Javascript – Membuat Print Halaman Web New Tab

By , May 11, 2017,
Javascript - Membuat Print Halaman Web New Tab

Javascript – Membuat Print Halaman Web New Tab

Javascript – Membuat Print Halaman Web New Tab.  Cara bagaimana halaman web (web page) dapat di cetak menggunakan fitur yang ada pada javascript cukuplah mudah. Untuk tutorial kali kamu akan membuat bagaimana sebuah link yang kamu klik akan membuka tab baru atau new tab dan langsung memprint halaman yang terbuka tersebut.

Studi kasus:

Saya menggunakan fitur fungsi javascript ini ketika saya akan mencetak sebuah invoice atau faktur pada sebuah aplikasi penjualan. Pada aplikasi tersebut di tampilkan sebuah data faktur, yang salah satu linknya ada fitur untuk print yang dapat di klik oleh  admin. Data pada tampilan tersebut menggunakan data pada database dan menampilkannya menggunakan php.

Membuat Print Halaman Web New Tab

Untuk membuatnya cukup ikuti langkah singkat ini:

1. Pada tag link atau anchor yang kamu akan buka tab baru dan langsung print silahkan kamu tambahkan tag target=”_blank” tag ini berfungsi untuk membuat atau membua halaman web yang di klik membuka tab baru.
2. Pada halaman web yang di tuju dengan link diatas silahkan tambahkan script javascript berikut:

[php]
<script>
window.onload = window.print;
</script>
[/php]

Penjelasan:

Pada script javascript diatas menginstruksikan bahwa halaman ketika mengalami load atau loading maka akan langsung menjalankan printah print menggunakan javascript. Untuk fitur ini browser yang support misalnya google chrome, mozilla firefox, opera dan safari.

Untuk hasil dari perintah ini dapat di lihat dibawah ini:

Hasil Membuat Print Halaman Web New Tab

Hasil Membuat Print Halaman Web New Tab

Untuk teknik manipulasi lainya misalnya memprint halaman web ketika link di klik, Memprint halaman web melalui url di halaman yang sama dengan ukuran window yang dapat kamu tentukan sendiri dan langsung keluar atau close. Demikian semoga tutorial singkat ini bermanfaat.

Postingan berikutnya

  1. cara membuat perintah print dengan javascript

Leave a Reply