Metode AHP Dalam Pengambilan Keputusan

Pengambilan Keputusan

Pengambilan keputusan merupakan suatu tindakan yang dihasilkan dari suatu proses yang berawal dari pemilihan beberapa alternatif yang ada menjadi satu pilihan. Untuk pilihan alternatif bisa lebih dari satu atau beberapa pilihan alternatif yang disediakan.

Sedangkan pengambilan keputusan menurut ismaan dalam blognya (ismaan.wordpress.com),  pengambilan keputusan  adalah suatu cara yang digunakan untuk memberikan suatu pendapat yang dapat menyelesaikan suatu masalah dengan cara / teknik tertentu agar dapat lebih diterima oleh semua pihak.

Menurut George R.Terry dan Brinckloe disebutkan dasar-dasar pendekatan dari pengambilan keputusan yang dapat digunakan yaitu :

1.Intuisi
Pengambilan keputusan yang didasarkan atas intuisi atau perasaan memiliki sifat subjektif sehingga mudah terkena pengaruh. Pengambilan keputusan berdasarkan intuisi ini mengandung beberapa keuntungan dan kelemahan.

2.Pengalaman
Pengambilan keputusan berdasarkan pengalaman memiliki manfaat bagi pengetahuan praktis, karena pengalaman seseorang dapat memperkirakan keadaan sesuatu, dapat diperhitungkan untung ruginya terhadap keputusan yang akan dihasilkan. Orang yang memiliki banyak pengalaman tentu akan lebih matang dalam membuat keputusan akan tetapi, peristiwa yang lampau tidak sama dengan peristiwa yang terjadi kini.

3.Fakta
Pengambilan keputusan berdasarkan fakta dapat memberikan keputusan yang sehat, solid dan baik. Dengan fakta, maka tingkat kepercayaan terhadap pengambilan keputusan dapat lebih tinggi, sehingga orang dapat menerima keputusan-keputusan yang dibuat itu dengan rela dan lapang dada.

4.Wewenang
Pengambilan keputusan berdasarkan wewenang biasanya dilakukan oleh pimpinan terhadap bawahannya atau orang yang lebih tinggi kedudukannya kepada orang yang lebih rendah kedudukannya. Pengambilan keputusan berdasarkan wewenang ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

5.Logika atau Rasional
Pengambilan keputusan yang berdasarkan logika ialah suatu studi yang rasional terhadap semuan unsur pada setiap sisi dalam proses pengambilan keputusan. Pada pengambilan keputusan yang berdasarkan rasional, keputusan yang dihasilkan bersifat objektif, logis, lebih transparan, konsisten untuk memaksimumkan hasil atau nilai dalam batas kendala tertentu, sehingga dapat dikatakan mendekati kebenaran atau sesuai dengan apa yang diinginkan.

Metode AHP

Metode AHP merupakan metode berhirarki atau struktur bertingkat dalam menentukan keputusan menggunakan kriteria dan juga alternatif keputusan dalam menentukan goal akhir sebuah satu keputusan atau saran keputusan.

Proses AHP didasarkan dengan kriteria penilaian terhadap keputusan  dari alternatif. Dengan demikian  pengaruh dari sebuah keputusan itu didasarkan dan di pengarui oleh sebuah nilai dari masing-masing kriteria.

Untuk data yang dibutuhkan dalam metode ahp ini:

  1. Kriteria
  2. alternatif
  3. Nilai kriteria dan nilai alternatif

AHP dalam pengambilan keputusan

  1. Dalam proses pengambilan keputusan menggunakan metode langkah alurnya seperti ini:
  2. Mengumpulkan data kriteria
  3. Mengumpulkan data alternatif
  4. Menilai kriteria dan alternatif, data dapat di ambil dari wawancara atau menyebar kuesioner tentang kasus yang sedang di teliti
  5. Menghitung AHP
  6. Menghasilkan sebuah keputusan

Jika menghubungkan dengan konsep pengambilan keputusan pada definisi diatas maka pengambilan keputusan tidak objektif karena menggunakan penilaian bersifat subjektifitas. Berbeda dengan menggunakan AHP. Penilaian lebih terukur dan terdapat variabel penentunya sehingga nilai menjadi lebih objektif dan dan menjadi nilai kuantitatif selain kualitatif.

Jurnal penting terkait AHP sebagai pembantu keputusan

  1. http://www.dinus.ac.id/wbsc/assets/dokumen/majalah/METODE_ANALYTIC_HIERARCHI_PROCESS_DALAM_PENENTUAN_KEPUTUSAN_PEMILIHAN_TIPE_RUMAH_(STUDI_KASUS_DI_PERUMAHAN_BUKIT_PERMATA_PURI_SEMARANG).pdf
  2. http://eprints.dinus.ac.id/13495/1/jurnal_14156.pdf
  3. http://stta.ac.id/data_lp3m/Anton.pdf
  4. http://repository.petra.ac.id/15168/1/Perancangan_Sistem_Pengambilan_Keputusan_dalam_Penentuan.pdf
  5. http://repo.pens.ac.id/1238/1/paper_PA.pdf
  6. http://eprints.dinus.ac.id/15009/1/jurnal_14850.pdf
  7. http://eprints.dinus.ac.id/13089/1/jurnal_13476.pdf
  8. http://eprints.dinus.ac.id/13492/1/jurnal_14152.pdf
  9. http://eprints.dinus.ac.id/13503/1/jurnal_14170.pdf
  10. http://tpl308.weblog.esaunggul.ac.id/wp-content/uploads/sites/826/2015/02/Teknik-Evaluasi-Perencanaan-Pertemuan-12.pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>