DFD Sistem Informasi Kependudukan

Sistem informasi kependudukan merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengelola data kependudukan. Pada aplikasi ini, stakeholder yang terkait sebenarnya sangat banyak sekali tergantung di mana aplikasi ini akan di impelementasikannya.

Untuk sistem informasi kependudukan ini sebenarnya aplikasi yang kompleks. Untuk user yang ada bisa juga banyak dalam artian lebih dari satu.

Kita misalkan saja aplikasi di pakai dalam ruang lingkup provinsi maka user untuk aplikasi ini bisa user level provinsi, level kabupaten level kecamatan dan juga level desa. Dan jika aplikasi ini di pakai atau di implementasi di tingkat lebih bawah dari provinsi maka usernya pun juga lebih sedikit lagi. Begitupula jika aplikasi ini dipakai untuk kecamtan atau desa.

Namun pada pembahasan DFD ini, user yang kita pakai adalah satu yaitu admin dalam kasus ini sebagai operator utama, Tanpa ada user lain.

DFD level 0 (konteks diagram) sistem informasi kependudukan

DFD level 0 konteks diagram sistem informasi

DFD level 0 konteks diagram sistem informasi

DFD level 1 Sistem informasi kependudukan

DFD level 1 diagram sistem informasi

DFD level 1 diagram sistem informasi

Untuk data data penduduk yang biasanya terkelola yaitu:

  1. Nik
  2. nama
  3. status keluarga
  4. tanggal lahir
  5. tempat lahir
  6. tanggal meninggal

 

Jadi jika menggunakan konsep satu user seperti ini, maka aplikasi dapat digunakan untuk semua lingkup dengan kata lain netral. Bisa dipakai tingkat desa, rw, rt, dan kecamatan. Untuk pengembangan hanya perlu menambahkan user lagi sesuai dengan kebutuhan dari implementasi aplikasi tersebut.

Postingan berikutnya

  1. dfd dan erd sistem pelaporan kependudukan
  2. sistem informasi kependudukan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>