DFD Sistem Informasi Tugas Akhir

  • Posted on: November 7, 2017
  • By:

Sistem informasi tugas akhir merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengelola tugas akhir atau skripsi pada sebuah perguruan tinggi atau universitas. Untuk pengelolaan tugas akhir ini misalnya, pengajuan judul, pengajuan seminar proposal, seminar hasil, dan juga sidang akhir.

Selain diatas, pengelolaan lainya yang dapat membantu baik dosen maupun mahasiswa adalah penjadwalan dari masing-masing proses diatas. Karena penjadwalan merupakan aspek yang sangat penting dalam penyelesaian tugas akhir. Untuk penjadwalan itu sendiri biasanya banyak terkait dengan beberapa hal, misalnya waktu luang dosen pembimbing, dosen penguji, serta lokal atau ruangan yang tersedia yang dapat digunakan untuk melakukan seminar.

Nah untuk itu sebelum merancang aplikasi, kita akan bahas mengenai Data Flow diagram untuk aplikasi tugas akhir ini.

DFD level 0 (konteks diagram) sistem informasi tugas akhir

DFD level 0 Konteks diagram sistem informasi tugas akhir

DFD level 0 Konteks diagram sistem informasi tugas akhir

Pada konteks diagram diatas, user yang terkait dengan sistem ada 3, yaitu:

  1. Admin, merupakan user pengelola keseluruhan proses yang ada pada aplikasi sistem informasi tugas akhir. Admin ini juga memantau jika terjadi kesalahan yang biasanya terkait dengan error manusia atau human error. Atau dengan membantu beberapa user lain jika mengalami kesulitan dalam hal teknis melakukan proses yang ada pada sistem.
  2. Dosen, merupakan stakeholder user kedua yang berperan dalam penerimaan judul, pengajuan seminar dan juga pemberian nilai tugas akhir untuk mahasiswa.
  3. Mahasiswa, merupakan stakeholder user ketiga yang berperan dalam hal pengajuan judul tugas akhir atau skripsi.

Selanjutnya, yang terkait dengan konteks diagram adalah aliran data yang masuk dan di berikan dari ke sistem. Berikut penjelasan aliran data yang ada pada sistem ini:

Aliran data masuk:

  1. Admin, memasukkan data tugas akhir jika dimungkinkan
  2. Dosen, memasukkan data nilai, data jadwal dan juga data judul yang sudah di setujui. Untuk jadwal nantinya terkait dengan ruangan. Namun pada konteks ini, penjadwalan di masukkan ke sebuah eksternal proses
  3. Mahsiswa, memasukkan data judul dan juga perlengkapan mengenai judul yang diajukan. Perlengkapan tersebut misalnya proposal dan persayaratan lainya

Aliran data keluar:

  1. Admin, menerima data dosen, data mahasiswa, data nilai serta data judul, data inilah yang berguna nantinya sebagai laporan yang di keluarkan oleh aplikasi atau sistem
  2. Dosen, menerima data judul yang diajukan oleh mahasiswa. Untuk sebagian kampus atau universitas kadang judul perlu di rapatkan atau di review oleh dosen-dosenya. Namun ada juga yang mahasiswa melakukan bimbingan terlebih dahulu kemudian judul langsung di terima dan di ajukan. Selain data judul yang diterima dosen juga menerima data mahasiswa
  3. Mahasiswa menerima data nilai, data dosen serta data jadwal untuk melakukan seminar

DFD level 1 sistem informasi tugas akhir

DFD level 1 sistem informasi tugas akhir

DFD level 1 sistem informasi tugas akhir

Untuk masuk kedalam aplikasi, kurang lebih struktur pada DFD level 1 seperti diatas, DFD diatas mengacup ada konteks diagram yang sebelumnya sudah dibuat. Untuk proses inti atau induk terdapat pada no 3. Pada nomor tersebut akan kita ketahui judul. yang masuk, judul yang di terima, persyaratanya serta info lainya terkait tugas akhir yang diajukan.

Untuk penembangan lebih lanjut, akan di buat lagi proses inti kedua yang akan menjadi no 4 yaitu penjadwalan tugas akhir. Demikian semoga bermanfaat. Untuk file visio diatas silahkan berikan komentar.

Hubungi Whatsapp