DFD Sistem Informasi Pengadaan Barang

Sistem informasi pengadaan barang merupakan sebuah aplikasi administrasi yang digunakan untuk megelola pengadaan barang. Pengadaan barang berguna sebebagai cara untuk merencanakan sebuah kebutuhan dari barang yang akan digunakan.

Untuk kasus pengadaan barang sendiri biasanya terjadi dalam ruang linkup peruahaan dan juga instans atau lembaga pemerintahan. Berikut ini akan kita bahas bagaimana cara analisis data flow diagram atau DFD dari aplikasi berbasis php ini.

Untuk kasus yang akan kita bahas ini, aplikasi ini akan mengelola pengadaan barang yang akan dilakukan oleh admin atau operator pengadaan barang. Sehingga pengadaan barang di kelola langsung menggunakan aplikasi berbasis komputer. Sehingga aplikasi dapat di implementasi baik di perusahaan swasta ataupun di instansi pemerintah

Stakeholder sistem informasi pengadaan barang

  1. Admin, dalam kasus ini admin adalah operator yang memasukkan data pengadaan barang ke dalam aplikasi. Admin berperan sebagai pengelola aplikasi sehingga titik dari berjalannya pengadaan dapat berjalan dengan lebih cepat dan efisien.

DFD level 0 (konteks diagram) sistem informasi pengadaan barang

DFD level 0 konteks diagram sistem informasi pengadaan barang

DFD level 0 konteks diagram sistem informasi pengadaan barang

Untuk data yang masuk kedalam aplikasi pengadaan barang ini seperti yang tertera pada konteks diagram diatas alah data admin, data supplier, dan data barang.

Sedangkan untuk data yang keluar dari aplikasi ini yaitu data info supplier, info barang. Yang mana dari kedua data ini berguna sebagai data yang akan di oleh dan di proses menjadi pengadaan barang.

DFD level 1 sistem informasi pengadaan barang

DFD level 1 sistem informasi pengadaan barang

DFD level 1 sistem informasi pengadaan barang

pada DFD diatas untuk memulai menggunakan aplikasi admin berhadapan dengan proses login. Selanjutnya terdapat proses data master. Data master merupakan data induk yang menjadi data dasar pada proses inti pengadaaan. Data master tersebut yaitu data supplier dan juga data barang.

Untuk selanjutnya proses inti yang ada pada aplikasi pengadaan barang baik secara online maupun offline ini yaitu pengadaan. Proses pengadaan adalah proses utama yang mengelola pengadaan barang baik barang dan juga supplier yang menyediakan barang pengadaan.

Proses berikutnya yaitu laporan. Dari proses yang terjadi sebelumnya baik data master ataupun pengadaan maka data tersebut di jadikan acuan sebagai proses berikutnya yaitu pencetakan laporan pengadaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>