4 Contoh Kasus Metode Fuzzy Mamdani dan Kriterianya

  • Posted on: February 27, 2018
  • By:
4 Contoh Kasus Metode Fuzzy Mamdani dan Kriterianya

4 Contoh Kasus Metode Fuzzy Mamdani dan Kriterianya

Ulasan kali ini akan membahas bagaimana metode fuzzy logic berupa fuzzy mamdani dapat digunakan untuk penyelesaian kasus atau permasalahan dalam kehidupan kita sehari-hari. Fuzzy ini pada implementasi nyata dapat kitam temukan pada beberapa contoh perangkat yanga ada dekat dengan kita.

Perangkat-perangkat atau alat yang menerapkan metode fuzzy misalnya  mesin AC, Mesin cuci, robot serba guna dan perangkat lainya.

Fuzzy logic berperan dalam menterjemahkan bahasa manusia kedalam sebuah nilai yang dapat di hitung berdaarkan nilai derajat keanggotaan.

Berikut ini contoh-contoh kasus atau permasalahan yang dapat diselesaikan dengan metode fuzzy dalam sebuah penlitian skripsi atau tugas akhir.

Contoh Kasus Metode Fuzzy Mamdani

1. Pemilihan Guru Teladan

Guru teladan merupakan aspek penting untuk dilakukan penilaian. Penilaian ini dilakukan agar mutu pengajaran dapat terus ditingkatkan. Dalam kaitannya dengan metode fuzzy mamdani, beberapa kriteria yang digunakan untuk menilai guru teladan misalnya: cara mengajar, kedisiplinan, integritas, kepribadian dan banyak hal lainya.

2. Pemberian beasiswa

Pemberian beasiswa merupakan penentuan keputusan yang  harus dilakukan dengan tepat. Siswa yang berhak seharusnya memang mendapat beasiswa. Permasalaan ini yang  menjadi latar belakang pemilihan beasiswa dapat menggunakan metode fuzzy mamdani, beberapa contoh kriterianya misalnya: penghasilan orang tua, jumlah tanggungan, nilai siswa dan lainya.

3.Pakar Penyakit

Meskipun metode ini berkonsep sistem pendukung keputusan, beberapa waktu lalu saya pernah mengimplementasikan metode ini sebagai metode pada sistem pakar. Dan hasilnya metode fuzzy mamdani ini juga dapat digunakan untuk menghitung pada sebuah aplikasi sistem pakar. Pada kasus yang pernah saya kerjakan, aplikasi sistem pakarnya adalah sistem pakar malaria. Jadi pada sistem tersebut di kelola beberapa jenis penyakit malaria, dan juga masing-masing gejala berdasarkan penyakitnya. Nah konsep penilaiannya adalah pasien melakukan konsultasi berdasarkan kriteria yang ada kemudian berdasarkan kriteria yang masuk maka di lakukan perhitungan menggunakan metode fuzzy mamdani.

Jika pada sistem pakar, pembahasaanya sedikit berbeda bukan kriteria melainkan adalah gejala. Jadi bahasa yang digunakan dalam sistem pakar pengganti kriteria adalah gejala.

4. Penentuan produksi

Dalam kasus ini data yang diolah sangat penting, yaitu berkaitan dengan data produksi. Sistem pada aplikasi dengan studi kasus ini sangat berguna jika di implementasikan pada kenyataanya. Dalam kasus nyata penentuan produksi biasanya terjadai pada industri, pabrik-pabrik baik besar maupun kecil.

Dengan metode fuzzy mamdi, penyelesaian yang dapat dilakukan atau goal yang akan didapat misalnya mencari jumlah produksi dengan data yang sudah disediakan sebelumnya. Dengan kata lainya sebagai pembantu untuk memprediksi produksi di waktu yang akan datang.

 

4 Contoh kasus diatas bisa menjadi acuan atau gambaran untuk kamu menentukan studi kasus. Yang terpenting yang menjadi dasar yaitu data yang akan di olah ada, dah kamu bisa mendapatkannya. Selain data hal yang terkait yaitu variabel kriteria yang digunakan relevan dengan studi kasus kamu. Jika masing bingung atau ragu tentang studi kasus ini kamu bisa kontak saya lebih lanjut untuk berdiskusi tentang fuzzy mamdani ini.

Postingan berikutnya

  1. penyelesaian fuzzy clustering dengan 3 data contoh
  2. contoh aplikasi fuzzy
  3. contoh studi kasus fuzzy mamdani & fuzzy sugeno
  4. studi kasus fuzzy sugeno
Hubungi Whatsapp