DFD Sistem Informasi Laboratorium

Sistem informasi laboratorium merupakan aplikasi yang di gunakan untuk mengelola laboratorium. Laboratorium merupakan tempat yang digunakan penelitian yang berhubungan dengan zat-zat yang khusunya kimia.

Beberapa tempat yang yang terdapat laboratorium dalam ruang lingkupnya misalnya:

Laboratorium sekolah, laoboratorium kampus atau unversitas, laboratorium farmasi, laboratorium rumah sakit, laboratorium swasta, laboratorium pabrik dan masih banyak lainya.

DFD Level 0 (konteks diagram) Sistem Informasi Laboratorium

DFD Level 0 (konteks diagram) Sistem Informasi Laboratorium

DFD Level 0 (konteks diagram) Sistem Informasi Laboratorium

Pada gambar diatas merupakan konteks diagram aliran data pada level pertama. User yang terkait dengan aplikasi atau sistem terdapat 2 user yaitu Admin dan anggota. Yang mana kedua user tersebut nantinya akan di pisahkan menjadi 2 level.

Untuk level yang ada inilinya yang menjadi pembeda autentikasi masuk kedalam aplikasi.

Data data yang di masukkan dan di terima dari sistem tersebut yaitu:

  1. Data admin, merupakan data kun login admin aplikasi labor. Dalam hal ini dapat berupa pengelola atau penanggung jawab labor.
  2. Data anggota, merupakan data akun anggota laboratorium yang menggunakan peralatan labor
  3. Data peralatan, merupakan data-data alat yang ada pada laboratorium yang dapat digunakan untuk uji coba
  4. Data bahan, merupakan data yang disedikan atau yang ada pada laboratorium yang digunakan untuk praktek
  5. Data grup, merupakan data grup dari anggota yang melakukan praktek. Untuk praktek sendiri bisa masing-masing atau individu, dan berkelompok atau kolektif
  6. Data jadwal, merupakan data penjadwalan penggunakan laboratorium baik penggunaan peralatan dan juga bahan

Pada konteks diatas belum terlihat ada proses laporan. Untuk laporan nantinya akan terbentuk pada diagram level berikutnya yaitu level 1. Mari simak terus..

DFD Level 1 Sistem Informasi Laboratorium

DFD Level 1 Sistem Informasi Laboratorium

DFD Level 1 Sistem Informasi Laboratorium

Nah, diatas merupakan dfd atau data flow diagram untuk level 1 nya. Lingkaran pada diagram ini  terbentuk menjadi beberapa lingkaran.

Lingkaran tersebut merupakan identifikasi dari proses-proses yang ada pada sistem. Jika di lihat proses yang paling utama hingga paling akhir diuraikan sebagai berikut:

  1. Login, merupakan proses untuk masuk kedalam aplikasi
  2. Data master, merupakan proses proses pengelolaan data utama pada sistem. Data ini adalah data yang akan ditarik untuk proses berikutnya. Data penting pada data master ini yang berpengaruh pada proses lainya yaitu data peralatan, data bahan, data anggota. Dan untuk data grup merupakan data pelengkap yang terkait dengan anggota. Dan untuk implementasinya pada penggunaan laboratorium bisa individu atau juga kolektif seperti yang sudah di jelaskan di atas.
  3. Penjadwalan, merupakan data penjadwalan atau pengelolaan penggunaan laboratorium. Pengelolaan jadwal ini bertujuan agar penggunaan dan pemakaian laboratorium oleh anggota tidak bentrok atau jamnya berbenturan.
  4. Laporan, nah untuk laporan inilah tujuan dari aplikasi ini. Data laporan merupakan data yang di tarik data master dan juga data penjadwalan.

Untuk proses secara umumnya demikian. Untuk proses lainya tinggal di tambahkan saja sesuai dengan kondisi nyata yang ada pada setiap laboratorium. Untuk analisis secara umum seperti yang di gambarkan diatas.

Jika seandainya user dalam stakeholder lebih dari 2. Maksudnya terdapat level lain lagi, tinggal disesuaikan saja level dengan autentikasi menu yang diberikan oleh user pengguna aplikasi labor ini.

Aplikasi laboratorium dapat digunakan untuk membantu dalam manajemen laboratorium.

Misalnya:

  1. Mengelola peralatan apa saja yang ada pada laboratorium
  2. Anggota laboratorium
  3. Penggunaan peralatan laboratorium
  4. Penjadwalan Laboratorium
  5. Serta membantu pembuatan periah penggunaan laboratorium

Untuk laporan biasanya dapat berupa pdf dan juga file excel. Dengan aplikasi ini, laporan dapat di cetak dengan mudah dan cepat, tanpa perlu merekap dari awal bulan hingga akhir bulan. Hal inilah yang menjadi latar belakang yang menarik di kembangkannya aplikasi atau software untuk laboratorium ini.

Untuk aplikasinya dapat menghubungi kami sistemphp.com

Postingan berikutnya

  1. contoh dad atau dfd pada sistem analisis laboratorium
  2. contoh diagram konteks dari si laboratorim praktek

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>