Aplikasi GIS Tempat Wisata

Aplikasi GIS wisata

Aplikasi GIS wisata

Web Gis atau sering kita kenal dengan sistem informasi geografis adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk pemetaaan lokasi wisata yang ada di suatu daerah.

Kali ini sistemphp.com berkesempatan mengembangkan aplikasi ini berbasis web menggunakan bahasa pemrograman php. Untuk visualisasi data pemetaan yang dilakukan menggukan google map api.

Di zaman yang sudah modern ini, akses data sangat penting membutuhkan visualisasi yang menarik. Salah satunya pengembangan aplikasi yang bermanfaat untuk pengelolaan wisata serta UMKM yang ada di sekitarnya menggunakan aplikasi GIS ini.

Data gis tempat wisata

Elemen penting pada sebuah aplikasi GIS diantaranya adalah kelengkapan data. Data yang lengkap akan membuat aplikasi lebih informatif di mata pengguna. Tidak jarang, pengguna mencari informasi di internet atas kebutuhan data yang merereka perlukan.

Beberapa struktur data yang di kelola menggunakan aplikasi ini diantaranya:

  1. Profil atau keterangan tempat wisata, tidak jarang pengguna pengunjung tempat wisata ketika ingin berkunjung ke suatu tempat wisata, mereka belum mengetahui seperti apa tempat wisata tersebut. Hal ini bisa menjadi pertimbangan mereka untuk memastikan apakah mereka akan berkunjung atau tidak.
  2. Data Fasilitas,  pengunjung juga memerlukan informasi yang lengkap terkait fasilitas. Misalkan saja Kamar kecil, mushola dan juga wahana yang ada pada tempat wisata tersebut.
  3. Harga tiket dan cara masuk, pengunjung dari jarak yang jauh akan merasa sangat terbantu dengan ada data ini.
  4. Hotel atau penginapan, ini adalah fitur yang sangat menarik jika disandingkan dengan aplikasi gis wisata. Kadang pengunjung wisata membutuhkan data ini untuk menunjang aktivitas traveling mereka. Dengan demikian mereka tidak perlu risau lagi, jika ingin berkunjung ke tempat wisata terkait penginapan yang mereka butuhkan
  5. Rumah makan, data rumah makan juga berguna sebagai data tambahan pada aplikasi gis wisata ini. Tidak jarang makan adalah kunjungan penting setelah mereka berkunjung ke tempat wisata.
  6. Data teknis, data teknis ini meliputi data angka secara teknis, misalnya saja kapasitas, harga, latitude dan longitude dan sebagainya.

 

Aplikasi GIS tempat wisata

Aplikasi ini dilengkapi dengan pemesanan tiket oleh pengunjung. Sehingga hal ini sangat membantu dan memudahkan pengunjung membeli tiket tanpa takut terkena calo di lokasi wisata.

Selanjutnya pada aplikasi ini user yang terlibat ada 2 level yaitu admin dan juga pengunjung. Untuk detailnya sebagai berikut:

1. Pengunjung

Tampilan GIS pengunjung

Tampilan GIS pengunjung

Pada tampilan ini pengunjung dapat melihat tempat tempat wisata yang ada. Setiap tempat wisata di tandai dengan market pada lokasinya. Seperti yang kita lihat pada contoh di atas yaitu salah satu tempat wisata yang di klik dan menampilkan info keterangan.

Untuk info lebih lanjut dan detail nya kamu dapat mengklik link tempat wiata tersebut.

2. Admin

#Dashboard

Dashboard aplikasi gis wisata

Dashboard aplikasi gis wisata

Ini adalah tampilan awal ketika admin berhasil login masuk kedalam aplikasi manajemen tempat wisata.

 

#Menu user

Menu user aplikasi gis wisata

Menu user aplikasi gis wisata

Menu yang digunakan untuk mengelola data user aplikasi gis wisata

 

#Menu Wisata

Menu tempat wisata

Menu tempat wisata

Menu yang digunakan untuk mengelola data lokasi wisata dan informasi terkait tempat wisata yang ada. Dan jika di klik akan menampilkan detail informasi wisata.

Detail informasi wiata,

Detail informasi tempat wisata

Detail informasi tempat wisata

 

#Menu pemetaan

Menu pemetaan aplikasi gis wisata

Menu pemetaan aplikasi gis wisata

Menu yang berfungsi untuk melihat data wisata berupa peta. Disini adalah gambaran peta dari wisata yang ada pada suatu koordinat pada map yang sudah di tentukan.

 

#Menu pemesanan

Menu pemesanan tempat wisata

Menu pemesanan tempat wisata

Menu yang berfungsi untuk melihat data pemesanan tiket yang dilakukan oleh pengunjung

 

Demikian aplikasi gis wisata yang sudah di kembangkan. Untuk topik aplikasi penggunaan viualisasi berupa peta banyak sekali aplikasi yang menarik yang bisa di kembangkan.  Untuk jasa pengembangan aplikasi gis dapat menghubungi kami langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>