Metode AHP dalam GIS ?

Sebuah konsep baru penggabungan antara sistem pendukung keputusan (SPK) dengan aplikasi sistem informasi geografis akan menghasilkan aplikasi yang menarik untuk di teliti dan di kembangkan.

Sebuah pertanyaan muncul, apakah mungkin metode AHP di masukkan kedalam aplikasi GIS yang notabene kedua konsep ini sedikit berbeda. Menurut saya sih kemungkinang bisa.

AHP berkonsep SPK dan GIS berkonsep sistem informasi, Mungkin ulasan beberapa judul ini bisa kita masukkan kedalam pengkombinasia kedua konsep ini supaya dapat di teliti menjadi judul skripsi atau tesis.

AHP

AHP sebuah metode yang penyelesaian kasusnya menggunakan kriteria. Kriteria ini berfungsi sebagai variabel penentu penilaian.

GIS

Sistem informasi berbasis viaual dengan menggunakan input dan output yang di visualisasikan kedalam aplikasi pemetaaan.

Aplikasi-aplikasi dengan konsep AHP GIS

  1. Aplikasi penentuan lokasi strategi pemasaran
  2. Aplikasi penentuan prioritas pembangunan pelayanan publik
  3. Aplikasi pengambilan keputusan pengelolaan tata ruang terbaik
  4. Aplikasi penentuan pengembangan usaha
  5. Aplikasi strategi perencanaan penanggunalangan rawan bencana

untuk aplikasi-aplikasi diatas seperti nya menarik untuk di teliti dan di kembangkan. Untuk basis aplikasi yang bisa di buat dengan konsep GIS dan AHP ini yaitu pemrograman berbasis web. Dengan pemrograman berbasis web, maka keduanya dapat dengan mudah di gabungkan dan di integrasikan menjadi satu kesatuan aplikasi yang mempunyai nilai guna berdasarkan kasus yang di ambil dan di analisis.

Demikian sharing singkat mengenai pertanyaan apakah bisa ahp dan gis di gabungkan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>