Mengambil Satu Kata Kalimat

By , February 5, 2015,

Mengambil satu kata kalimat cukup mudah dan simpel. Dengan pemrograman PHP yang berbasis server manipulasi pemrograman banyak sekali digunakan untuk menciptakan proses-proses baru dengan logika. Salah satunya adalah tips yang saya bagikan ini yaitu cara mengambil kata pada kalimat dengan menggunakan PHP.  Saya menggunakan script ini pada awalnya ketika saya hendak membuat url otomatis dengan mengambil satu kata pada awal linknya. Namun untuk tahap awal ini tutorial yang saya buat dan bagikan untuk Anda yaitu tentang ambil kata PHP.

Teknik ini sebenarnya adalah teknik penggabungan dan pemecahan kalimat. Kita dapat pahami dan asumsikan sebuah kalimat adalah sebuah sususnan yang dapat digambarkan oleh rangkaian atau kalai dalam istilah pemrogramannya disebut array. Nah kali ini trik yang kita kerjakan adalah memanipulas dengan memcah kalimat yang sebelumnya menjadikannya sebagai array.

Cara mengambil satu kata kalimat

Seperti yang saya lakukan yaitu memanipulasi url atau lin untuk kebutuhan tertentu, dalam kasus ini saya hendak memodifikasi file PHP yang ada pada theme wordpress, Lebih spesifik lagi pada file search.php. Mengambil satu kata di PHP

Oke lanjut lagi fungsi yang digunakan untuk membuat script ini adalah fungsi implode, array_slice, dan explode. Ketiga Fungsi tersebutlah yang akan Anda gunaan untuk memotong kata awal kalimat atau hanya mengambilnya juga bisa, Tergantung kebutuhan Anda nantinya. Oke langsung saja berikut tutorial ambil satu kata menggunakan PHP.

Contoh Script PHP Ambil satu kata

<?php
$kalimat = "Ini adalah kalimat yang akan di potong";
$jumlah = "1";
$hasil = implode(" ", array_slice(explode(" ", $kalimata), 0, $jumlah));
$echo $hasil;
?>

Pada script di atas terdapat variabel kalimat, variabel ini adalah variabel yang akan di poting dan akan di ambil. Kemudian variabel kedua ada variabel $jumlah ini berfungsi untuk mengambil jumlah katah, nah disini bedannya sebenarnya script ini dapat digunakan untuk mengambil banyak kata  tergantung variabel  jumlah.

Variabel selanjutnya adalah variabel $hasil disini adalah kunci utama proses pengambilan kata yang terjadi. Pada baris ini terdapat fungsi implode yang berguna untuk mejadikan variabel $kalimat menjadi sebuah array dengan cara memisahkannya dengan pebatas spasi. Kemudian selanjutnya ada fungsi array_slice yang berguna untuk memotong array yang telah dibentuk tadi menjadi beberapa bagian berdasarkan pembatas sepasi, dan selanjutnya kaliat yang sudah terbentuk dan di pisahkan dengan spasi kemudian di pecah dan diabil 1 kata dengan menggunakan variabel $jumlah. Di atas juga terdapat 0 ini berfungsi untuk mengambil kata dari sebelah kiri di mulai dari karakter yang terhitung dari nol.

Anda juga bisa menggantinya dengan akan – misal -1 ini akan membuat script mengambil kata dari sebelah kanan.

Hasil Script mengambil satu kata

Berikut ini hasil yang tampil pada browser jika script PHP ini dijalankan atau di running.

Mengambil satu kata kalimat

Mengambil satu kata kalimat

Demikianlah saring tentang tutorial mengambil satu kata kalimat dengan php semoga beranfaat.

Postingan berikutnya

  1. cara menghitung jumlah perkalimat menggunakan inputan diphp
  2. buat kalimat tentang database
  3. memisahkan karakter tertentu dari kanan dengan php
  4. script untuk membuat kalimat
  5. search kata dalam kalimat php

5 thoughts on “Mengambil Satu Kata Kalimat

  1. Pingback: Cara Memecah Kalimat Menjadi Array PHP

  2. Pingback: Cara Menghitung kata kalimat di PHP

  3. Pingback: Cara Membuat Sensor Kata PHP

  4. eggy

    kan itu harus di tentukan mau ambil jumlah katanya, nah gimana klo kata tersebut user yang masukkan dan kita ga rau verapa kata yang di inputkan. nah gimana cara mengambil semua kata dari sdbuah variabel?

    Reply
    1. admin Post author

      Bisa mas, caranya membuat form yang di input oleh user selanjutnya form tersebut nilainya di tangkap dan di pecah kata yang akan di ambil. Dari kata tersebut selanjutnya di proses untuk mencari kata yang di maksud.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *