DFD Sistem Pembayaran SPP

By , November 10, 2020,

Halo teman-teman semua kali ini kita akan membahasa mengenai contoh dfd sistem pembayaran SPP. Ini adalah sistem informasi yang ada disekolah yang khusus mengelola pembayaran uang sekolah atau pembayaran bulanan sekolah (SPP).

Sistem informasi pembayaran SPP sebuah aplikasi yang tidak begitu kompleks. Untuk user level yang ada pada sistem ini hanya admin saja.

Dalam dunia pendidikan, khususnya sekolah masih banyak sekali pekerjaan yang dilakukan dengan cara konvensional atau manual. Salah satunya adalah pembayaran SPP yang masih menggunakan buku untuk mencatat data pembayaran SPP siswa ataupun hanya menggunakan pengelolaan pada excel. SPP merupakan singkatan dari Sumbangan Pembinaan Pendidikan, yaitu dana yang disumbangkan untuk berlangsungnya kegiatan pendidikan di suatu instansi  atau sekolah(Wikipedia, 2015).

Pembayaran SPP yang masih dilakukan dengan cara konvensional memiliki kekurangan pada pengelolaan data dan hilangnya data. Di suatu sekolah, pembayaran SPP masih umumnya dilakukan dengan cara konvensinal, seperti keterangan yang diberikan oleh beberapa staff pengajar yang ada disekolah dan salah satu guru Tata Usaha bagian keuangan. Menurutnya, terdapat beberapa masalah  jika mengelola pembayaran SPP secara manual seperti proses pencarian data yang akan memakan banyak waktu dan tenaga apabila data yang ada sudah cukup banyak.

Masalah yang lainya adalah Data yang jumlahnya banyak akan terus bertumpuk yang mengakibatkan cukup sulit untuk menyimpannya. Ketika di dalam penyimpanan pun rawan terjadi kerusakan dan kehilangan data. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu pengalihan dan perubahan porses pengelolaan data pembayaran SPP yang dilakukan secara manual menjadi pengelolaan data berbasis komputer. (untuk jasa pembuatan aplikasi bisa menghubungi kami).

Baiklah kali ini kita akan membasa bagaimana merancang dan menganalisis dfd pada aplikasi ini.

 

DFD Sistem Pembayaran SPP

Untuk data flow diagram sistem hanya terpecah menjadi 2 bagian yaitu konteks diagram atau dfd level 0 dan dfd level 1 dari hasil pemecahanny.

1.Konteks Diagram (DFD level 0)

Konteks diagram sistem informasi spp

Konteks diagram sistem informasi spp

Melihat gambar diatas, stakeholder dfd yang terkait dengan sistem adalah hanyalah Admin. Alasannya yaitu user level yang terdapat pada sistem yang akan di bangun adalah hanyalah admin sebagai pengelola aplikasi pembayaran sekolah.

Sebagaian teman-teman mungkin banyak yang belum mengetahui bagaimana cara memahami atau penjelasan cara membaca dfd.

Caranya adalah Kamu hanya perhatikan adalah:

  1. Lingkaran adalah gambaran sistem informasi pembayaran spp
  2. Kotak persegi panjang adalah entitas atau stakeholder yang menjadi user sistem
  3. Selanjutnya panah masuk, adalah data yang di berikan oleh entitas atau user kedalam sistem yang akan di olah
  4. Panah ke arah entitas merupakan data yang diberikan atau yang menjadi informasi yang diterima oleh user

2.Dfd level 1

Dfd level 1 sistem informasi spp

Dfd level 1 sistem informasi spp

Dari gambar diatas merupakan pemecahan dari proses konteks diagram, Dengan penambahan beberapa lingkaran proses, yaitu data master pembayaran dan laporan.

Data master merupakan data utama yang bersifat terkait dengan proses utama, yaitu pembayaran. Sedangkan proses laporan merupakan hasil akhir dari proses pengelolaan data pembayaran.

 

Demikian Dfd pembayaran spp untuk sekolah. Jika Teman-teman membutuhkan yang versi full baik file vsd atau microsoft visio mulai dari dfd, erd, flowchart dan juga aplikasinya kami menjual file secara lengkap ini. Dengan harapan, dengan harapan menggunakan file secara lengkap baik analisis dan juga langsung contoh aplikasinya, teman-teman semua bisa langsung bisa memahami dengan mudah, bagaimana analisis sistem serta implementasinya kedalam sebuah aplikasi. Oh ia, untuk aplikasi yang Saya kembangkan yaitu berbasis web php.

Download DFD

Postingan berikutnya

  1. sistem informasi pembayaran spp dfd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *