DFD Sistem Informasi Salon

By , November 7, 2017,

Sistem informasi salon merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengelola salon, baik salon perawatan maupun salon kecantikan. Mengelola salon dengan menggunakan aplikasi dapat membantu manajemen usaha yang lebih baik. Salah satunya dapat memberikan informasi mengenai data pelanggan salon serta laporan pelayanan yang telah diberikan.

Hal diatas dapat dibantu dengan aplikasi ini dan dapan mengelola salon dengan efektif dan efisien jika salon mempunya banyak karyawan atau anggota.

Oke, berikut ini ulasan data flow diagram mengenai pengembangan serta analisa perancangan aplikasinya pada tahap pengembangan aliran data yang ada.

DFD level 0 (konteks diagram) sistem informasi salon

DFD level 0 (konteks diagram) sistem informasi salon

DFD level 0 (konteks diagram) sistem informasi salon

Pada konteks diagram diatas user yang terkait dengan aplikasi ada 2 yaitu admin dan konsumen. Namun untuk user yang kedua hanya perperan pasif dengan kata lain sistem hanya mendata konsumen saja.

Uraianya:

  1. Admin berperan dalam mengelola aplikasi salon atau dapat kita sebut sebagai operator. Untuk operator ini bisa siapa saja, bisa pemilik salon, anggota atau karyawan bahkan lainya. Data yang masuk kesistem yait u data admin, dan data perawatan (update).  Untuk data yang diterima dari sistem atau aplikasi untuk salon ini yaitu info admin, info konsumen, info perawatan
  2. Konsumen, berperan dalam memberikan data konsumen serta data perawatan salon yang dilakukan oleh konsumen tersebut. Hal ini agar memudahkan pemilik salon untuk memantau dan mendata konsumen serta perawatan apa saja yang paling banyak diminati setiap waktunya.

DFD level 1 sistem informasi salon

DFD level 1 sistem informasi salon

DFD level 1 sistem informasi salon

Uraian:

  1. Admin mulai menggunakan aplikasi atau sistem dengan login kedalam aplikasi salon. Data login ini adalah data yang ada pada data master.
  2. Admin melakukan proses 1 yaitu mengelola data master yang berupa data admin, data konsumen serta data perawatan yang ada pada salon (pada proses ini meliputi penambahan data, perubahan data serta penghapusan data).
  3. Kemudian admin atau operator melakukan proses no 3 yaitu melakaukan manejemen perawatan. Pada proses menu ini, data di tarik dari data master. Data yang ditarik atau di acu dari data master tersebut adalah data konsumen serta data perawatan yang ada pada salon.
  4. Laporan, merupakan proses akhir pada sistem yang memungkinkan admin untuk mencetak laporan, perhari, perminggu, dan perbulan.

 

Demikian analisa data flow diagram pada perancangan aplikasi salon baik berbasis web dan juga offline. Untuk implementasi dan penggunakan aplikasi ini dapat digunakan secara langsung baik memakai internet maupun tanpa jaringan internet sekalipun.

Postingan berikutnya

  1. dfd salon rambut
  2. contoh dad tentang salon
  3. contoh Diagram Konteks dari sistem informasi perusahaan
  4. DAD sistem informasi Salon
  5. dfd reservasi salon