Import SQL Ukuran Besar

SISTEMPHP.COM –  Dalam membangun aplikasi berbasis web hal yang paling tidak bisa di hindari adalah penggunaan big data atau data dengan jumlah yang besar.

Pada umumnya data yang begitu besar ini sangat merepotkan kita mana kala kita melakukan migrasi atau perpindahan server dari satu server ke server lainya.

Hal serupa juga saya alami, Saya akan memigrasikan sebuah data aplikasi perpustakaan yang mana data pada aplikasi tersebut sangat banyak yaitu mencapai ratusan ribu data katalog buku yang terelasi dengan data ribuan member atau anggota perpustakaan.

Pada kasus basis data yang besar lainya misalnya data pada rumah sakit seperti rekam medis dan perawatan, data pada kepolisian misal data kejahatan dan kriminalitas, data perbankan, dan data aplikasi yang cakupan kompleksitisasnya besar, membutuhkan resource aplikasi yang mempuni disaat Kamu akan melakukan import atau upload data tersebut ke sebuah server.

Masalahnya adalah saat perangkat yang Kamu miliki hanyalah pas-pasan 😥  . Maka butuh trik untuk menyiasati itu 😀 .

Cara yang Saya pakai adalah menggunakan sebuah aplikasi sql manajer yaitu aplikasi navicat.  Di situs resminya aplikasi ini berbayar, namun sebagai anak IT pasti taukan cari yang full versinya. Sile di search di internet.

Oke Langsung saja, Langkah-langkah upload atau import sql dalam ukuran besar ke dalam server sehingga dapat di akses  di phpmyadmin adalah sebagai berikut:

1.Aktifkan dulu server lokal kamu, Disini server yang Saya gunakan adalah xampp

Mengaktifkan xampp server

Mengaktifkan xampp server

2. Buka aplikasi Navicat, kemudian Pilih menu file dan pilih new connection atau koneksi baru

Mengaktifkan koneksi aplikasi Navicat

Mengaktifkan koneksi aplikasi Navicat

3. Lakukan import dengan mengklik kanan pada database yang akan di isi dengan tabel dalam sql yang di import. Pada tampilan ini terdapat banyak database pada tampilan sebelah kiri, sebagai contoh, database yang akan kita import adalah database dengan nama “a”, kemudian klink kanan dan pilih execute sql file.

Mengeksekusi file sql yang akan di import

Mengeksekusi file sql yang akan di import

4. Proses import berlangsung

Proses import sql ukuran besar

Proses import sql ukuran besar

Demikian tutorial singkat dan sederhana ini.

Semoga dapat membantu teman-teman semua dalam membuat projek aplikasi php. Untuk sharing artikel berikutnya akan Kita bahas mengenai bagaiman mengatasi file sql yang besar dan tidak bisa di edit menggunakan editor notepad biasa maupun notepad++.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>