Cara Simpel Menjumlahkan Kolom Matrik di PHP

By , May 20, 2018,
Cara Simpel Menjumlahkan Kolom Matrik di PHP

Cara Simpel Menjumlahkan Kolom Matrik di PHP

Beberapa waktu lalu saya mengerjakan sebuah projek penelitian skripsi. Pada projek tersebut saya mengolah data kedalam sebuah matrik yang terbentuk dengan php. Pada prosesnya saya membutuhkan data yang di jumlahkan dari kolom matrik tersebut.

Sebelum ke pembahasan utamanya matrik adalah sebuah rangkaian data yang terdiri dari baris dan kolom. Baris adalah susunan sell seperti halnya yang terdapat pada microsoft excel. Sedangkan kolom adalah bagian yang membujur atau yang terusun dari atas kebawah.

Untuk melihat matriknya sepeti yang sudah saya gambarkan diatas, dengan asumsinya kita akan menghitung pada kolom pertama seperti yang sudah diberi tanda merah diatas. Matrik diatas terbuat dari susuan array dengan konsep dua dimensi atau multidimensional array. Dan jika array tersebut di cetak akan tercetak struktur sebagai berikut:

Array (

[0] => Array ( [0] => 1 [1] => 2 [2] => 3 )

[1] => Array ( [0] => 1 [1] => 1 [2] => 1 )

)

Dengan gambaran cetak array seperti di atas, berarti kita akan menjumlahkan array dengan key yang sama, misalkan saja array dengan key 0 dan 0, berarti key array tersebut berposisi pada 1 kolom.

Langkah-langkahnya yaitu jika kita memahami bahwa matrik diatas adalah tersusun dengan konsep array, maka kita membacanya atau menjumlahkannya juga dengan array lagi. Sebelum lanjut ke penjelasan berikutnya kamu juga harus paham, jika melihat susunan cetak array diatas, maka matriks tersebut dapat ita pahami sebagai matrik 2×3 atau dalam artianya 2 baris dengan 3 kolom.

Cara simpel dan lengkapnya:

1.Membuat matriks awal

 

for($i=1;$i<3;$i++){

for($j=1;$j<4;$j++){

$nilai[$i][$j]=$j;

}

}

Matrik diatas akan menghasilkan keluaran atau gambaran yaitu:

123

123

Asumsinya matrik yang kita bangun adalah seperti script diatas, jadi contoh nilainya di ambil dari nilai perulangannya saja, Jika apda matrik gambar diatas, menggunakan data yang di ambil dari data pada tabel database mysql.

Nah untuk melakukan penjumlahan kolom matriknya caranya cukup mudah dan simpel gunakan saja fungsi berikut ini:

for($i=1;$i<3;$i++){

for($j=1;$j<4;$j++){

$jmlKolom=array_column($sell, $j);

echo $jmlKolom;

}

}

Maka akan menghasilkan keluaran

246

Demikian tutorial simepl ini semoga bermanfaat dan dapat membantu, jika ada yang ingin ditanyakan mengenai pembuatan matrik menggunakan php ini dapat langsung berkomentar di artikel ini.

Postingan berikutnya

  1. Cara menjumlah matriks di php