Jquery – Cara Membuat Scroll Langsung Di Bagian Bawah

Jquery merupakan script yang banyak manfaat dan penggunaannya. Salahsatunya berguna untuk membuat aplikasi web dapat menjadi lebih atraktif dan menarik.

Caranya adalah dengan memanfaatkan fungsi-fungsi atau library yang ada pada jquery. Script jquery di kembangkan dari script javascript yang dapat langsung berinteraksi dengan perangkat komputer atau perangkat browser. Salahsatunya adalah scrolling ini.

Studi kasus:

Saya membuat aplikasi chat dan akan membuat otomatis hasil chat menampilan chat yang terbaru. Dengan demikian scroll yang ada harus langsung pada bagian bawah supaya chat yang ditampilan chat yang paling baru. Nah dengna kebutuhan ini, saya menemukan script jquery yang sangat simpel dan bermanfaat yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini.

Cara Membuat Scroll Langsung Di Bagian Bawah

$(“#chat”).scrollTop($(“#chat”)[0].scrollHeight);

Pada script diatas dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. #chat, merupakan id dimana posisi scroll yang akan dibuat (pada contoh ini scroll yang saya buat pada div dengan id chat)
  2. scrollTop, merupaka penarikan otomatis scroll pada id tersebut langsung ke bagian bawah dengan di tunjukkan dengan angka [0]

Oke demikian tutorial singkat ini, semoga dapat bermanfaat. Jika membutuhkan bantuan untuk memanipulasi javascript, jquery dan ajax. berkaitan dengan tutorial scroll ini silahkan beri komentar. Dengan senang hati saya akan memjawab komentar-komentar yang masuk.

Postingan berikutnya

  1. cara membuat scrool otomatis dengan javasvript

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>