DFD Sistem Informasi Keusioner

By , November 15, 2017,

Sistem informasi kuesioner merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengentahui tanggapan dari responden tentang suatu permasalahan atau kasus.

Suatu permasalahan yang di ajukan dengan kuesioner ini akan di hitung berapa rata-rata jawaban dari setiap tanggapan yang diberikan berdasarkan pilihan yang di berikan pada pertanyaan.

Untuk kali ini kuesioner nya berupa lembar verivikasi berbasis web.

Kuesioner di berbagai bidang digunakan untuk proses penelitian dan juga evaluasi. Di dunia pendidikan misalnya seorang mahasiswa mencari tanggapan responden tentang kasus yang sedang di telitinya misal dalam skripsi, thesis dan juga disertasi.

Dalam dunia bisnis, kuesioner berguna untuk mendapatkan informasi konsumen dalam hal respon terhadap produk yang di pasarkan.

Pada instansi pemerintahan misalnya kuesioner digunakan sebagai alat evaluasi untuk meningkatkan pelayanan terhadap kinerja yang ada pada suatu instansi pemerintahan tersebut.

Itu gambaran dari penggunaan kuesioner yang ada di kehidupan kita  sehari-hari.

Nah kali ini, kita akan bahas tahapan analisa dari perancangan aplikasi kuesioner yaitu berupa DFD atau data flow diagram. oia, sedikit bocoran, aplikasi ini menggunakan pertanyaan otomatis, dan juga pilihan otomatis, sehingga dapat membantu dalam pengelolaan pertanyaan, kuesioner dan juga pilihan yang diberikan.

DFD level 0 (konteks diagram) Sistem Informasi Keusioner

DFD level 0 (konteks diagram) Sistem Informasi Keusioner

DFD level 0 (konteks diagram) Sistem Informasi Keusioner

Terdapat 2 user dalam konteks diagram aplikasi kuesioner lembar verivikasi ini. User tersebut yaitu admin dan juga responden.

Data data yang di kelola dengan aplikasi ini yaitu:

  1. Data admin, merupakan user yang mengelola aplikasi kuesioner
  2. Data responden, user yang mempunyai peran menerima pertanyaan dari kuesioner yang diberikan
  3. Data kuesioner, merupakan data kasus kuesioner atau topik kuesioner
  4. Data pertanyaan, merupakan data pertanyaan yang ada pada masing-masing topik kuesioner yang ada. Untuk pertanyaan ini seperti yang sudah kita singgung di atas, untuk pengelolaannya dapat dilakukan secara otomatis. Yaitu di tambah melalui halaman admin, serta pilihan yang ada pada pertanyaan tersebut. Ini berguna agar aplikasi lebih dinamis.
  5. Data jawaban, Merupakan data jawaban tentang kuesioner yang diberikan oleh aplikasi kepada responden

DFD level 1 Sistem Informasi Keusioner

DFD level 1 Sistem Informasi Keusioner

DFD level 1 Sistem Informasi Keusioner

Melihat gambaran diagram level 1 diatas, langkah-langkah alur data yang ada pada proses aplikasi kusioner sebagai berikut:

  1. Admin melakukan login aplikasi
  2. Admin mengelola data admin
  3. Admin mengelola data kuesioner
  4. Admin mengelola data pertanyaan
  5. Admin mengelola data responden
  6. Admin melihat data hasil kuesioner
  7. Admin melakukan pencetakan laporan

Demikian ulasan mengenai anilisis data pada aplikasi kusioner dengan menggunakan php dan mysql. Untuk basik pemrograman lain secara umum hampir sama. Hanya saja, jika ada fitur atau proses lainya yang ingin di tambahkan, untuk diagram diatas juga perlu penambahan. semoga bermanfaat.