Peran dan Kegunaan Sistem Informasi

By , April 8, 2015,

Peran dan Kegunaan Sistem Informasi. Sistem berperan penting dalam aspek pengelolaan informasi. Pengolahan data informasi berperan penting dalam pemanfaatnya. Dengan pengolahan informasi yang baik, maka kebutuhan data akan informasi akan menjadi lebih efektif dan efisien. Bidang-bidang yang menggunakan sistem informasi juga sangat banyak. Pemanfaat tersebut bukan lain adalah dalam strategi bisnis. Contoh sederhana pengaplikasian sistem informasi misalnya dalam dunia bisnis, dalam organisasi, akutansi manajemen, dalam perusahaan, yang mana sistem informasi yang di pakai dan di kembangkan berbasis komputer atau terkomputerisasi.

Peran dan Kegunaan Sistem Informasi

Peran dan Kegunaan Sistem Informasi

Kegunan sistem informasi sangat banyak sekali. Salah satunya adalah sebagai penunjang sarana pengelolaan informasi secara baik dan cepat.  Sebelum masuk pada pembahasan kegunaan sistem informasi. Berikut ini beberapa bidang yang menggunakan sistem informasi dan peranannya.

Peran dan Kegunaan Sistem Informasi

¤ Bidang Kesehatan

Pemanfaat sistem informasi pada bidang kesehatan misalnya sistem informasi yang ada di rumah sakit atau puskesmas. SIstem informasi tersebut digunakan  untuk mengelola dan memanajemen data dokter, data perawat, data pasien, data obat, data penyakit. Sehingga dalam penggunaannya sistem informasi tersebut lebih memudahkan dalam pengelolaannya di banding dengan pengelolaan informasi yang dilakukan seara manual, misalnya menggunakan arsip perbukuan.

¤ Bidang Pendidikan

Sistem informasi dalam bidang pendidikan juga sangat banyak. Salah satu contoh penggunaan sistem informasi dalam dunia pendidikan misalnya sistem informasi yang ada di kampus atau universitas. Selain informasi universitas, sistem informasi dalam dunia pendidikan misalnya sistem informasi pembayaran spp pada sekolah menengah. Dan sistem informasi penilaian. Untuk pengaplikasiannya masih banyak lagi. Beberapa contoh sistem informasi dalam kaitannya dengan dunia pendidikan yaitu: sistem informasi alumni, sistem informasi keuangan sekolah, sistem informasi penjadwalan.

Beberapa sistem informasi diatas dalam dunia pendidikan sangat berperan penting. Dan mempunyai manfaat yang sangat signifikan dalam peranannya. Maka dari itu sitem informasi dalam dunia pendidikan terus berkembang dan memunculkan kreasi baru.

¤ Bidang Bisnis

Sistem informasi dalam dunia bisnis sangat banyak. Salah satu penerapan sistem informasi pada bidang bisnis misalnya, sistem informasi pemasaran, sistem informasi produksi, sistem informasi pegawai, sistem informasi penjualan, sistem informasi pengelolaan konsumen, sistem informasi monitoring.

Dalam dunia bisnis pemanfaat sistem informasi bertujuan untuk pengelolaan informasi yang bersifat komersial. Dengan artian sistem informasi pada bidang bisnis ini mengelola data informasi sehingga data informasi yang dihasilkan digunakan untuk menunjang kegiatan bisnis yang berjalan. Biasanya pengelolaan secara manual menggunakan arsip perbukuan lebih memungkinkan terjadinya kehilangan data. Namun dengan sistem informasi berbasis komputer data yang di kelola memungkinkan untuk di beckup dalam kurun waktu tertentu

¤ Bidang Pertanian

Sistem informasi bidang pertanian salah satu contohnya yaitu sistem informasi penyebaran jenis perkebungan, sistem informasi hasil pertanian, sistem informasi agro wisata, sistem informasi perkebunan.

Peran dan Kegunaan Sistem Informasi sangat banyak tergantung dari maksud dan tujuan untuk sistem informasi yang dibangun tersebut. Namun pada dasarnya kegunaan sistem adalah untuk mengelola dan memanajemen informasi, sehingga informasi yang dihasilkan dapat dimanfaatkan untuk manajemen dan pengelolaan data yang baru.

Postingan berikutnya

  1. contoh penerapan sistem informasi manajemen dalam dunia pendidikan
  2. peran sistem informasi
  3. contoh aplikasi sistem informasi pada dunia pendidikan
  4. kegunaan sistem informasi
  5. contoh sistem informasi dalam bidang pendidikan
  6. kegunaan sistem informasi pemasaran
  7. contoh penerapan sistem informasi diberbagai bidang
  8. contoh peran aplikasi
  9. kegunaan sistem informasj
  10. contoh pemanfaatan di bidang programer sistem informasi
  11. kegunaan sistem aplikasi
  12. fungsi dan peran sistem informasi manajemen pendidikan
  13. contoh sistem informasi dunia
  14. sistem informasi peranan dalam berbagai bidang
  15. contoh sistem informasi dalam berbagai bidang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *