miaslnya untuk nilai baik yaitu antara 7-10, nilai sedang antara nilai 6-8, dan nilai rendah antara 1 -7.

2. Aplikasi fungsi implikasi

Pada metode Mamdani, fungsi implikasi yang digunakan adalah minimum. Jadi dari nilai yang berupa himpunan fuzzy nilai yang digunakan sebagai implikasi adalah nilai MIN atau nilai yang paling terendah.

3. Komposisi aturan

Yang dimaksud komposisi aturan pada metode fuzzy adalah berupa cara-cara yang digunakan untuk menentukan penilaian himpunan fuzzy. Diantara beberapa metode yang dapat digunakan dalam melakukan komposisi aturan, yaitu metode max (maximum), additive, dan probabilistik OR seperti yang di jelaskan pada buku Kusumadewi dan Purnomo, 2010.

4. Penegasan (defuzzification)

Ini adalah langkah atau tahap terakhir pada sebuah fuzzy mamdani. Penegasan atau yang sering di kenal dengan defuzzification adalah proses mengolah suatu himpunan fuzzy yang diperoleh dari komposisi aturan-aturan fuzzy untuk menghasilkan output berupa suatu bilangan pada domain himpunan fuzzy tersebut. Menurut Kusumadewi dan Purnomo penulis dan pengarang buku tentang fuzzy, terdapat beberapa metode  yang dapat digunakan pada defuzzify, metode fuzzyfikasi terebut diantaranya:

a. Metode Centroid (Composite Moment)

Pada metode centroid, titik pusat daerah fuzzy diambil untuk memperoleh solusi crisp.

b. Metode Bisektor Pada metode bisektor, nilai pada domain yang memiliki nilai keanggotaan separo dari jumlah total nilai keanggotaan pada daerah fuzzy diambil untuk memperoleh solusi crisp.

c. Metode Mean of Maximum (MOM) Pada metode mean of maximum, nilai rata-rata domain yang memiliki nilai keanggotaan maksimum diambil untuk memperoleh solusi crisp.

d. Metode Largest of Maximum (LOM) Pada metode largest of maximum, nilai terbesar dari domain yang memiliki nilai keanggotaan maksimum diambil untuk memperoleh solusi crisp.

e. Metode Smallest of Maximum (SOM) Pada metode smallest of maximum nilai terkecil dari domain yang memiliki nilai keanggotaan maksimum diambil untuk memperoleh solusi crisp.

Ke empat cara atau metode tersebut seperti yang dijelaskan pada penelitian dalam  Jurnal Generic, Vol. x, No. x, Bulan 201x, pp. x~x, yang disusun oleh Rifkie Primartha, Nurul Fathiyah.

Penggunaan metode fuzzy pada studi kasus

Beberapa penelitian terkait penggunaan metode fuzzy mamdani pada sebuah penelitian baik skripsi maupun tesis:

  1. Sistem pakar deteksi penyakit
  2. Sistem prediksi harga sawit
  3. Sistem prediksi harga emas
  4. Sistem prediksi harga saham
  5. Sistem penentuan produksi
  6. dan masih banyak lagi yang lainya.

 

Dari beberapa metode defuzzyfikasi diatas yang banyak digunakan adalah metode centroid. Alasan banyaknya penggunaan metode centroid yaitu karena pada metode ini pengambilan posisi terletak pada titik tengah kurva segitiga. Oke demikianlah penjelasan tentang metode fuzzy mamdani.

Untuk beberapa pembahasan mengenai fuzzy mamdani akan kami ulas di postingan berikutnya seperti contoh metode fuzzy mamdani, contoh kasus metode fuzzy mamdani yang baik, perhitungan metode fuzzy mamdani serta soal-soal mengenai fuzzy mamdani.

Postingan berikutnya

  1. contoh soal metode mamdani
  2. contoh soal fuzzy mamdani
  3. definisi fuzzy mamdani
  4. pengertian metode mamdani
  5. apa itu fuzzy mamdani
  6. materi metode fuzzy
  7. contoh soal dan penyelesaian fuzzy mamdani mom
  8. Perhitungan metode mamdani
  9. pengertian metode fuzzy mamdani
  10. ringkasan metode mandani
  11. seputar pertanyaan fuzzy mamdani
  12. pengertian fuzzy mamdani
  13. pengertian metode fuzzy
  14. pengertian metode centroid
  15. pengertian Fuzzy Mamdani menurut ahli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *