Aplikasi K-Means Clustering Kecelakaan

By , February 7, 2019,

Kali ini jumpa lagi dengan sistemphp.com, sudah sekian lama istirahat dari menulis artikel, kali ini admin mulai akan rutin menulis artikel lagi dan berbagi informasi mengenai pengembangan aplikasi untuk teman-teman semua. Aplikasi yang akan kita bahas kali ini adalah aplikasi smengenai SPK atau sistem pendukung keputusan.

Untuk konsep yang di gunakan yaitu klasifikasi. Pada kasus ini, klasifikasi yang kita olah adalah data mining berupa data kecelakaan.

Sebagaian teman-teman mungkin bingung bagaimana memulai pengembangan aplikasi menggunakan metode k-means ini.  Untuk informasi lengkapnya mengenai apa itu k-means dapat di pelajari di postingan sebelumnya, mengenai teori k-means nya.

1.Login

login kmeans kecelakaan

login kmeans kecelakaan

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, Kamu harus login dulu kedalam aplikasi. Login ini menggunakan username dan password yang terdaftar pada aplikasi.

2. Dashboard

Dashboard kmeans kecelakaan

Dashboard kmeans kecelakaan

Halaman dashboard adalah halaman utama setelah user dapat masuk kedalam aplikasi k-means. Pada halaman ini sengaja di tampilkan cara menggunakan sistem atau panduan sistem. Untuk ide pengembangan lain, pada halaman dashboard ini dapat pula kita tampilkan histori prediksi yang di lakukan ataupun apa saja sesuai kebutuhan.

3. Data Master

Data master pada aplikasi k-means kecelakaan merupakan data utama untuk proses dari prediksi kecelakaan yang terjadi. Pada menu data master terdapat beberapa sub menu yaitu:

3.1.User

User kmeans kecelakaan

User kmeans kecelakaan

Menu yang berfungsi untuk mengelola data user yang menggunakan aplikasi. Untuk level user pada user aplikasi k-means ini hanya 1 level saja, yaitu administrator. Untuk menu user tidak berkaitan dengan menu atau proses lainya.

3.2.Kategori

Kategori kmeans kecelakaan

Kategori kmeans kecelakaan

Menu kategori merupakan menu yang berguna untuk mengelola kategori pada kecelakaan. Beberapa kategori data kecelakaan yang ada yaitu berdasarkan waktu. Pada kasus sistem ini kategori waktu yang di masukkan berdasarkan rentan waktu per 3 jam. Misalkan saja antara waktu 00.01-03.00 dan seterusnya. Data kategori ini berkaitan atau berelasi dengan data kecalakaan.

3.3.Kecamatan

Kecamatan kmeans kecelakaan

Kecamatan kmeans kecelakaan

Menu kecamatan merupakan menu yang berfungsi untuk mengelola data kecamatan. Karena data yang di olah berdasarkan jalan yang ada di kecamatan. Maka ouput akhir dari aplikasi atau sistem ini adalah hasil klasifikasi atau clustering kecalakaan berdasarkan kecamatan. Data kecamatan berkaitan dengan data jalan.

3.4.Jalan

Jalan Kecamatan kmeans kecelakaan

Jalan Kecamatan kmeans kecelakaan

Menu jalan merupakan menu yang berguna untuk mengelola data jalan. Data jalan ini adalah data dimana korban mengalami kecalakaan. Data jalan berkaitan dengan data kecelakaan.

3.5.Pengaturan

Pengaturan kmeans kecelakaan

Pengaturan kmeans kecelakaan

Menu pengaturan merupakan menu yang berfungsi untuk mengatur pusa cluster dari perhitungan menggunakan k-means pada olah data mining kecelakaan. Untuk pusat cluster yang di gunakan mencari 3 titik yaitu, cluster rendah, cluster sedang, dan cluster tinggi. Data titik cluster ini juga dikaitkan dengan kategori jam yang ada.

4.Kecelakaan

Entri kmeans kecelakaan

Entri kmeans kecelakaan

Total kmeans kecelakaan

Total kmeans kecelakaan

Merupakan menu yang befungsi untuk mengelola data kecalakaan. Pada menu ini terbagi menjadi 2 tab yaitu tab entri dan tab total. Untuk tab entri adalah menampilkan hasil entri setiap data masing-masing data kecelakaan. Detail data yang di informasikan pada tab ini yaitu mulai dari tanggal kecelakaan, informasi korban, serta kategori.

Untuk tab total merupakan tab yang menampilkan data kecamatan, tahun serta jumlah kecelakaan yang terjadi setiap bulannya.

5.Hasil

Hasil Kmeans kecelakaan

Hasil Kmeans kecelakaan

Detail hasil kmeans

Detail hasil kmeans

Detail hasil kmeans

Detail hasil kmeans

Ini adalah menu yang menampilkan proses hasil kmeans klasifikasi kecelakaan. Pada menu ini di tampilkan secara ringkas Mulai dari kecelakaan pada kecematan, jumlah kecelakaan yang terjadi, dan hasil cluster kecelakaan yang terjadi. Untuk memudahkan user melihat hasil secara perhitungan atau secara detail, Saya juga menampilkan proses kmeans yang terjadi.

Fitur ini dapat di lihat pada menu hasil kmeans pada detail dengan icon tanda mata. Dengan mengklik menu tersebut maka user akan di arahkan ke menu detail setiap perhitungannya.

 

6.Logout

Selain menggunakan link tombol logout yang ada di bagian atas sistem. User juga dapat logout melalui link yang ada di sebelah kiri paling bawah dari menu-menu yang ada. Dengan mengklik menu ini Usser akan keluar dari aplikasi dan akan kembali ke halaman awal, yaitu halaman login aplikasi sistem.

 

Jasa pembuatan aplikasi k-means hubungi admin => 082285417494 (wa/sms)