Cek Plagiarisme Jaccard

By , February 28, 2021,

Cek Plagiarisme Jaccard – Kali ini kita akan membahas sebuah aplikasi yang berguna untuk mengecek apakah dokumen tersebut plagiarisme atau tidak. Sebelumnya kita sudah sharing mengenai pengecekkan kemiripan dokumen dengan metode n-gram, nah untuk kali ini kita akan menggunakan metode jaccard sebagai langkah-langkah untuk pengecekkan kemiripannya.

Jaccard Similarity adalah algoritma yang berfugsi atau berguna untuk membandingkan dan mengecek antar dua dokumen dengan cara menghitung kemeripan atau perbedaan dari dokumen tersebut. Untuk menjalankan  Jaccard Similarity diperlukan algoritma yang berfungsi sebagai document fingerprint atau penanda dan algoritma yang akan digunakan untuk mendukung tersebut yaitu algoritma winnowing.

Algoritma winnowing adalah algoritma yang berfungsi untuk membantu mendeteksi kemiripan kata
atau dokumen atau string karakter pada suatau rangkaian data yang akan digunakan sebagai suatu cara
untuk mendeteksi adanya suatu tindak plagiariasme dan kemiripan. Diharapkan dengan adanya alat pendeteksi plagirisme menggunakan metode Jaccard similarity terhadap algoritma winnowing dapat memberikan keakurasian yang tepat dan mengatasi tindakan suatu plagiarisme yang terjadi di dunia akademik maupun dunia non akademik, seperti misalnya pengecekkan kemiripan data pada suatu laporan skripsi,thesis,dan distertasi.

Pengecekkan ini misal di lakukan pada judul,abstrak maupun isi  laporan yang ada.

 

Langkah-langkah metode  Jaccard Similiarity

  1. Input dokumen, dokumen ini bisa berupa judul atau rangkaian kata dalam suatu kalimat
  2. Cek fingerprint, fingprint adalah suatu dokumen atau data yang tersedia pada database. Fingerprint ini adalah data pembanding yang akan di lakukan pengecekkan kemiripan dengan input dokumen
  3. Pengihtungan kemriripan, pada tahan ini dilakukan pengecekkan dengan menghitung tingkat kemriripan dokumen. Kemirian dihitung satu-persatu dokumen. Dengan demikian akan dihasilkan urutan dokumen dengan nilai kemriripan tertinggi hingga terendah
  4. Output hasil, Disinilah Kamu dapat melihat hasil pengecekkan dokumen yang mirip dengan query inputan yang dilakukan

 

Aplikasi Cek Plagiarisme Jaccard

Pengembangan aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman php dan database mysql. Aplikasi berbasis web yang membantu untuk mengecek kemiripan dokumen.

Aplikasi Cek Plagiarisme Jaccard dengan PHP

Aplikasi Cek Plagiarisme Jaccard dengan PHP

Cara kerja aplikasi:
Penguna melakukan query pencarian pada form pencarian, selanjutnya metode akan memproses string karakter yang di inputkan dan menghitungnya menggunakan metode jaccard. Untuk hasil keluaran berupa nilai dan persentasi kemiripan.

Halaman Admin

#Menu User

User Aplikasi Cek Plagiarisme Jaccard dengan PHP

User Aplikasi Cek Plagiarisme Jaccard dengan PHP

Menu yang berguna untuk mengelola user aplikasi. Ini hanya khusus untuk admin saja. Untuk pengguna yang ingin menggunakan aplikasi tes kemriripan tidak perlu login untuk menggunakannya.

#Menu stopwords

stopwords Aplikasi Cek Plagiarisme Jaccard dengan PHP

stopwords Aplikasi Cek Plagiarisme Jaccard dengan PHP

Menu yang digunakan untuk menglola kata yang berufa kata hubung yang akan di filter pada setiap string pencarian dan dokumen yang ada. Ini di buat dimanis, sehingga Kamu dapat menambahkan dan menghapus sesuai dengan kebutuhan.

#Menu data

Data Aplikasi Cek Plagiarisme Jaccard dengan PHP

Data Aplikasi Cek Plagiarisme Jaccard dengan PHP

Menu yang berisi data berupa judul atau dokumen yang lainya. Ini adalah dokumen sebagai pembanding dengan query pencarian.

 

Untuk pengembangan aplikasi sejenis ini dapat menghubungi Kami. Baik aplikasi serta analisis konteks diagram,dfd,erd dan flowchartnya.

Beberapa kasus yang mungkin bisa di angkat dengan metode ini:

  1. Sebagai fitur cek spam chat
  2. Sebagai kombinasi analisis sentimen pada sebuah komentar
  3. Sebagai fitur search engine

Demikan semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *