Aplikasi Prediksi Covid19 Metode Backpropagation

By , December 8, 2020,
Beranda Aplikasi Prediksi Covid19 Metode Backpropagation

Beranda Aplikasi Prediksi Covid19 Metode Backpropagation

Dimasa pandemi virus corona ini penting sekali tetap menjaga imunitas tubuh. Salah satunya adalah dengan terus menjaga kesehatan dan menerapkan hidup sehat. Hal-hal tersebut di antaranya memakai masker, mencuci tangan dan tetap menjaga jarak interaksi.

Yang tidak kalah penting adalah tetap berolahraga meskipun hanya olahraga ringan saja seperti misalnya jalan pagi, senam ringat dan banyak gerakan hal lainya.

Dan bagi yang sudah terinfeksi virus tetap harus semangat dan bahagia karena ini adalah kunci utama imunitas tetap baik.

Virus ini sudah menjadi pandemi, beberapa bulan lamanya. Sejak sharing postingan ini di publish, sudah kurang lebih hampir 1 tahun atau lebih kurang 9 bulan pandemi ini berlangsung. Di bidang kesehatan peneliti terus mencari dan meniliti antivirus dan obat yang ampuh untuk menyembuhkan penyakit ini, termasuk pembuatan vaksin virus corona.

Di bidang teknologi pun tidak kalah ketinggalan, banyak terobosan-terobosan yang di kembangkan untuk membantu dunia kesehatan dalam mencari solusi penangannya.

Banyak sekali dampak dari infeksi virus ini salahsatunya bidang ekonomi, bisnis, kesehatan, sosialnya dan banyak hal lainya.

Covid-19 atau kita kenal dengan penyakit Korona adalah sebuah penyakit yang dapat menular melalui sistem pernapasan atau perantara udara. Penyakit ini diketahui diduga berasal dan barawal dari salah satu kota di China. Setelah penyakit ini pertama kali muncul, penyakit ini telah menginfeksi sekitar kurang lebih 1.400 orang di Kota Wuhan, China. Penyakit ini pun dapat memberikan gejala yang beragam kepada seseorang yang terjangkit atau terinfeksi.  Namun, sayangnya seorang petugas medis dan dokter belum dan tidak bisa setiap saat dalam menangani seseorang dalam memprediksi dini gejala penyakit ini

Nah untuk itu di bidang akademik sendiri penliti juga terus meneliti meneliti dengan berinovasi, Salah satu latar belakang masalahanya adalah beberapa hal yang telah di uraikan di atas.

Data aplikasi prediksi covid

Data yang di gunakan pada aplikasi ini adalah data pasien yang telah terinfeksi virus corona yang di olah menggunakan perhitungan metode backpropagation. Dari hal perhitungan selain keputusan akan di hasilkan perhitungan kuantitatif dan di visualkan menggunakan grafik agar mudah di mengerti

Variabel atau indikator yang digunakan untuk memprediksi infeksi covid 19 ini yaitu:

  1. Demam
  2. Flu
  3. Batuk
  4. Sakit Tenggorokan
  5. Sakit Jantung
  6. Hipertensi
  7. Diabetes
  8. Liver
  9. Ginjal
  10. Paru
  11. Immunodefisiensi
  12. Syaraf
  13. Lupus
  14. Kanker
  15. Dan Riwayat Perjalanan

Dari beberapa indikator atau gejala di atas dalam sisi teknis perhitungan dengan metode di bagi menjadi 2 bagian yaitu no 1-5 merupakan gejala langsung penderita. Dan sisanya adalah gejala efek serangan dari virus ini.

Aplikasi prediksi virus corona

Dari analisis pengembangan aplikasi, user level atau stakeholder aplikasi ini terdapat 2 level yaitu admin dan user publik.

#Tampilan Publik

1. Skrining

Skrining Aplikasi Prediksi Covid19 Metode Backpropagation

Skrining Aplikasi Prediksi Covid19 Metode Backpropagation

Merupakan tampilan publik yang ingin melakukan konsultasi virus corona. Disini Pengunjung harus mengisi data diri dan diberikan pertanya sesuai dengan gejala yang ada. Data ini akan di simpan dan menjadi data pembelajaran metode backpropagation.

2.Histori

Histori Aplikasi Prediksi Covid19 Metode Backpropagation

Histori Aplikasi Prediksi Covid19 Metode Backpropagation

 

Hasil Prediksi Aplikasi Prediksi Covid19 Metode Backpropagation

Hasil Prediksi Aplikasi Prediksi Covid19 Metode Backpropagation

Menu ini merupakan menu yang dapat digunakan untuk melihat histori konsultasi pengunjung yang melakukan konsultsi melalui aplikasi.

#Tampilan Admin

1.User

User Aplikasi Prediksi Covid19 Metode Backpropagation

User Aplikasi Prediksi Covid19 Metode Backpropagation

Merupakan menu yang berada dalam kelompok menu data master. User merupakan menu yang berguna untuk melakukan pengelolaan admin aplikasi.

2.Indikator

Indikator Aplikasi Prediksi Covid19 Metode Backpropagation

Indikator Aplikasi Prediksi Covid19 Metode Backpropagation

Menu indikator juga masuk kedalam data master yang mana menu ini berguna untuk mengelola gejala atau variabel indikator perhitungan predisi covid19.

3.Pengaturan

Pengaturan Aplikasi Prediksi Covid19 Metode Backpropagation

Pengaturan Aplikasi Prediksi Covid19 Metode Backpropagation

Menu pengaturan merupakan menu yang berguna untuk mengatur tingkat error dan perulangan perhitungan metode

4.Skrining

Skrining admin Aplikasi Prediksi Covid19 Metode Backpropagation

Skrining admin Aplikasi Prediksi Covid19 Metode Backpropagation

Merupakan menu yang digunakan untuk berkonsultasi oleh admin.

 

Bagi yang membutuhkan jasa pembuatan aplikasi dengan metode sejenis atau dengan studi kasus yang berbeda dapat menghubungi kami.

 

Referensi:

  1. Mochammad Bagus Priyantono, Adam Achmad Rachmawan, Lalu Agung Purnama Budi, #Kartika Candra Kirana. Sistem Prediksi Gejala Virus Korona dengan Metode Forward Chaining. JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa), Vol. 5, No. 1, Juni 2020, Hal. 111-118. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang
  2. Abduh Sayid Albana, Sulaiman Azhari. Prediksi Penyebaran COVID-19 Kota Surabaya dengan Simulasi Monte Carlo. Journal of Advances in Information and Industrial Technology (JAIIT), Vol. 2, No. 1. Program Studi Teknik Industri, Institut Teknologi Telkom Surabaya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *