Tampilan Hosting

By , May 7, 2015,

Tampilan Hosting. Hosting adalah tempat meletakkan file atau script yang berhubungan dengan sistem atau aplikasi online. Hosting juga di kenal dengan istilah web hosting. Kategori hosting banyak sekali jenisnya. Salah satu contohnya adalah VPS, VPN, DEDICATED SERVER dan CLOUDFLARE. Dari beberapa jenis tersebut kesemuanya di kenal dan dipahami sebagai server. Perbedaannya adalah pada kemampuan dan fungsi penggunaanya saja.

Oke kembali lagi, Sebagaian mungkin belum banyak yang tahu hosting itu seperti apa. Untuk mendapatkan hosting Anda harus menyewa ke registrar yang ada di internet banyak sekali penyedia web hosting. Seperti halnya juga domain, domain dan hosting di sewa dan di bayar perjangka waktu tertentu misalnya saja pertahun, dua tahun dan seterusnya. Bagaimana menghubungkan domain dengan hosting juga ada caranya, nanti saya akan share lebih lengkapnya di tutorial berikutnya.

Tampilan Hosting

Untuk mengakses server atau hosting caranya adalah dengan mengakses melalui FTP atau dengan langsung masuk kedalam contorl panel ip. Kalau saya lebih suka menggunakan lewat ip atau domain.

Caranya yaitu:

Akses pada url: namadomain.com/cpanel atau dengan ipaddresswebanda/cpanel atau domainanda.com:2028 atau ipaddresswebanda:2028

Di hosting banyak aplikasi dan intruksi yang bisa dijalankan Berikut tampilan-tampilan dan penjesalan yang ada di hosting:

Tampilan login hosting

Login hosting

Login hosting

Untuk mengakses server atau hosting langkah awal yang perlu dilakukan adalah login menggunakan username dan password yang Anda miliki. Username dan password di dapat ketika Anda membeli hosting pada penyedia hosting.

Tampilan hosting 1

Berikut ini tampilan ketika sudah masuk hosting, disini ada beberapa gambar karena memang tampilan panjang dan saya potong menjadi beberapa tampilan. Tampilan berikut di mulai dari atas hingga kebawah.

Tampilan hosting server

Tampilan hosting server

Kita lihat mulai dari yang sebelah kiri dan beralih ke sebelah kanannya, sebelah kanan adalah fitur-fitur yang ada di hosting.

1. Notice, adalah catatan atau informasi yang diberikan penyedia tentang info hosting yang terbaru.

2. Find, adalah menu yang berguna untuk mencari aplikasi atau file tertentu yang ada didalam hosting.

3. Frequently accessed Areas, aplikasi hosting yang sering di akses

4. Stats, adalah informasi mengenai detail hosting.

5. Main domain, adalah domain utama yang terdapat pada hosting yang Anda miliki.

6. Home directory, merupakan direktori utama yang ada pada hosting. Jadi jika anda meletakkan script php atau aplikasi web, maka agar dapat diakses harus diletakkan di bawah direktori tersebut atau di root direktori tersebut.

7. Last login form, adalah ip address yang dicatak ketika Anda login. IP address ini juga bisa diblokir jika terjadi sesuatu oleh penyedia hosting.

8. Disk Space Usage, adalah informasi penggunaan hardis yang ada pada hosting. Hosting sama dengan komputer, yaitu menggunakan hardisk sebagai media penyimpanannya namun jika pada hosting hardis yang di maksud di virtualisasikan.

9. Montly Bandwitch Tranfer, merupakan kapasitas akses untuk hosting. Maka kada web yang hosting dengan bandwitch rendah lama di akses dan tidak bisa diakses karena memang jatah bandwitch perbulannya habis. Bandwitch ini juga mempengaruhi harga penyewaan hosting, semakin besar, maka semakin mahal. Untuk mengetahui bagaimana bandwitch bisa habis, contohnya web anda berat loadingnya 100kb dan yang mengakses web anda ada 1000 orang atau visitor perhari maka tinggal dikalikan saja. 100×1000 maka hasilnya 100000kb nah kemudian kalikan lagi 30 maka bandwitch perbulan yang diakses adalah 3000000kb berarti bandwitch perbulan yang dipakai 3gb nah sedangkan limit yang diberikan adalah 2gb maka web anda tidak bisa diaskes jika melebihi batasan tersebut. Dan bandwitch ini di reset setiap bulan, dengan setiap bulan maka bandwitch akses akan kembali dari nol lagi.

10. Email Accounts, di hosting anda juga bisa membuat email dengan domain anda sendiri. Contohnya domain Anda adalah sistemphp.com maka Anda dapat membuat email sesuai dengan domain utama tersebut misal info@sistemphp.com dan sebagainya. Tampilan tersebut menunjukkan jumlah akun email dari batas email yang bisa dibuat, di tampilan tersebut tidak ada batasan email alias tak terhingga.

11. Subdomains, subdomain adalah domain yang terdaftar dibawah domain utama. Subdomain bisa Anda buat sendiri melalui hosting. Contoh subdomain misalnya blog.sistemphp.com nah domain tersebutlah yang di sebut subdomain untuk yang lainya terserah Anda. Di tampilan tersebut belum ada subdomain dari tak terbatas batasan subdomain.

12. Parked domains, parked domain adalah domain yang diparkir di hosting. Misalnya Anda meletakkan domain baru untuk di arahkan ke hosting lain. Maka di hosting dapat dilakukan parkir domain atau misalnya domain utama dapat diakses dengan domain, maka domain kedua dapat di parkir melalu satu hosting atau dengan hosting yang berbeda. Di tampilan t ersebut belum ada parkir domain yang digunakan.

Kemudian masuk ke tampilan di sebelah kanannnya

13. Getting started wizard, terdapat pada grup aplikasi preferences adalah panduan utama tentang cpanel.

14. Video tutorials, merupakan video tutorial menggunakan cpanel hosting.

15. Change password, adalah menu untuk mengganti username dan password cpanel hosting.

16. Update contact information, untuk memperbaharui informasi kontak yang digunakan cpanel hosting.

17. Change style, adalah untuk mengganti theme atau template cpanel hosting yang sedang digunakan.

18. Change language, merupakan fitur untuk mengganti bahasa yang digunakan pada hosting.

19. Shortcut, untuk mengelola dan mengatur icon-icon yang ada di hosting.

20. Email accounts, fitur yang digunakan untuk membuat akun email pada hosting.

21. Webmail, adalah fitur untuk masuk kedalam email yang sudah di buat, dan untuk melihat inbox email, kotak keluar dan menghaspus email yang menggunakan domain.

22. Apache spamassassin, adalah fitur atau aplikasi yang dapat digunakan untuk mengantasisipasi dan mencegah masukkan spam email yang ada pada hosting.

23. Autoresponder, adalah aplikasi yang ada pada hosting yang digunakan untuk mengirim email baik tunggal maupun masal.

24. Default address, adalah alamat dasar yang dikelola pada hosting.

25. Mailing list, adalah fitur yang digunakan untuk mengelompokkan dan mengorganisir email yang terdapat  pada hosting.

26. Account level filtering, adalah fitur yang digunakan untuk membatasi dan membedakan hak akses yang terdapat pada hosting. Pada hosting bisak banyak akun untuk mengaksesnya nah untuk membedakan dan membatasi setiap akun menggunakan fitur hosting ini.

27. User level filtering, berbeda dengan akun yang dibatasi, kalau fitur ini digunakan untuk membatasi user yang mengunakan hosting.

28. Email trace, adalah fitur yang digunakan untuk melakukan pelacakan email.

29. Inport address and forwarder, fitur yang digunakan untuk mengimport addres yang diforward.

30. Email autentication, adalah fitur yang digunakan untuk mengecek dan mengautentikasi sebuah email.

31. Mx entry, fitur yang digunakan untuk menginput data atau entry.

Tampilan cpanel hosting

Tampilan cpanel hosting

32. Backup, adalah menu yang digunakan untuk membackup dataserver.

33. Backup wizard, dalah juga fitur yang digunakan untuk membackup data server.

33. File manager adalah merupakan tempat penyimpanan file aplikasi web, seperti script php javascript, jquery  dan yang lain sehingga dapat diakses secara online.

34. Legacy file manager, fitur yang juga berguna untuk manajemen file yang ada di hosting.

35. Disk space usage, Untuk melihat detail penggunaan space yang ada di server hosting. Disini di tampilkan secara detail digunakan untuk apa saja.

36. Web disk, fitur yang digunkan untuk melihat disk yang ada diserver.

37. FTP account, fitur yang digunakn untuk menghubungankan server dengan aplikasi file tranfer protokol.

38. FTP session control,fitur yang digunakan untuk memanajemen session pad ftp.

39. Latest visitor, fitur yang berguna untuk melihat pengunjung web disini detail ip dan visitor menggunakan jenis browser bisa diketahui

Sekian tampilan Tampilan Hosting semoga bisa bermanfaat buat informasi mengani hosting.

Postingan berikutnya

  1. contoh hosting php
  2. contoh program hosting
  3. contoh program php menggunakan teknik hosting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *