Membuat Merge & Center di PHPexcel

Cara simpel membuat merge dan center di phpexcel

Cara simpel membuat merge dan center di phpexcel

Postingan ini adalah catatan buat dari Saya ketika Saya mendapat sebuah projek aplikasi ekspedisi.

Pada aplikasi tersebut program menghasuskan mempunya fitur cetak laporan dari aplikasi secara otomatis mengambil data dari tabel database yang ada. Untul jenis laporan yang di hasilkan ada dua jenis yaitu pdf dan juga berformat excel.

Catatan pentingnya adalah, pada projek ini banyak sekali filter untuk mencetak laporan sehingga jenis laporan sangat detail yang dihasilkan.

Oke,

Lanjut lagi, ke topik. PHPexcel adalah sebuah plugin php yang digunakan untuk membuat laporan berformat excel di aplikasi web php. Nah untuk fitur standarnya plugin scriptnya ini hanya menampilkan struktur tabel biasa.

Pada kenyataannya Saya butuh untuk memformat tabel cell yang ada pada file excel yang ada yaitu membuat header, membuat merge dan center untuk menengahkan hurufnya dan juga memberi warna cell dan juga ukuran atau size hurufnya.

Berikut ini saya catat lengkap, untuk memudahkan Saya sendiri dan teman-teman semua jika menggunakan plugin ini untuk menampilkan data berformat microsoft excel di halaman atau aplikasi web yang sedang dibangun.

Cara membuat merge dan center

$objPHPExcel->setActiveSheetIndex(0)->mergeCells(‘A1:I1‘)->getStyle(‘A1:A1’)->applyFromArray(array(‘font’ => array(‘size’ => 18,’bold’ => true,’color’ => array(‘rgb’ => ‘0000ff‘))));;

$objPHPExcel->setActiveSheetIndex(0)  $objPHPExcel->setActiveSheetIndex(0)             ->setCellValue(‘A1‘, ‘PACKING PENGIRIMAN KARUNIA EXPRESS’)

Untuk penempatan script diatas tempatkan saja dibagian atas susunan dimana kamu akan menampilkan data dari database seperti biasanya.

Sebagai asumsi untuk cell yang di merge cell diatas adalah antara A1 sampai dengan I1 seeperti yang ditunjukkan warna merah diatas, Untuk kasus Kamu silahkan di sesuaikan. Selanjutnya ada size yaitu untuk menambahkan ukuran huruf. Dan terdapat rgb yang berfungsi untuk memberikan warna cell.

Pada contoh diatas warna menggunakan hexadesimal.

Pada script diatas yang di merge dan center adalah cell 1 ke bawah. Bagaimana jika Kamu ingin menambahkan cell keduanya juga untuk di merge & center sebagai header juga. Caranya sama tinggal copykan saja script diatas lalu rubah A1 menjadi A2 dan rubah I1 menjadi I2. Untuk ukuran huruf dan juga warna bisa disamakan atau di bedakan. tergantung keinginan kamu sendiri.

Untuk hasilnya dapat dilihat seperti diatas

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>