Cek Plagiarisme N-Gram

By , February 20, 2021,

Aplikasi Cek Plagiarisme Metode N-Gram dengan PHP. Plagiarisme atau di kenal dengan istilah plagiarism adalah sebuah pelanggaran dalam karya cipta. Dalam dunia pendidikan plagiarisme ini terkait dengan karya cipta ilmiah.

Nah pengembangan aplikasi kali ini terkait dengan kaus cek kemiripan atau plagiarisme penelitian. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengecek kemiripan atau similiarity judul skripsi, thesis, disertasi. Bukan hanya judul Untuk isi baik berupan abstrak maupun isi lainya juga bisa di terapkan untuk pengecekkan kemiripannya.

Metode N-Gram adalah salah satu metode yang mampu di gunakan untuk menyelesaikan permasalahan cek kemiripan. Dengan cara kerjanya yaitu mencek satu persatu kata dan membuatnya menjadi sebuah nilai bigram selanjutnya dibandingkan dengan setiap dokumen yang ada. Dengan proses tersebut kita mampu mengetahui nilai kemiripannya baik secara nilai kuantitas maupun secara persentase.

Langkah-langkah Metode N-Gram

  1. Input search query string ini adalah teks yang akan di cari kemiripannya
  2. Melakukan pemecahan string perkata atau string dengan melakukan pembersihan tanda baca serta stopword
  3. Mencari dokumen yang berfungsi sebagai pembanding dengan query pencarian. Untuk langkahnya  juga seperti langkah 1 dan 2.
  4. Menampilkan hasil N-gram sesuai dengan manualnya

Perhitungan metode N-gram

Jika dilihat dari setiap langkah prosesnya metode ini tergolong juga metode yang lumayan rumit untuk di pahami. Namun untuk menghuasai perhitungan ini yang perlu di perhatikan adalah nilai bigram yang ada yang nantinya akan di jadikan acuan dalam menentukan kemiripan pencarian dokumen tersebut.

Aplikasi berbasis web php cek plagiarisme metode N-Gram

Aplikasi ini di kembangkan menggunakan bahasa pemrograman berbasis web php dengan database mysql. Untuk kedepannya jika di butuhkan aplikasi ini juga bisa Kita kembangkan menggunakan beberapa frameword ada sekarang ini. Misalnya codeigniter (CI), Laravel, dan juga Yii.

Untuk stakeholder aplikasi atau ruang lingkup aplikasi terdiri dari 2 Tampilan akses. Yaitu admin dan publik.

1.Publik
Merupakan tampilan ketika kita mengakses web aplikasi tanpa harus login atau masuk aplikasi terlebih dahulu.  Ini berfungsi untuk user yang ingin mencari dokumen yang mirip dengan atau yang akan dia ajukan. Dalam konsep ini adalah judul skripsi atau penelitian.

#Home

Merupakan tampilan awal yang terdiri dari form pencarian. Disini user bisa langsung mengetikan teks judul dan kemudian akan muncul hasil pencarian berupa data atau dokumen dengan di urutkan dari nilai tertinggi.  Selain dengan nilai user akan di berikan informasi mengenai persentase kemiripan dari setiap dokumen yang ada.

Aplikasi berbasis web php cek plagiarisme metode N-Gram

Aplikasi berbasis web php cek plagiarisme metode N-Gram

2.Admin

Admin merupakan pengelola aplikasi dari segi data dan juga pengelolaan alur aplikasi.

#User
Merupakan menu yang digunakan untuk mengelola user yang bisa menggunakan aplikasi deteksi kemiripan.

user Aplikasi berbasis web php cek plagiarisme metode N-Gram

user Aplikasi berbasis web php cek plagiarisme metode N-Gram

#Stopword
Merupakan menu yang digunakan untuk mengelola stopword atau kata penghubung. Untuk stopword yang mampu di bersihkan dengan proses stemming ini sesuai dengan data yang di masukkan oleh admin. Jadi stopword yang ada bersifat dinamis.

 

Stopwords Aplikasi berbasis web php cek plagiarisme metode N-Gram

Stopwords Aplikasi berbasis web php cek plagiarisme metode N-Gram

#Data
Data merupakan dokumen judul dokumen yang ada pada database aplikasi. Untuk kebutuhan lainya judul bisa juga di ganti dengan abstrak, latar belakang atau dokumen lainya.

Data Aplikasi berbasis web php cek plagiarisme metode N-Gram

Data Aplikasi berbasis web php cek plagiarisme metode N-Gram

Untuk jasa pembuatan aplikasi lainya dapat menghubungi kami lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *